Mengapa Akhirnya Memilih MT-09?

capek belajar, kita ngeblog sebentar ya

Ada sekitar 5 kawan yang bertanya. Kenapa MT-09 mas?

Oke ceritanya agak panjang, bisa siapkan kacang utk baca.

Saat tahu sudah pasti berangkat tahun lalu, saya dan Regis sudah mulai melihat-lihat sebenarnya naik apa enaknya nanti di Australia.

Salah satu kriteria adalah: “motor yang saya belum pernah kendarai”, jadi semua motor yg pernah saya kendarai/review dicoret.

Kriteria Kedua: “Motornya tidak jamak ada di Indonesia”. Engga lucu dong, bisa beli motor yang ga ada di Indo, tapi belinya kok yg sudah ada.

Kriteria Ketiga: “Praktis utk penggunaan harian”, karena akan dipakai utk sekolah (ayah dan anaknya). Jadi Goldwing jelas ga dihitung.

Nah http://www.bikesales.com.au/ adalah salah satu website yang cukup komplit dan dipercaya. Disini motor baru, motor demo dan motor second banyak dijual. Dijamin bisa berjam-jam berfantasi di depan komputer.

Pilihan pertama saat itu Aprilia Dorsoduro 1200 (harga 2nd 102 juta rupiah, km 1000an)

Ini dia penantang hypermotard di tanah eropa. Di Australia penggunanya cukup banyak. Kenapa supermoto mas? karena saya merasa ini cocok dengan medan Australia yang tidak selalu on the road. Dan ada faktor keracunan setelah riding supermoto MV Agusta Rivale-nya Pape selama hampir 3 minggu.

2011-aprilia-dorsoduro-1200

Pilihan kedua adalah Kawasaki KX450. (harga 2nd kondisi bagus antara 50-60 juta rupiah). Torsinya gaharr. Di Indonesia yang ada hanyalah adiknya KX250F. Itupun kondisi off-the-road sehingga pemiliknya tergolong dikit. Hanya saja nilai minusnya, kalau buat riding jauh dikit kurang cocok utk karakter mesin dan ergonomi.

2014-Kawasaki-KX450F5

Pilihan ketiga adalah Honda VFR800X – Crossrunner. Ini motor yg sgt European tour tapi kerenn dan masih enak sepertinya utk harian. Konfigurasi V-four nya VFR800 yang legendaris jadi jaminan torsi yang lebih nampol ketimbang inline-four.

crossrunner-1

Sampai kemudian bulan Oktober lalu saya berkesempatan nonton MotoGP ke Motegi (setelah memenangkan kontes foto Yamaha R25 oleh Detik dan Yamaha) dan bertemu langsung dengan MT-09 di jalan dan di sirkuit.

2014-yamaha-mt-09-3_1600x0w (1)

Iniiiii dia..

  • Dengan berat basah hanya 188kg atau 16 kg lebih berat dari Bianka (Ninja 250 FI), MT-09 memiliki torsi dan daya kuda 4 kali lipatnya. Jungkir balik wis. Lebih ringan 1 kg, namun torsinya 20Nm lebih besar (seukuran satu R25) dibandingkan Yamaha R6. Sudah biasa dimanjakan dengan torsinya Verde (Er6n) saya memang jadi lebih berorientasi kepada torsi ketimbang HP. Apalagi MT-09 terpaut 41 kg lebih ringan dibanding rival terdekaynya Z800, mestinya nampol banget dahh…
  • MT-09 ini bermesin 3 silinder. Saya butuh refreshing dari 2 silinder, tapi 4 silinder sudah terlalu mainstream. Masih terasa sensasi menggetarkan tiap kali riding 3 silinder. Jadi ingat Rivale, ditambah lagi dua hari menjelang berangkat saya bawaannya Triumph Speed Triple 1050cc milik PT Triumph Indonesia, tambah sakau 3 silinder.
  • Naked, cenderung ke supermoto style

Setelah tiba di Australia malamnya langsung iseng2 search kondisi market. Saya pun datangi dealer terdekat Joe’s Motorcycle di Canberra. Wah ternyata MT-09 mesti nunggu lama krn MY (model year) 2014 habis, dan MY 2015 belum masuk. Harganya pun naik ke 12.800 AUD utk yg ABS (off the road), oalahh..

Saya malah ditawari FZ8N full modif KM 2000an seharga 85 jt (kalau dirupiahkan), sudah termasuk knalpot Yoshimura (asli tentunya) dan aksesoris lain termasuk pemanas handle tangan (berguna kalau winter) dan side bag. Ediannn. Sempet goyang juga karena menarik banget. Jago banget lagi Joe ngerayunya,

20150110_130135

Tapi FZ8 ini meniru model FZ1 yang sudah 10 tahun terakhir ga ada perkembangan. Drpd beli yang lebih murah tapi tetap kepikiran MT-09, kan mending ikhtiar dulu cari, ya ngga..

Kalau sebelumnya searching hanya di teritori ibukota Canberra (ACT), wilayah search kemudian saya perluas ke NSW (New South Wales). Dann ternyata masih ada nih sahiji MY 2014.

Saya kontak dealernya Bowral Motorcycle dan ngobrol dengan pemiliknya Sam. Yang ada warnanya Matt Grey. Saya sampaikan saya coba cari dulu yg orange. Sam, si pemilik kontan bilang sudah sulit, tapi kalau saya mau ambil yg terakhir ini, bakal didiscount + diuruskan temporary permit nya. Lumayan lebih murah 1700 AUD.

Setelah saya check tokonya via Google Street View, ohh ada beneran dan check ke policy web site, saya pun langsung DP.

Sam hanya minta data identitas dan alamat yg saya kirim via email. Karena ini negeri orang yang belum tau gimana-gimana, motor saya beli dg full asuransi dari Yamaha Insurance. Full replacement selama 3 thn.

Lho om, itu kan kita WNI, apa boleh beli motor di Aus?

Boleh saja, selama punya passport dan visa yang jelas.

Jadi begitu bro dan sis ceritanya mengapa akhirnya bersama MT-09. Balik belajar lagii ahh…

Iklan

99 thoughts on “Mengapa Akhirnya Memilih MT-09?

  1. satu pertanyaan penting ini om??? Om leo kmaren nonton federer main nggak? atau tadi pagi saat Djokovic menang?? gimana tuh suasananya kalau nonton langsung disana??? secara sy kita hanya nonton ditipi aja

  2. rekomendasi aja om leo, coba cek RidingWithTom sama AdjrianNickelodeon di youtube, dua motovlogger terkenal dari melbourne sama sydney. mungkin bisa jadi temen baru, kalau misalnya om leo ngetes MT-09nya ke dua kota itu.

  3. Salut sama Om Leo yang bersedia nulis pengalaman ber-motor ria sampai ngurus surat2nya di Aussie.
    Jadi tambah ilmu plus bikin ngiler biker-biker di Indonesia kayak kita hehe..
    Tadinya sudah pesimis Om Leo mau nulis lagi karena keterbatasan waktu dan akses disana.

    Tolong diteruskan ya Om jangan putus !! 🙂

  4. Bingung sama pilihan om leo yg kedua KX450, special engine om?? Masa mau di pake buat harian jg?? Saya pikir ini buat motor khususny om leo klo mau lumpur2an aj.. hehe

  5. Wah, saya yang penasaran sama KXnya Pak Leo. Tapi itu bukannya nggak street legal ya Pak? Biasanya kalo sudah KX, mesinnya juga yg high maintenance krn diperuntukkan untuk MX.
    Atau jangan2 di sana KX bisa untuk pemakaian jalanan biasa?

    Pengen sekali naik yg beginian, beratnya ringan, torsinya ampun ampun

  6. FZ8 N 85 jutaan full acc km 2ribuan., wuihhhh…murah bangeetttt ya motor2 di AUDS, jadi ngilerrr…aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, klo di Indo jangan harap 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s