Menimang-nimang ECU Racing R25 di Gelaran YARC 2014

 

Penasaran dengan informasi via WA dari mas Abidin General Manager Motorsport Yamaha Indonesia tentang “Racing Kit Market”, saya bersama Regis dan Alberto, temen YROI Tangerang memutuskan untuk menilik isi market tersebut.

Alberto, yang berdarah Spanyol ini, pergi dengan misi khusus memboyong pulang ECU racing, sedangkan saya cukup dapat brosur dan informasinya hehe.

Kenapa sih obsessive sekali dengan ECU mas?

Karena menurut saya ECU atau piggyback adalah kunci untuk membuka janji potensi tenaga R25. Sudah tau dong kenapa dan mengapanya.

Begitu tiba di lokasi, welehh memang gelaran akbar ini luar biasa….

“IMOS” khusus Yamaha dan segala perniknya tapi gratis..elok tenan.

Sempat memutari sekali area tapi kok ga ketemu? Ohh ternyata standnya Daytona dan BRT ada di saf kedua, nyempil.. Menurut mas Abidin ada kesalahan lay-out memang, tapi bakal segera dibereskan.

Stand pertama: DAYTONA

IMG_8645

Terakhir nongkrong di stand Daytona sebenarnya sudah dua bulan lalu. Artikelnya ada disini.

Ada progres apa nih.Β  Kali ini ECU performance Daytona sudah lebih siap tapi belum masuk ke produksi karena masih menunggu hasil final test di YARC. Sejauh ini dari terpasang 20 ECU hanya ada 1 yang mengalami error. Dan ini sedang dipelajari sebelum masuk ke production.

wpid-img_20141004_092845.jpg

Kapan release ke market? target menjadi Desember akhir. Saat pameran ada sih barang 6 unit, tapi karena saat qualifying ada sedikit trouble dengan 1 unit, akhirnya tidak jadi dijual saat YARC kemarin.

Klaim menaikkan hingga 2 DK. Harga di kisaran 4 juta rupiah.

 

Stand kedua yang mengusung ECU racing untuk R25 adalah: BRT

logo-brt2

Siapa yang tidak kenal BRT? pergi sana! hehehe

BRT sedang mengembangkan ECU khusus untuk R25 namun diperkirakan akhir Maret baru ready utk pre-production. Sabarr..

Yang menarik adalah harga yang dipatok hanya di kisaran 1 juta rupiah (di luar panel) whatt?!?! saya sampai tanya 3 kali dengan kalimat yang berbeda untuk memastikan.

IMG_8661 IMG_8662

Kok bisa? bagaimana dengan kualitas dan daya tahan? Dijamin!

Belum ada contoh barang, tapi dari tampilan fisik akan berdasarkan ECU ini. BRT sendiri memisahkan genre ECU di meja desain dan produksinya berdasarkan dua kelompok. Matic dan Sport. Berhubung R25 ini motor baru dan dua silinder, BRT secara hati-hati mengembangkan konsep ECUnya. Akhir maret 2015? ah engga lama.

IMG_8658

ini contoh ECU. panel I-Max harganya 500 rb.

 

Selain 2 konsep/prototype ECU diatas, Dynojet sebenarnya juga sudah mengembangkan Piggyback Power Commander V untuk R25. Hasil pengetesan jalan raya, sentul dan dyno test menunjukkan performa yang konsisten. PCV sendiri siap dipasarkan minggu kedua Desember. Harga? masih belum published.

wpid-20140920_114713.jpg

 

Iklan

23 thoughts on “Menimang-nimang ECU Racing R25 di Gelaran YARC 2014

  1. Hmm pengguna R25 benar-benar dimanjakan dengan bertebarannya berbagai aksesoris. Mulai dari yang sekedar mempercantik penampilan sampai menambahkan performa.
    Padahal belum ada 1 tahun R25 mengaspal di Indonesia. Menurut Om Leo kenapa ini bisa terjadi dengan R25 & tidak pada Ninja 250Fi ? Apa karena memang support habis-habisan dari Yamaha ?

    • Ninja 250 FI bukan produksi lokal. KMI tidak leluasa memilki inisiatif utk membangun kerjasama dengan vendor2 lokal.
      kedua, Yamaha Indonesia memang memiliki obsesi, program dan anggaran khusus utk balap, Karenanya ada General Manager khusus yang menangani Motorsport. Dan untuk menghidupkan balap dibutuhkan market racing kit yang meriah.

    • Berarti kalau kawasaki masih ingin bertahan seharusnya juga mengambil langkah serupa ya,om ? Soalnya sejauh ini saya belum liat langkah yang benar-benar memberikan pengaruh besar.

    • Iya om Leo, bagaimana dengan keamanan R25 di parkiran? Mungkin bisa ditulis satu artikel tersendiri mengenai ini, kayaknya menarik.

  2. BRT bisa jadi solusi yang mantap, asalkan :

    – memprogramnya menggunakan software / laptop.. plis jangan remote deh
    – trouble sering reset sendiri, atau mati kalau coil tdk standar sudah teratasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s