Yamaha Indonesia Mempersiapkan Road Map Balap tahun 2015 Untuk YZF-R25

Dari namanya sudah jelas, R25 dilahirkan di dalam klan balap Yamaha.

Dalam aktifitas di komunitas rider R25 (YROI – Yamaha R25 Owners Indonesia) pun saya  melihat sekali bagaimana keterlibatan member yang luar biasa pada hampir setiap aktifitas balap privateer di sirkuit, baik di Sentul maupun di daerah-daerah.

Pertanyaannya apa strategi Yamaha untuk sungguh-sungguh membesarkan dan mempersiapkan R25 sebagai penguasa balapan kelas 250 cc di tanah air?

Terjun full di IRS 2015 mas? Tidak.

Lho lalu apa?

Beberapa hari lalu saya menerima WA dari mas Abidin General Manager Service & Motorsport Yamaha Indonesia. Beliau menyampaikan beberapa hal:

Abidin

abidin 2

Roadmap Balap R25 untuk tahun 2015 (di luar gelaran Yamaha Asean Cup Race Desember ini di Sentul ya) yang disiapkan YIMM adalah sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan Yamaha R Cup series sejumlah 5 kali di tahun 2015

Akan ada tiga kelas cc utama: R15, R25 dan R6. Pembagian kelas ini mengikuti klasifikasi pada saat Yamaha R Track Day October lalu. Harapannya, dari persaingan ketat 5 serie ini akan muncul bibit-bibit pembalap sekaligus menggairahkan tim-tim balap R25 untuk mendevelop lebih jauh motornya masing-masing. YIMM sedang menjajaki lokasi-lokasi yang memadai untuk digelarnya serie ini di daerah.

2. Mengadakan OMR Yamaha R Series sebagai bagian dari gelaran IRS 2015

Yamaha merasa masih perlu untuk membuat OMR tersendiri bagi R25.

Kenapa ga terjun sekalian di kelas 250cc IRS mas? Yang ini bukan jawaban dari mas Abidin, namun sumber lain di Yamaha. “KIta berharap regulasi IRS untuk kelas 250cc bisa mengikuti regulasi yang disiapkan ARRC. Sehingga penjenjangannya pun jelas. Barulah saat itu kita akan terjun di IRS.” Hmm argumentasi yang masuk di akal. Tanpa harus frontal politicking atau conflict mengenai regulasi. Om Dyan Dilato pun sudah menyampaikan “Kita berharap regulasi ARRC di kelas 250cc ini akan menjadi cermin/tumpuan bagi balap nasional kelas 250cc.”

3. Menurunkan 2 tim balap (5 pembalap) R25 dan R3 di ajang ARRC 2015

ARRC (Asia Road Racing Championship – ajang balap yang diakui FIM) 2015 untuk kelas 250cc rencananya akan diikuti oleh 16 pembalap dari 8 negara. Regulasi akan dibuat akomodatif bukan hanya mengikuti lobby satu atau dua pabrikan Jepang saja namun juga mempertimbangkan pabrikan lain di Asia seperti India dan China. Sangat tepat apabila Yamaha Indonesia memutuskan untuk menerjunkan tim balap R25 di ajang ini. Selain membiasakan pengembangan motor balap mengikuti regulasi Asia, juga menyiapkan penjenjangan lebih lanjut.

Woh kok ada R3nya mas? di ARRC pada kelas Superstock CBR300R sudah duluan hadir. Bakal luar biasa nih.

Apabila road map ini berjalan lancar, maka R25 bisa menunjukkan superioritas yang merupakan janji kelahirannya.

Iklan

15 thoughts on “Yamaha Indonesia Mempersiapkan Road Map Balap tahun 2015 Untuk YZF-R25

  1. Btw, om leo aksesnya langsung ke pentolan balap YIMM yah, mantepp…. om, tgl 29 ini mau deklarasi YROI chapter Kaltim, katanya sih om murray bakal hadir, mana tau om leo bisa hadir juga di balikpapan, pengen ngobrol foto2 n sharing dengan senior nih, hihi… 😀

  2. Jozzzzz pak leo

    Artikel bermutu sekalian buat edukasi

    Kalo blogger eceke ternakan honhon pasti bakalan bilang “r25 takut lawan n250n cbr ϑ¡ IRS”

    IRS gk level buat r25…ARRC dong

    Ngoahahahahaha

  3. “Kita berharap regulasi ARRC di kelas 250cc ini akan menjadi cermin/tumpuan bagi balap nasional kelas 250cc.”

    secara g langsung berarti IRS 250 berat ke pabrikan sebelah makanya ninin g berkutik
    ckckckck

    smart choice lebih ke ARRC dari pada IRS yang regulasi nya “kurang” adil
    harusnya ninfi 250 ke ARRC juga aja biar di IRS ceboker sendiri ato vs nin mono (KTM kalo bneran ikut + bore up ke 250cc)

  4. Ninfi r25 ikut ARRC seru nih, cbr biar bikin kompetisi sendiri lawan blade ato vario pke knalpot racing kan sama tuh suaranya wkwk kecuali kalo yg v twin udh brojol boleh lah diadu sma twin lainnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s