First Hands-on Impression Yamaha MT-07 at Motegi Japan

 

Masih first impression Leopold Motoblog atas motor-motor andalan yang dipertunjukkan kepada public saat pertarungan MotoGP di Circuit Twin Ring Motegi. Sebelumnya terima kasih untuk Yamaha Indonesia dan DetikOto yang telah mensponsori trip ke Motegi circuit ini. Perjalanan yang luar biasa.

Sebagai rider Er6n saya selalu memperhatikan kehadiran dan informasi mengenai motor-motor sekelas termasuk Yamaha MT-07. Beberapa review yang dilakukan di Eropa selalu saya baca dan santap habis.

Bisa dibayangkan kegairahan besar saat melihat dua unit MT-07 berdiri gagah di stand Yamaha.

IMG_20141012_123843

Seperti saat melihat MT-09, MT-07 ini terkesan ringkas, padat dan sporty. Tidak seperti rival sekelas lainnya seperti Er6n atau Suzuki Gladius.

kawasaki-er-6n-e-suzuki-gladius-650-1395333659972_956x500

Orang awam mungkin tidak akan menyangka bahwa di balik sosok yang slim ini tersimpan potensi tenaga yang luar biasa.

IMG_20141012_123859 Mesin berkapasitas 689cc ini (40 cc lebih besar dari Verde) mampu meledakkan tenaga sebesar 73.7 HP pada RPM medium di 9,000 RPM.

IMG_20141012_123850

Ahh kok engga gede-gede banget mas. Er6n saja bisa 71HP.

Ehh entar dulu. Liat dong besar torsinya, kan namanya MT (Master Torque). MT-07 memiliki kekuatan puntir pada as yang lebih besar ketimbang Er6n. 68 Nm pada 6.500 RPM. Selisih 4Nm cukup besar.

IMG_20141012_123917

Dan perlu diingat kesemuanya itu dikeluarkan oleh motor yang hanya berbobot basah (wet weight atau curb weight) 179 kg. Sekedar catatan R25 166kg dan Ninja250Fi 172 kg.

Jadi power to weight rationya jauh ya.

MT-07 73.7HP/68Nm sedangkan R25 27HP/19Nm. Tiga kali lipat torsi dengan bobot yang hanya 13 kg lebih berat.

Jika dibandingkan dengan Er6n yang memiliki cc lebih kecil berat MT-07 sendiri jauh lebih ringan. Er6n memiliki berat basah sejumlah 204 kg (CMIIW). Artinya Er6n lebih berat 25 kg ketimbang MT-07. Berat segitu lumayan pengaruh ke handling ya.

 

Kenapa bisa lebih ringan mas?

Yamaha hanya menjelaskan MT-07 menggunakan komponen lebih sedikit dan lebih ringan ketimbang motor sekelas lainnya. Hmmm tapi lebih kuat ga pa? mestinya paling engga sama ya.

IMG_20141012_123854

Dan benar saja, kalau MT-07 kelihatan ringkas dan kecil. Itu karena memang MT-07 ringkas dan kecil.

Coba perhatikan bagaimana bapak-bapak botak ini menaiki dan membuat MT-07 keliatan kecil. Jadi keliatan lagi naik motor 250cc ga sih.

IMG_20141012_124004

Saya jadi mikir jangan-jangan MT-25 keliatan lebih kecil lagi. Tapi ingat ini juga karena ukuran si Bapak tidak umum dan mencerminkan ukuran tubuh manusia Indonesia normal pada umumnya ya hehehe.

Faktor selain “compact” dan “sporty” adalah “simplicity and practicality”. Ini disebutkan beberapa kali di web site resmi Yamaha luar negeri. Nampak jelas Yamaha menargetkan para biker pemula yang baru menyelesaikan SIM Learner mereka dan naik ke cc yang lebih besar. Pasar yang maju menggeliat di luar negeri seperti juga di dalam negeri.

Silahkan diamati bro dan Sis, gimana?

APAKAH MT-07 INI AKAN MENJADI ER6n KILLER mas?

hmm keduanya berbagi kue di pasar 650-700cc yang berisi para mantan biker 250 cc yang ingin naik kelas tapi belum ke kelas sport 600cc atau 800cc. Meskipun begitu sub-segment yang ditargetkan nampaknya bisa berbeda. Disini faktor pricing (lokasi produksi, struktur biaya) dan desain bisa mendikte pasar. Apabila Yamaha membuat pricingnya cukup dekat dengan Er6n, di rentang 100-120 juta, wah bakal berdarah-darah pasar Er6n. Tapi kalau Kawasaki bisa datang dengan 2016 new ER6n dengan handling yang lebih ramah dan desain yang tetap seperti monster tapi lebih moden (maaf terutama tankinya yang bikin agak ill-feel) persaingan pasar bakal in par.

IMG_20141012_123911

di Jepang, yang GDP penduduknya tinggi sekali, hanya dijual sekitar 80 juta rupiah. Di Indonesia? cape deh.

Sekedar catatan kita bicara pasar yang dari segi volume tidak besar disini (500 sampai 1000 unit setahun sak Indonesia saja sudah luar biasa) tapi dari segi image brand sangat strategis.

 

Fullscreen capture 10162014 62032 AM

lampu depannya perlu diganti nih.. cari yang seperti CB1000

IMG_20141012_123905

Ramping, tanki kondom

 

Iklan

59 thoughts on “First Hands-on Impression Yamaha MT-07 at Motegi Japan

  1. waduh plat no pol bakalan di jidat tuh ??
    ….
    om masa di email tulisan baru ny hampir semua muncul..bisa bisa orang g mampir ke blog tp malah baca aja di email..

  2. Makin keren aza ne update om leo…rencana mo minang salah satunya…msi galau sama er6 + MT-7 ato dari honda naked series…kpan ya yamaha n honda nya hadir di Indonesia…yg mn ni menurut om leo lbh pntes di pinang…?

  3. Tergantung strategi pricing-nya nanti, asal jgn bobot motor lbh ringan tp bobot hrg lbh berat, wkwkwkwk… Sedangkan soal disain mah itu tergantung selera masing2, relatif lah… Tp menurut saya sih bisa jadi ER6n killer sih, krn konsumen udah pasti rada bosan ama ER6n, seperti kasus R25 vs Ninja 250 aja.

    • Gak bakalan jd ER6n killer. Dr foto sj sdh keliatan kyk naik Vixion nggak kyk naik moge. Pasti overprice jg. Sama kyk kasus R25 yg nggak banget. R25 sj jg gak bakalan jd Ninja Killer walaupun 2 bulan ini penjualannya sanggup sedikit melampaui Ninja. Itu cuma euforia sesaat 1-3 bln setelah sadar akan kualitas semua akan kembali ke Ninja & hal inipun sdh diperkirakan sm Kawasaki. Tmn gw yg bosnya dealer Kwski aja bilang kalo stlh R25 muncul inden Ninja 250nya semakin menumpuk tp dia gak sanggup menuhin krn gak bs terus-terusan lancar dpt alokasi brg. Blm lg nama besar Ninja yg bajingan banget.

  4. MT-07 73.7HP/68Nm sedangkan R25 27HP/19Nm. Tiga kali lipat torsi dengan bobot yang hanya 13 kg lebih berat.
    ======================================================
    Maaf nih kan itu Power and Torsi MT berdasarkan speck brosur alias masih on crank sedang membandingkan R25 nya kok speck yang sudah on wheel on Dyno 27HP. karena setiap Dyno juga bisa beda2.. Kenapa ngak bandingkan R25 on crank di brosur 36PS atau setara 35.5 HP..Adil kan

    Takutnya membuat misleading pembaca, kalau saya salah koreksi

    • biasanya spec di brosur itu on crank om. cmiiw

      LEOPOLD: engga ada mas aturan begitu. Apalagi utk motor ber-cc besar biasanya data yang dicantumkan adalah on wheel test pabrik.

    • biasanya..
      nilai daya&torsi itu merupakan variable performa dari engine. dan biasanya battery limit dr engine adl roda gila yg konek dgn crank.
      cmiiw

  5. Kalau disuruh pilih saat ini Saya pilih MT07, motor nakedbike yang kita nikmati adalah sensasi torsinya di youtube saya lihat gigi 1-2-3 MT07 masih bisa langsung wheelie, kalau urusan top speed urusan motor Sport Berfairing.

    Mantaplah ini motor dengan torsi yang besar dan motor yang ringan riding akan sangat nikmati dan tidak cepat lelah sambil menyelusuri jalan2 dari Sabang sampe Maraukee..

    • Mulai kurang puas gara2 gak dpt apa-apa dr Kwski pdhl dulunya udah promosiin Verde hbs2an. Kalo yg skrg beli Sabina aja udh dpt nonton Moto GP Motegi dr Yamaha he he he.Itulah hebatnya Ninja yg gak perlu iklan TV hbs2an tp nyatanya R25 mengecewakan banget. Bnyk yg pengin jual lg kok yg udah dpt R25. Kyk naik motor cungkring. Cocok buat alay yg doyan ketipu kecepatan di speedonya.

      LEOPOLD:
      Jadi menurut pemahaman bro, saya menulis review (atau istilahnya bro promosiin) motor karena ingin “dapat apa2” dari Kawasaki.
      Kedua krn beli R25 bisa nonton MotoGP Motegi?
      Ketiga skrg byk yg ingin jual lagi R25?

      Utk yg pertama dan kedua, saya cuma bisa prihatin dg cara deduksi dan mengambil kesimpulan bro. Dalam kehidupan sehari-hari hidup cara berpikir begitu pasti bikin susah empunya.
      utk yang ketiga boleh dapat informasi angkanya bro?

  6. salah satu biang kerok er6 bobotnya berat = knalpot orinya. Asli dah itu berat bener. Berasa banget kalau diangkat.
    Curb Weight er6 204 kg udah bener kok mas hehehe…

    • Bisa jadi sih hehehe.
      Tapi er6 knalpot ori vs knalpot racing jauh amat ya kerasa perbedaannya.
      Pake knalpot racing berasa jauh lebih uenteng bobotnya. Dirasa saat berhenti berasa. Dirasa pada saat macet berasa. Dirasa pada saat cornering apa lagi. Apa sugesti ya?.

      LEOPOLD:
      Saya ini pas kebetulan sedang copat copot knalpot akra dan ori. Akra lebih ringan tapi tidak lebih dari 2 kg.

  7. lampu depannya sudah bagus kecil begitu kalo dibikin besar malah gak cocok dengan body, mungkin warnanya saja yg harus dibenahi warna plastik hitamnya dibikin krom atau sesuai warna body pasti lebih bagus

    semua klan MT Yamaha lampu depan dan spedometer dibikin kecil sepertinya supaya aura supermoto dan enduronya lebih terasa, pandangan kearah jalan lebih jelas

  8. keren..

    tapi sayang, seperti komentator2 sebelumnya, kurang ngemoge euy. tapi sangar sih. berapa ya harganya kalo masuk indo, biasanya dikaliin 3 kalo mobil, motor gimana ya. 80 x 3 = 240, weleh2.

  9. Mas Leo….apa kabarnya, kangen nih pengen diajak touring lagi….
    Mas kalau ditawarin test ride kawasaki vulcan s cruiser ajak2 ya, pengen beralih aliran cruiser nih….

    • Hahaha……bukan menghilang Mas tapi karena pencarian periuk nasi yang gak mungkin ditinggalkan jadi seolah olah tenggelam dari dunia touring…
      Kalau ada acara lagi nanti saya gabung deh…..

  10. Salam kenal om leo saya senang sekali membaca tulisan2 om tentang ulasan motor coz saya jg pencinta moge tp belom kesampaian punya nih, br punya motor kelas 150cc.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s