Mengapa Harga R3 dan Ninja 300 di US Lebih Murah/Beti Dibandingkan Harga di Negeri Pembuatnya (Indonesia/Thailand)

Membaca beberapa posting di grup facebook yg menyatakan bahwa harga Yamaha R25 di Indonesia sangat overpriced. Dan jadinya bakar-bakaran.

Dasarnya adalah dengan membandingkan harga R3 ABS di US yang hanya USD 4999 atau 60 juta rupiah  jika dikurskan.

Fullscreen capture 10182014 123956 AM

Saya hanya nyengir2 kuda baca postingan seperti itu.

Tahukah anda kalau struktur harga disetiap negara itu sangat tergantung kebijakan pajak, pricing strategy, kompetisi pasar domestik dll.

Dan itu kondisi yang dihadapi tidak hanya oleh satu pabrikan. Semuanya.

Contohnya Ninja 300 produksi Thailand dibanderol 68 juta rupiah di Thailand. Padahal Ninja 300, yang jelas-jelas lebih superior hanya dilepas 64 juta rupiah di US.

Fullscreen capture 10182014 123240 AM

Faktor terbesar menurut saya adalah pricing strategy dr line up motor yang ada plus kompetisi pasar.

Sekarang kalau harga MT-07 atau Er6 hanya dibanderol 80an juta di US, lah mau dijual berapa itu R3 atau Ninja 300? 70 juta? Yo rompal kabeh pemasarannya.

Tapi perlu diingat. Matic seperti Honda Spacy yang kurang besar kue penjualannya harganya hampir 28 juta di US dan Eropa. Sementara disini harganya hanya 12an juta sebagai produk yang kompetitif di pasar.

Jadi kita perlu memperhatikan faktor2, struktur pajak, line up pricing dan kompetisi market juga.

Sumber:

http://www.kawasaki.co.th/th/motorcycle_17_ninja300abs.asp

http://www.kawasaki.com/products/2015-ninja-300-abs

http://www.yamahamotorsports.com/sport/products/modelhome/718/0/home.aspx

Iklan

23 thoughts on “Mengapa Harga R3 dan Ninja 300 di US Lebih Murah/Beti Dibandingkan Harga di Negeri Pembuatnya (Indonesia/Thailand)

    • semoga di era pemerintahan baru BBM + parkir + pajak naik bisa membuat harga kendaraan turun ye 😉

    • hihihi…., iya murah harganya. tp mau dipakai kemana ???
      Bensin mahal, Pajak tahunannya mahal juga. Mau parkir mahal…, sembarangan bisa dikandangain tu kendaraan, nebusnya mahal juga ….

      Gimana kl dibalik …., Kendaraannya Mahal. tp apa-apa murah.
      toh bisa dicicil kl kendaraan mahal …., hehehe

  1. Jangan lupa politik dumping yang dianut prinsipal Jepang, dan liat juga di Amrik pasar motor kompetisinya kuat dan motor bukan kendaraan utama penduduknya….

  2. koq jadi ke strategi perusahaan?kan yg diliat dari kacamata konsumen. kalau memang patokannya harga ER6, berarti memang sanggup2x aja kan dibandrol kompetitif?dan harga spacy segitu bisa jadi karena banyak faktor juga. mungkin faktor harga kompetitor juga yang masih memungkinkan?atau faktor target penjualan yg memang kecil?bisa jadi miatic 110 cc komuter pasarnya yg justru segmented disana.

    kalau diaplikasikan di indonesia yah bisa juga. karena faktor kompetitor di range harga segitu, ya ngikut juga. toh drpd jualan banyak (sebanyak2xnya jualan tetap aja segmentnya terbatas di indonesia) tapi margin kecil. yg disorot kan rasanya margin yang diambil produsen.

    CMIIW sih..cuma orang awam aja. suka beli ga suka pilih yg lain aja 😛

    • Emang perusahaan ga mikirin ROI gitu? 😆

      Jangan lupa itu R25 ada biaya RnD yang jelas gede dan ga bisa dialokasi ke biaya variabel per unit. Tapi secara manajemen biaya tersebut dialokasi ke ke harga jual. Justru yang hebat itu Ninja, investasi awal RnD.nya yang tahun 90an itu udah balik dr kapan2, tp harganya masih wawwwwww :mrgreen:

  3. memangnya produk dlm negeri yg di eksport gk kena pajak ya om?
    memangnya sebesar itu kah pajak roda dua dibawah 250cc di Indonesia yang sampai-sampai setara dengan produk 300cc buatan sini juga plus ABS plus biaya shipping plus untung yang dibagi-bagi plus pajak masuk negara orang?
    apa barang yg masuk ke USA bebas pajak?
    apa barang yang dikirim ke USA bebas bea transport?

    kalaupun pricing strategi, itu adalah bagian dari strategi mengeruk keuntungan yang diperhalus bahasanya dengan kata lain harga jual R25 di indonesia itu memang benar2 overprice!!!

    atau mau bilang R3 itu sudah diberlakukan downgrade material sana sini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s