Tenaga Yamaha R25 Mendekati 32 HP On Wheel Dengan Tiga Modul PnP ini

 

Mas kok nulis tentang R25 melulu sih? ga netral nih..

hehe sudah ada 2 pembaca blog yang menulis begitu. Waduh gimana ya, saya kan sedang mengeksplor motor saya sendiri. Apalagi minat dan komunitas R25 ini sedang berkembang. Saya berharap tulisan-tulisan saya menambah informasi dan referensi tentang produk global yang lahir di Indonesia ini.

Kembali ke laptop.

Melanjutkan artikel tentang aplikasi PC5 by Dynojet khusus untuk R25 sebelumnya. Kali ini saya mencoba melihat bagaimana kalau tiga modul PnP ini digabungkan. Apa dampaknya bagi performa R25.

Apa saja mas 3 modul itu?

1. Knalpot Prospeed Black Carbon R25

2. Filter udara Ferrox for R25

3. Power Commander 5 (PC5) Dynojet

Di dapur Sportisi Motorsport ketiga modul itu diuji diatas Dynojet test untuk mendapatkan hasil yang terukur dan tertulis.

20140920_124408-001

Supaya terlihat peningkatannya, hasil test motor standard tgl 19 Juli dijadikan baseline.

Dan inilah hasilnya.

R25Sabina

Fullscreen capture 9212014 124833 PM

Dengan pemasangan knalpot Prospeed Black Carbon dan Filter Ferrox tenaga dan torsi melejit diatas performa standard. HP naik dari 27.63 menjadi 29.92 dan torsi membaik semenjak putaran bawah dengan top torque adalah 19.03 Nm.

Dilanjutkan dengan pemasangan dan tune up PC5 performa meloncat lebih jauh lagi. HP meningkat menuju 31.55 HP dengan max torque sebesar 19.54 Nm. Mantap sekali….

Knalpot Prospeed yang sekarang digunakan lebih pada daily use (enak ditelinga dan bentuk) dan torsi bawah, kenaikan tenaganya pun hanya sekitar 1.3 DK. Saya menduga apabila menggunakan knalpot yang memang didesain utk racing (yang suaranya ampun-ampunan) seperti Sakura, AR-1 dan GBR Bandung maka tenaga bisa tembus ke 32 gede HP.

Ingat lho ini belum main cam, atau porting/polish dan lain sebagainya.

Hanya dengan mengganti knalpot (15 menit), ganti filter (5 menit) dan memasang PC5 (25 menit, kalau motornya masih standard, belum termasuk tuning).

Mas Bram juga mengatakan setelah melihat jerohan R25, daya tahan komponen masih sangat memungkinkan penggalian tenaga lebih jauh.

A bigger beast is waiting for you underneath…

Iklan

68 thoughts on “Tenaga Yamaha R25 Mendekati 32 HP On Wheel Dengan Tiga Modul PnP ini

    • Begh ngeri, pake part pnp aja udah selisih 3 hp doank on wheel sama on crank, kalo full kompetisi knalpotnya, koil racing, porting polish, ganti injektor, dll…bisa dapat berapa ya om? 😀

  1. Gak masalah kok kalo mas bro ngebahas R25 melulu. Kan ini blog sampeyan, yang dibahas juga motor sendiri yang dibeli pake uang sendiri, bukan titipan sponsor, dan komersialitas lainnya.
    Justru memudahkan kami yang masih belum bisa merasakan R25 sehingga mendapatkan gambaran yang detail.

  2. Lanjut om.. Ga masalah r25 mulu lagian motor sendiri blog sendiri dan yg utama isi nya info yg bermanfat bkn bc ato penggiringan opini

  3. Mas Leo mau nanya dunk…
    Bagaimana dengan performanya dites secara langsung? Maksudnya turun ke jalan gitu bro.
    Ane penasaran dengan putaran bawah hingga menengahnya karena setelah pakai 3 modul tersebut, terlihat jelas bahwa grafiknya ada di bawah dua grafik lainnya. Baru unggul di 11.000rpm yang artinya kemungkinan besar muntab tenaganya baru terjadi di putaran atas.

    Oh iya buat yang bilang Mas Leo bahas R25 mulu maka ada baiknya berpikir terlebih dahulu karena ini adalah “warung”nya Mas Leo sendiri. Motornya juga motor Mas Leo sendiri sehingga ya terserah dia mau bahas apa. Lagipula ini bukan media sehingga bisa lebih bebas bahasannya selama bahasannya itu tidak cenderung ke fitnah atau menyebarkan hal2 yang negatif.

    • kayanya ketuker ngeliatnya bro. grafiknya standar (merah terang) dengan grafik 3 modul (merah gelap). Grafik setelah 3 modul superior sekali diatas yang standard

    • wah iya ane salah liat
      setelah diteliti lagi pas titik pertemuan di 10000rpm itu ternyata memang bnr ane salah grafiknya

    • betul.. betul… jangan pernah bandingkan dua hasil dyno di tempat yang berbeda.. bahkan mesin yang sama pun harus selalu calibrate temp / humidity kalau berubah signifikan.. kadang beda operator juga beda hasil

  4. “Mas Bram juga mengatakan setelah melihat jerohan R25, daya tahan komponen (masih sangat) memungkinkan penggalian tenaga lebih jauh.”

    brarti emang yimm sengaja menyunat demi lbh awet lagi n tahan lama untuk daily use (standar)

    gile mau diobok” mpe brp HP om leo??

    kalo ninja om nyampe brp HP diobok”nya?

    makin binal haus sex liar mendesah dijalanan membuat mata sekitar ingin melihat lebih jelas lagi keseksian sabina n keganasan tenanganya diatas ranjang (jalan)

    lanjutkan om leo

    • pertimbangan kualitas BBM di tanah air yang memprihatikan bro. itu fakta.
      Kalau digeber sementara isinya premium eceran ya pasti jebol de.
      Ninja saya selesai di 29 kecil. dah cukup

  5. minta tolong di “gali”kan infonya om, ukuran small-end (pen piston) r25 berapa ya om?, sudah lama sya cari info kesana kemari belom dapet2 juga, cek ke dealer barangnya lom ada, soalnya mau ane coba pasang ke motor butut ane om, minta tolong ya om, thx sebelumnya

  6. mas update er6 yang mau sabang donk 😀

    penasaran masa cuman service aja gak ada persiapan lain, bekel, dana,dll ?

    😀 😀 😀

  7. um apa bedanya sama yang di keluarin yamaha (ECU daytona)?

    minat pasang nih
    ane mau pasang barang2 di bawah ini ke SAPU JAGAT (R25 ane)
    1. knalpot R9 austin 5jt
    2. Ferrox filter ??(700an ya?)
    3. ECU daytona (yamaha 2.5jt)

  8. wah ini baru dyno yg akurat om, 31, 55 hp, ini masih itungannya oprek ringan sekali om, cuman pke part racing yg cuman knalpot, power commander dn filter, belum klw full oprek (spec IRS) 45-50 HP bisalah, spec monster (+ turbo charger) 60-70 hp bisa lah om enteng :), klw dynojet usa lebhih bagusan klw yg lain agak hiperbola… kyak kemarin 36 hp on the wheel, padahal brosur aja on the crank 36 PS om 😀

  9. Tetap semangat berkarya pak. Jujur justru saya lebih betah nggelar tiker disini.
    Mencerahkan, mendebarkan (liputan test ride) dan mencerdaskan.
    Dibandingkan cuman melototin angka-angka plus teori-teori yang gak ada pembuktiannya sama sekali. Motor A diblablabla, akan bertambah tenaganya menjadi blablabla, dan dengan sedikit blablabla jadinya blablabla. Prakteknya nggak ada.
    Modifikasi itu nggak sekedar teori, tapi juga membutuhkan yang namanya kesabaran, pengorbanan, pembuktian, dana, waktu dan tenaga. Keep it up pak!!!

  10. waktu penggantiannya emang cuma sebentar om, tapi waktu pencarian uangnya yang lama. dalam artian, naik segitu sih gak whorted ya kalo kata saya. tiga modul itu harganya jangan jangan udah deket ke 10jeti. penasaran sih, kenapa ya R25 ini naik powernya dikit2? dibanding N250 yg ganti knalpot apapun biasanya bisa minimal 3hp.
    jadi inget, dibandung knalpot Abbys aplikasi di pulsar 180 std naik 3,5hp. harga knalpotnya 450rb doang..

  11. kalo mampir diwarung ini mah adeeemm banget..si om kek pa guru penyampaiannya santun tp mendalam jiwa kebapaannya ada..bukan copasan…artikelnya orsinil…mantaf om

    • bener bro.. bukan rewrite dr warung tetangga.. pa lg artikel ttg touring kayak baca cerpen ampe merasakan emosi ceritanya

  12. motoblast.org/2014/06/23/woww-honda-new-cbr250r-dual-keen-eyes-power-bisa-tembus-40-dk/comment-page-1/

    30 dk cuma ganti knalpot, fiter, sama ecu. Hehehehe. Mayan nempel tuh on wheel si r25

  13. Terima kasih buat om leo atas ulasan2nya mengenai R25, berkat ulasan yang akurat, sy bisa mendapatkan info yang cukup utk memutuskan memiliki R25 ketimbang ninja 250.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s