Yamaha YZF-R6 Minum Premium Eceran? Biasa Aja Ga Ada Masalah

 

Beredar di media sosial beberapa hari belakangan ini foto seorang rekan YRC (Yamaha Rev CBU) yang sedang mengisikan Premium Eceran ke motor R6nya.

Foto ini memicu berbagai komentar. Beberapa cukup berdasarkan informasi. Sebagian besar lain komentar yang out of context dan lebay hehe. Beberapa malahan dibuat dengan meme komik yang berlebihan.

 

Nah kebetulan seperti terlihat di foto, Sabina dan saya berada di tempat saat kejadian tersebut terjadi. Kelihatan kan buntut Sabina dengan tas Contin di foto di atas.

Jadi kronologi kejadiannya begini:

Rombongan berangkat pukul 09.30. Rider Yamaha berada pada posisi paling belakang.

Kali ini rute tidak melewati tengah kota dimana SPBU berada, namun melipir melewati tepi pantai. Kemungkinan tidak semua rider sempat mengisi full tank motornya sebelum rolling. Perlu bro tahu pada motor-motor sport high-end indikator bensin (fuel gauge) tidak ada. Hanya berupa lampu indikator berkedip pada saat bensin sudah masuk kondisi cadangan PLUS indikator jarak yang ditempuh dalam kondisi cadangan tersebut.

Kami berjalan kurang lebih 70-80 km, sekitar 5 km melewati pertigaan bandara pada jalur tengah Tanjung Pandan – Manggar, ketika rombongan berhenti.

Satu motor rekan YRC (ga perlu disebut namanya) sudah menunjukkan indikator fuel berkedip. Motor dengan kompresi rasio tertinggi di jajaran sport ini (13.1:1, sementara CBR 12.2 dan ZX6 12.8) sudah hampir menyerah.

Dalam kondisi touring sudah merupakan kebiasaan yang sangat lumrah untuk kemudian mengisi bensin premium yang tersedia kemudian ditambahkan octane booster yang kebetulan dibawa oleh member YRC yang lain.

Kalau dapat premium di pom bensin bagus, kalaupun tidak ya yang dijual eceran.

Apa itu baik om? jelas lebih baik ketimbang motor mogok dan didorong. Di tengah hutan gitu hallo?

Apa ga rusak mesinnya om? kalau tiap hari dan terus2an tentu akan berpengaruh buruk. Tapi ini kan sangat sementara dan sudah ditambah dengan octane booster.

Sangat disarankan untuk menguras tanki dan service tune-up selesai touring untuk menghindari efek jangka panjang.

Jadi ini hal yang wajar sekali dan tidak perlu dibuat heboh lengkap plus meme yang berlebihan hehe

 

Iklan

30 thoughts on “Yamaha YZF-R6 Minum Premium Eceran? Biasa Aja Ga Ada Masalah

  1. Om Leo, diulas donk R6 nya, saya penasaran speknya, udah pake toce exhaust tuh, suaranya pasti kayak helikopter, hehe… Apakah mesinnya juga udah kena sentuhan performa? 😀

  2. Yaa gitu deh kalo di bangka belitung selagi dikota dan siang hari mesti isi full. Pertamax cuma ada di ibukota kab ama kota doang dan ga semua spbu lg yg jual.. Jd kalo disana harap maklum bkn ga mau beli bensin non subsidi tp keadaan yg menyebabkan demikian

  3. hanya untuk darurat …!

    ntu baikknya yamaha bisa dikondisikan posisi darurat
    jupiter mx yg kompresi 10.7 tertinggi kelasnya selama ini juga aman2 aja buat minum di pedalaman indonesia….
    yamaha itu tahu apa yg dibutuhkan konsumen

  4. om leo, bagi tips dong agar plat no belakang tidak (terlalu) keliatan.
    sampe skrg saya blon nemu plat no r6 diatas dipasang sebelah mana..

  5. maklum lah om leo, yang ngeledek sampe bikin meme itu kan cuma pake bebek sama matic, kalo disuruh beli bensin RON 95 pasti panas dingin sampe kaku2 jadi yaaah begitu deh lebay… dimana2 yang namanya kepepet asal gak bikin repot yaudah sikaat :p

  6. KLX / D Tracker 150 juga ga ada (umumnya di motor trail lain juga ga ada deh).. Indikator kedipnya juga ga ada.. Jadi kalo mesin udah brebet (gejala habis bensin), cukup puter keran bensin cadangan. Jadi dengan sisa cadangan bensin yg ga sampai 1 liter itu dibuat cari pom bensin terdekat.. Haha.. 😀

  7. Kalau di mobil biasanya ada yang namanya Knocking Sensor Unit, mau diisi premium juga ga masalah… palingan power berkurang beberapa persen. Dulu saya pakai Civic SiR 3 tahun jarang isi pertamax, teman2 juga ada yang pakai Skyline GT (RB25DE), Prelude, FTO juga aman pakai premium.

    *btw saya tinggal di batam, makanya mobilnya serem2 :lol:, dan hampir di seluruh wilayah sumatera ga ada yang usil ngurusin orang isi premium ato pertamax.Kaga ada dimari ninja 250 isi pertamax, isinya premium antri bareng becak :mrgreen:

  8. Aku juga lihat waktu itu R6 brenti ngisi bensin botolan.., aku isi si Ninjo full tank dari Jakarta, trus isi lagi full tank sore hari di hari pertama. Kembali isi full tank lagi waktu di Belitung Timur sebelum balik ke barat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s