Belitong Tour with Yamaha Indonesia – Day One

 

It just gets bigger and better….

Pada helatan di tahun ke-3 ini Belitong Tour bertambah besar.

Jika di tahun sebelumnya hanya ada sekitar 60an motor (menurut panitia), kali ini tour sukses mendatangkan 144 motor + 32 media ke tanah belitong. 176 motor kangg… ediannn…

Big event, big organizing work.

Tentunya mulai dari saat persiapan dengan pemerintah daerah, sponsor, hotel, transportasi, logistic, dan ratusan printil-printil kecil lainnya.

Dan semua itu untuk media, konsumen dan komunitas. Salut Yamaha….

Baiklahh… ini catatan hari pertamanya

Hari Pertama dimulai pukul 03 pagi ketika saya bangun dan mandi. Loncat naik ke dalam taxi pukul 03.30. Pukul 04.15 sudah tiba dengan selamat di terminal 1C Bandara Soetta. Disitu sudah ramai berkumpul sekelompok penumpang dengan penampilan yang rada aneh di airport. Mengenakan riding pants, dan menenteng jacket plus helm.

20140828_144814

Bersama mas Lexy Leksono

Saya berkenalan dengan rekan-rekan R25 owners yang selama ini hanya berkomunikasi via online. Seru-seru juga orang-orangnya. Dan tentunya tidak lupa foto-foto dulu hehehe

Sedikit terlambat pesawat lepas meninggalkan tanah Jawa pada pukul 06.15. Saya isi dengan tidur thok… Semalem cuma dapat tidur 3 jam. Bangun2 pesawat sudah descending… dan touched down tanah Belitong.

Foto2 lagi hehehe….

 

20140829_072035

Om Tjokro, Steven (Layz), Bro Charlie (Bali), mas Tri (blogger/owner R25), bro Thomas, bro Hary, Bro Daniel (Bandung)

20140829_072304-001

Kitapun digiring untuk sarapan di dekat hotel. Menu: Nasi Bakar dengan ayam bakar plus tahu tempe. Lumayan utk ngisi sel tubuh dengan energi. Selesai makan tanpa sabar saya ajak teman-teman R25 owners untuk segera ke hotel dan ngecheck bagaimana kondisi kendaraan kita masing-masing. Sudah kangen bangett…

Kondisi secara umum baik-baik. Hanya R25 mas Triatmono dan bro Hary yang beset stickernya karena tergeser2 tali tie down. Wahhh…

20140829_082745

Jam 10.30 akhirnya kesekian banyak motor sudah bersiap dan kamipun jalan bergerak menuju tujuan pertama: Polres Belitung.

Disana kami disambut oleh Pak Wakapolres Belitung, dan Bu Kasatlantas yang sudah berusaha memastikan tour kali ini dapat terlaksana dengan baik. Setelah disambut dengan baik, kamipun dilepas untuk menuju titik pertama di Tanjung Tinggi.

20140829_095711

Disambut oleh Pak Wakapolres

20140829_095724-001

ga semua motor bisa kefoto

Ehh sikk baru mau nyemplak baru sadar… kocomotoku tibo. Wahh sunglasses saya yang polaroid jatuh..

Lapor dulu sama piket Samapta, semoga ada yang nemuin dan menyerahkan ke piket.

Begitu naik ke atas motor … Wuehh.. rombongan sudah ga jauh ga keliatan…jalan raya juga sudah ramai oleh masyarakat yang melintas… sabarr… kita urut satu-satu…

Fullscreen capture 8302014 54827 AM

 

Setelah 15 menit bertanya-tanya arah dan mengejar akhirnya ketemu juga buntut rombongan yakni mobil ambulan dan mobil storing.

Permisi nyalip satu-satu dari belakang untuk ngejar kelompok R25 owners.

Fullscreen capture 8302014 55055 AM

Jalan raya di Belitung memang mewahh..tanah idamannya para biker. Memanjakan naluri, menantang perhitungan berkendara kita. Menurut saya mungkin ada 4 alasan mengapa:

1. Variasi topografi

Mau kondisi jalan model seperti apa saja, ada disini. Mayoritas medium to high speed baik straight maupun cornering. Dipadu dengan tanjakan dan turunan panjang membuat sensasi berkendara memang luar biasa disini. Flying and diving… Saya hanya bisa mendapatkan kecepatan 164km/jam di hari pertama.

Fullscreen capture 8302014 55427 AM-001

2. Well-maintained

Kondisi jalan raya disini dijaga dengan sangat baik oleh pemerintah daerah. Engga nunggu sampai rusak, berlubang apalagi berkubang. Begitu ada permukaan yang terbuka, lalu ditandai dan tidak lama diperbaiki. Ini menyebabkan kita  menjadi sangat confident alias pede ketika merasa perlu menambah kecepatan

3. Sepi

Ini factor yang penting. Yo ngopo jalan bagus tapi macet sulit bergerak. Migrasi penduduk ke pulau Belitung relative cukup terkendali. Menyebabkan di banyak titik kita bisa mengeksplorasi tunggangan kita. 500 meter menjelang setiap desa yang akan kita lalui juga ada papan rambu peringatan. Bersiap mengurangi kecepatan.

4. Dukungan masyarakat

Bisa kita saksikan antusiasme masyarakat terhadap aktifitas tour seperti ini. Rasa ingin tahu, sikap positif muncul setiap kali kita ngobrol bersama mereka.

IMG_7973

Resiko touring dengan ratusan motor dengan high speed dan jalan yang tidak terlalu lebar seperti ini adalah kemungkinan crash. Ada 2 dua low side yang terjadi secara terpisah. Ada yang melibatkan CBR 600 dan satu lagi dengan Bro Vic akibat ada motor lain yang memotong line nya di tikungan. Semoga lekas baikan bro.

Fullscreen capture 8302014 61235 AM Fullscreen capture 8302014 61435 AM

 

Tidak jauh dari lokasi crash bro Vic, kamipun berhenti untuk makan siang di area konstruksi Belitung Highland Resort yang merupakan salah satu sponsor kegiatan ini. Sebuah konsep property dan wisata yang sangat menjanjikan. Kalau bro dan sis ada yang mau ambil/investasi silahkan, bakalan punya jatah 21 hari untuk menginap setiap tahun. Kan lumayan saya bisa numpang nginep kalau pas touring ke Belitong lagi hehe..

20140829_113253

 

Area sisi utara pulau Belitung ini memang luar biasa. Pantainya berair jernih dengan pasir putih, susunan karang dan batu yang membuat landmark pantai sulit tidak bisa ditemui di lokasi lain. Indah luar biasa.

IMG_7917

Salah satu lokasi yang menjadi favorit adalah Tanjung Tinggi, pantai bebatuan spot shooting Laskar Pelangi. Persoalan dengan lokasi wisata yang belum terjamah tangan-tangan modal nasional/luar negeri adalah tingkat kebersihan yang kurang. Namun ini tidak terjadi di Belitung. Meskipun wisatawan ramai berdatangan dan tidak ada petugas kebersihan berseragam berkeliaran namun suasana pantai tetap apik dan damai. Memberikan ketenangan dan kenyamanan saat berteduh di bawah pepohonan.

IMG_7888

 

Waktu berhenti. Pada birunya langit dan air yang mengayun di atas putihnya pasir dasar laut.

IMG_7929

Sementara di kejauhan, dalam ketenangan ombak di balik perlindungan bebatuan para nelayan sibuk membenahi jala dan peralatan selepas berlayar subuh tadi.

Hidup yang lebih tenang dan lebih berwarna ketimbang riuh gilanya Jakarta.

IMG_7915

 

Saya kembali ke Hotel, dengan kepala yang masih memikirkan indahnya pepantaian Belitung.

IMG_7950

Iklan

30 thoughts on “Belitong Tour with Yamaha Indonesia – Day One

  1. Moga bisa join lagi next touring.. Maaf jadi ngerepotin temen2 hehe… Top speed saya kemarin cuma 180kph… Crash malah pas saya mau agak ke belakang barisan…

    • Ga ngeri, om.. Jalanan straight dipimpin voorijder, jarak mencukupi.. Hehe, sayangnya kamera lagi abis batrenya.. Kalo ga salah hari pertama ada yang tembus 220kph, entah motornya apa yang pasti bukan R25.. Itu upgrade cuma knalpot R9 Austin titanium yang dipinjemin untuk test n review sama setting CO by team YIMM.. Kondisi masih nembak parah sih, blm optimum settingnya krna buru2… Sisanya upgrade safety aj: ban, selang rem.. Kosmetik deh decal Zerografix hehe…

  2. Hi there this is kinda of off topic but I was
    wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.
    I’m starting a blog soon but have no coding experience so
    I wanted to get advice from someone with experience.
    Any help would be enormously appreciated!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s