Disalip di jalan bukan berarti diremehkan dan ditantang kebut-kebutan

 

Sering juga saya baca di forum FB testimony dari member yang cerita bagaimana dia disalip dan ditantangin “duel” saat di jalan. Wong motornya udah keren dan dioprek kenceng je, kok diremehin, sikat aja.

Saya sebagai biker juga kadang merasa godaan untuk merasa diremehkan saat ada pengendara motor lain yang menyalip sambil lirik-lirik.

Pada banyak kasus, urusan salip menyalip ini berbuntut kebut-kebutan di jalan.

Yang disalip merasa ditantang, yang menyalip juga jadi ngebut beneran.

Tapi ya, apa mesti seperti itu.

Ada beberapa alasan satu kendaraan menyalip kendaraan yang lain:

1. Perbedaan riding pace atau tempo riding bawaan.

Saya kalau ngantor bawa Spacy atau Er6 atau R25 punya riding pace yang berbeda2. Tergantung di kecepatan berapa saya merasa nyaman dan aman. Nyaman artinya saya merasa torsi tenaga dan handling enak disitu. Aman artinya saya bisa deselerasi (mengerem) dengan baik pada kecepatan itu dan dalam kondisi jalan seperti yang dihadapi.

Nah pada saat di jalan raya, ribuan motor bergerak dengan kecepatan yang berbeda untuk jangka waktu yang lama. Jadi jangan merasa tersinggung kalau tiba-tiba disalip oleh kendaraan yang memang riding pacenya lebih cepat dari kita. Dia bukan niatnya nantangin tapi memang carrying speednya dari belakang kita lebih cepat.

Jangan panas, temukan riding pace bro dan sis sendiri.

2. Sedang ada keperluan/urgent

Saya pernah atau beberapa kali terpaksa harus ngebut karena ada kepentingan mendesak. Wis stress dikejar waktu. Setiap kali saya disalip oleh kendaraaan lain yang lebih cepat, yang saya bayangkan adalah “oh mas nya itu sedang ada  masalah yang urgent”. Bersimpati dan beri jalan. Bersyukur kita tidak sedang under pressure sehingga tidak harus ngebut dan meresikokan diri utk celaka.

3. Biker biang masalah

Ini ciri-cirinya riding pace ga stabil dan membahayakan orang lain.

Misalnya kita lihat dia di depan dengan kecepatan yang lebih lambat dari kita. Saat kita akan salip, tiba-tiba dia sadar dan menghalangi atau malah jadi ngebut. Ini biker-biker biang masalah. Dan ga perlu diladenin karena biker-biker begini volume otaknya sedikit.

Tetap tenang, jaga jarak dan maintain your own, comfortable riding pace.

Akhir-akhirnya kalau jarak agak jauh juga ketemu lagi kok. Karena dia bosen, kecapekan atau ndlosor di jalan akibat kecelakaan.

—-

 

Tapi mas, motor saya ini kenceng juga lebih lho. Lebih kenceng dari jenis motor dia yang belagu itu. Wah saya percaya. Tapi kalaupun anda jalan agak kenceng itu karena memang riding pace anda, tetap aman dan safety, dan bukan karena merasa ditantang oleh orang yang bermasalah.

 

Iklan

57 thoughts on “Disalip di jalan bukan berarti diremehkan dan ditantang kebut-kebutan

  1. biker no 1 : bikers berpengalaman (seperti om leo)

    biker no 2 : setiap bikers bisa begini sewaktu-waktu

    biker no 3 : cukup 1 kata, ALAY

    sekian dan terima saja.. :mrgreen:

    • kadang kalaw saya lihat, di jalan, definisi kata “alay” di jalan kadang jadi bias gan, dalam arti mereka yang termasuk defini kata alay bukan cuma anak2 usia nanggung aza (ABG) tapi kadang ada jua mas2 atau kadang bapak2 muda, …akhir~nya defini kata alay bukan hanya terbatas di umur aza, tapi lebih ke “kelakuan/attitude di jalan” …. ini menurut pengamatan saya loh yah .. he2 .. CMIIW

  2. Maaf om klo sy mlih biker yg “smart” bwt lwan salip2an .klo tipe alay n nekad mending ane cuekin om selain bhy bwt sy tp bwt orng lain jg.sy jd ingat dlu pas duel gtu om lama2 sy prhtikn gy ridingnya mulai nekad dsitu sy mulai mngalah mngurangi kcptn sblm jtuh korbn.dr kjauhan sy liat dy dlosor pas lmpu merah keknya rem dadakn ps lmpu mrh nyala utng bkn tbrakn cmn jtuh aj.maaf jgn dcontoh y agan2 .kbut2an merugikn klo djlnan umum

  3. Kalo saya sih biasanya rada ngebut kalo ada yg ngeselin, contohnya: motor di dpn jln kepelanan sedangkan kendaraan di blkg saya udah kesetanan klakson2in, dan yg bikin kesel sampe ke ubun2 itu adalah bila kita klasonin minta jln malah dicuekin atau malah makin dipelanin seakan2 itu jln milik mbah moyangnya, serta udah gak aneh ada yg malah sengaja nutupin jln. Ada lg yg nyalipnya/nyodoknya maksa banget pdhl kondisi hampir gak memungkinkan dan sama sekali kaga peduli kondisi kita yg penting dia mau lewat dan kita hrs minggir. Perlu kesabaran tingkat dewa utk jadi biker di Indonesia khususnya di Jakarta.

  4. pengalaman saya pas di banjar..saya pake ninja karbu.tapi tiba2 dari belakang ada rombongan tiger 5 motor.. pas d depan saya tu rombongan sambil noleh2 saya dan geber2 motor.. pas itu jalan sangat lurus .langsung saya betot gas n grombolan tiger kejar saya ..pas mulai masuk tikungan kecil saya rem n mundur ga mau ugal ugalan dan rombongan tiger dngan bangganya selap selip saya sambil ngacungin jari tengah..pas tikungan kdua tiba2 jegerr .pemotor yg ngacungin jari tengah k saya adu banteng ama kolbak.. al hasil saya ngeperr cz jaraknya ga sampe 100m meter dri saya..

  5. ngga pernah nemu saya, orang saya jalan lambat.. tapi kalo yang canggih banyak.. yg berkecepatan tinggi di selingi goyang zigzag diantara pengendara lain sambil mempertontonkan aksi ekstrim..

    • biasa~nya dia goyang senggol kiri kanan dengan cara meliuk2~an (ma’av) pantat~nya kaya goyang dangdut … & dalam seperkian detik Sukses menyalip 2-4 kendaraan yang buat saya ngga mungkin untuk di salip, terus menghilang di kejauhan … hebat memang (dalam fikiran saya) … sambil geleng2 kepala … harus~nya ikut kejuaran resmi aza tuh … he2

  6. Setuju banget nih om, intinya kedewasaan dan kematangan kita sebagai biker dalam menanggapi kalo disalip 🙂 izin share artikelnya oom 😀

  7. kalo saya biasanya pas mau nyalip motor-motor yang berpeluang “melawan” ya narik gasnya dibikin sopan, biar orangnya tidak merasa terintimidasi/diajak balapan, kalo ada alay ya mending ngalah aja 🙂

  8. memang macam macam perilaku biker di Indonesia, khususnya Jabodetabek

    Saya punya pengalaman no. 3 waktu balik dari Kediri ke Bekasi

    ya memang saya dengan bebek 110cc, riding gear kayak mau ke sirkuit + heavy load bawa oleh oleh :mrgreen: (tas, side bag + top box)

    Saya batasi kecepatan saya saat jalan kosong konstan 80-90 kpj, ternyata di jalur pantura, biker yang saya salip banyak yang ga terima (khususnya sports bike)

    yang awalnya riding dibawah kecepatan saya, tiba-tiba nggeber kencang salip saya

    lucunya setelah 15-30 menit biker itu menghilang di depan, dia pelan lagi, dan saya salip lagi dan si biker itu ‘panas’ lagi :mrgreen:

    kalo saya riding di jalan raya, fokus utama : scanning your road, buat beberapa kemungkinan yang terjadi bila ada obstacle di jalan (lubang, ada yang menyebrang, kendaraan lain, dll), lalu pilih kemungkinan yang paling aman 🙂
    ———————————
    Green Turbocharger 😀

    http://bladeus.wordpress.com/2014/08/21/watch-new-breed-of-turbo-on-youtube/

  9. Ping balik: Tabrakan keras motor-mobil, biker selamat karena ‘terbang’ |

  10. Masalahnya belakangan ini lebih banyak tipe 3

    Gue gak tau kenapa, mungkin mau membuktikan motor gue yang terbaik, bisa juga terpengaruh efek pamer di media sosial, motor bebek gue bisa ngimbangin motor cowok lho, :p

  11. Kira kira 8 thn lalu, saya tipe pengen tau batas kecepatan motor (usia 20thn). Pagi jam 5an, saya naik megapro saya dgn ngebut (100 km/jam), tiba2 dr blkg muncul scorpio awalnya biasa aja ehhh tiba2 tuh motor blayer blayer.

    Saya tanggapin acara kebut kebutan itu, sampai akan tiba ke tikungan saya pelankan motor (karena dah kalah juga).

    Cit cit brak, scorpio itu menabrak kakek tua penyebrang jalan. Saya turun membantu pengendara scorpio bangkit plus memberhetikan angkot u/ antar kakek tadi ke rs.

    Tiba di rs, saya diminta mencari anggota keluarga kakek tadi. Stlh mdpt alamat dan ketemu keluarga kakek, saya antar mereka ke rs. Ternyata kakek sudah meninggal dunia.

    Saya bayangkan klo tadi saya ngotot sayalah yg menabrak kakek tadi.

    Pengalaman tadi membuat saya jauh lbh sabar ketika berkendara. Wlpn skrg jg dah nyemplak ninja 250, sama sekali saya ga prnh berani ngebut. PP rumah kantor aja plg gigi 1 2 3.

  12. pernah ane pinjem ninja 250 temen ane, waktu di lmpu merah ketemu vixi di smping ane sambil blayer2, yaudah pas lampu ijo siikat.. dari awal sampe akhir tu vixi nggk bisa ngimbangi.. ninja 250 vs pigson.. ya dilibas abis2 an si pigson..
    tidak untuk ditiru yak..

  13. saya setuju riding pace….harusnya diimbangi dengan kesadaran space riding pace zonenya…left…middle or right…buat nentuin dimana riding pace anda sebenarnya

  14. Klo saya jalan ya enaknya cr nyaman aja mau disalip dibleyer2 urusanmu,terlalu banyak liat kecelakaan masih pengen main ama anak dirumah

  15. kadang ngeri sama biker tipe no 3 kl di Tangerang,kbnykn pake matic tp kuencengnya luar biasa…tau macet juga tetep maksa nyelip motong lajur sembarangan,giliran jalan udh lengang eh pelan2 sambil maenan hp!
    intinya pengalaman sama kematangan emosi sih yg menentukan,kl saya sih slow ajah.

  16. kalo ketemu pengendara poin nomer 3, ane lebih seneng ngebuntutin aja kalo enggak ngimbangin disebelahnya, gak mau nyalip pengendara sruntulan itu. lumayan, bikin panik itu alay. hihihihi

  17. tapi kalo cuma buat pelan2 ngapain permasalahkan turunnya tenaga r25 sampe 2dk? hahaha
    ampun om cuma bercanda.

    yah namanya jiwa muda sama sudah mapan dan berkeluarga pasti beda om rasa panasnya, pasti om pernah merasakan sendiri pas muda. apalagi pas naik pio sampe balapan sama kereta kan? 😀
    Kalo menurut sama kalo mau kenceng dan membandingkan performa motor ya ditempat yang sewajarnya di jalan luar kota, jalan2 ke gunung untuk cornering, sering2 disirkuit.

  18. Salah satu artikel yang akan “abadi sepanjang masa di jalan raya” masbro, … sejak membaca artikel ini, saya bersyukur se X .. telah membaca`nya. Pikiran & hati jadi lebih tenang ketika tiba2 di salip sama rider lain .. baik rider yang urutan 1,2,3 se x pun (kecuali kalaw cara riding dia sudah mulai merugikan kita yah …. ugal2-an sehingga nyerempet/ngagetin contoh~nya … =)

    Dalam posisi riding normal, ketika saya sedang jalan santay tiba2 di salip sama rider lain …. di dalam fikiran, oh, dia lagi buru2 kali ? atau oh mungkin riding space lebih cepat dari kita (saya pakai ninja RR, cuma bawa+nya slow relatif max 60 km’jam paling banter 80 km/jam lah … , sering jua di salip sama bebek/matic .. he..he2) …. Mungkin karena usia yang udah ngga muda, bawa~nya jadi lebih slow X yah, … walaupun sering ada goda’an untuk geber gas karena bawa’an motor yang cukup lumayan ber~power besar … tapi berulang X terlintas … “Kitalah yang harus~nya mengedalikan motor kita, Bukan malah sebalik+nya”.

    Seneng bangets sama kalimat Mas Leo yang ini ketika di salip sama rider lain … “Tetap tenang, jaga jarak dan maintain your own, comfortable riding pace”. Semoga lebih membikin saya jadi lebih tenang & santun di jalan. Salam brotherhood masbrow … =)

  19. Kalau udah tau motor gue lebih kenceng ngapain ngeladenin wkwkwk. Yang paling benci sama nomer 3. Rata rata rider tolol yang suka naik trotoar. The real arogan tuh

  20. Setuju om leopold,
    Semalem usai touring sekitar pukul 18.30 malem dan rekan rombongan ninja250 sudah berpisah utk pulang menuju rumah masing2, kebetulan waktu perjalanan pulang menuju rumah saya riding sendiri, sedangkan kondisi malam itu cuaca gerimis serta situasi jalanan kota yg lumayan padat, kebetulan riding pace saya sekitar 65-75 dalam kota nah waktu itu saya hendak menyalip motor bebek klo nggk salah merknya jialing bro, (haha agak lucu memang mau nantang ninja250fi batin saya), saat menyalip saya tdk klakson, tidak geber2 motor, biasa saja lha wong saya hanya pake lampu dim satu kali sebagai tanda bahwa ada kendaraan dibelakang yg hendak mendahului di malam hari, begitu saya selip tiba2 riding si jialing yg tadinya santai tiba2 jadi ngebut gak karuan kayak kesetanan gtu ridernya buat ngejar ninfi saya yg hanya kecepatan 75, kemudian ada suara berisik dari belakang dan terlihat dari kaca spion sebelah kanan saya motor dia kayak ngeden udah gigi tinggi mungkin alias mentok, begitu saya lihat langsung saya lepas gas untuk kasih kesempatan dia lewat, sempet saya kaget melirik tulisan di motor bebeknya yaitu JIALING broow udah ngasapin ninja250fi yg pake piggyback powercommander v dan leovince cobra fullsystem wkwkwk, sebenarnya ada rasa godaan bagi saya utk ngasapin si jialing itu, tapi mengingat kondisi jalan yg lumayan padat banyak orang nyebrang ga liat2 serta gerimis yg membuat jalan licin, jadi setelah saya pikir buat apa kebut2 an di jalan apalagi kelasnya si jialing, lebih memilih aman&nyaman, enjoy the ride bro, benar ungkapan bro leopold ternyata orang menyalip bukan berarti nantangin melainkan cara riding pace dia yg lebih tinggi ketimbang yg disalip, tapi setiap persepsi pengendara di jalan berbeda2 saat disalip, ada yg cuek, ada yg emosi, ada yg ngejar, klo saya disalip saya hanya berpikiran “Silahkan anda duluan semoga bisa juara 1 dan membawa pulang satu piala alay” tapi ingat jangan sampai pulang ke rumah sakit lho ya, hahaha keep safety riding and brotherhood bro/sist, thank’s om leo utk artikelnya, sangat membantu sekali dan mencerdaskan biker yg sebenarnya..

  21. Hehehe … bener banget nih …

    Ini biker-biker biang masalah. Dan ga perlu diladenin karena biker-biker begini volume otaknya sedikit….!

    Tetap tenang, jaga jarak dan maintain your own, comfortable riding pace.

    Setuju banget Om Leo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s