Tes Akurasi Speedometer YZF-R25 (dibandingkan dengan Ninja 250 FI)

 

Selamat malam Bro dan Sis,

Saya agak penasaran dengan beredarnya list akurasi speedometer beberapa motor yang beredar di forum R25 Owners dan kemudian diangkat oleh kang Taufik TMC.

10348820_318076411694740_7583431263020463224_o

Kenapa penasaran?

Karena melihat deviasi atau simpangan untuk speedometer R25 cukup besar, yakni 7.3%. Waduh… list itu mencatat pada kecepatan speedometer 170 km/jam kecepatan aktualnya adalah sekitar 158.4 km/jam.

Angka 7.3% cukup tinggi untuk saya. Karena dua tahun sebelum ini, saya melakukan tes akurasi speedometer Bianka (Ninja 250 FI) dan mendapatkan deviasi hanya sebesar 2%.

20130414-080115-pm

https://7leopold7.com/2012/09/29/tes-akurasi-speedometer-ninja-fi/

Nah terdorong rasa penasaran tersebut saya pagi tadi memutuskan untuk melakukan test yang sama ke Sabina (R25 milik saya),

20140720_073242

Bagaimana caranya?

Dengan cara membandingkan kecepatan yg ditunjukkan oleh speedometer motor dan catatan pada GPS.

Apa saja yg dibutuhkan?

1. Dibutuhkan tentunya 1 unit motor, sebaiknya yg terpasang speedometer digital karena lebih presisi angka kecepatannya. Kondisi ban dan speedometer pastikan masih standard.
2. Aplikasi GPSpeedOmeter. Aplikasi ini akan mencatat jarak, kecepatan saat ini dan kecepatan maksimal yang sudah diraih. Aplikasi ini bisa didownload bebas.

Langkah-langkahnya apa saja

1. Pertama, aplikasi harus direset (0km, 0 max speed) dan kemudian Bianka Sabina dijalankan pada kecepatan yg ingin diukur minimal selama 5 detik. Kenapa 5 detik? Utk memastikan data kecepatan tersebut betul2 tercatat oleh GPS.
2. Harus dipastikan kecepatan tidak melebih tingkat kecepatan yang ingin diuji.
Jadi misalnya kalau ingin menghitung real speed dr 60 km/jam yg ditunjukkan oleh speedo kita harus pelan2 mencapai kecepatan tersebut, dan menjaganya agar tidak menyentuh angka 61km/jam. Begitu melewati, batalkan, ulangi dr langkah 1.
3. Setelah kecepatan tersebut dicapai selama 5 detik, kita bisa berhenti dan membandingkan kecepatan maksimal yang dicatat oleh aplikasi GPS.
4. Buat table dan perbandingkan hasil pada beberapa tingkat kecepatan untuk mengetahui selisih. Misalnya 60, 90 dan 100 km/jam.

Tentu menggunakan apps dan smarphone tidak akan bisa seakurat racelogic atau device lain yang dedicated dengan GPS chipset. Namun karena metode ini juga digunakan untuk menghitung akurasi speedometer Ninja 250 FI  deviasi yang mungkin ada dapat diperbandingkan.

Baik mari kita mulai.

 

Test pada 60 km/jam

Pada angka di speedometer menunjukkan nilai 60 km/jam, angka GPSpeedometer menunjukkan nilai 58,5 km/jam.

test 60

Test pada 90 km/jam

Applikasi menunjukkan kecepatan pada angka 87.5 km/jam

test 90 a

Test pada 110 km/jam

Kali ini angka ditorehkan pada nilai 105.9 km/jam

test 110

Test pada 130 km/jam

Sudah mulai tidak mudah bertahan beberapa detik pada kecepatan ini. Nilai applikasi menunjukkan angka 124.8 km/jam.

test 130 b

 

Apabila kita tabulasikan maka berikut ini adalah hasil perbandingan speedometer R25 dan applikasi GPSpeedometer yang mencatat kecenderungan sebagai berikut:

Terdapat selisih nilai speedometer pada R25 dengan aplikasi GPS. Semakin cepat motor tingkat deviasi speedometer juga semakin tinggi. Dalam test ini tercatat angka tertinggi adalah 4% pada kecepatan 130 km/jam atau realnya adalah 124.8 km/jam. Angka 4-5% untuk deviasi Speedometer menurut saya, meskipun lebih tinggi dari yang saya harapkan,  masih bisa diterima.

Fullscreen capture 7312014 30917 AM

Apakah ini berarti angka yang ditabel tersebut yang menyatakan R25 deviasi speedometernya mencapai 7.3% bias diterima mas?

Test ini mengindikasikan deviasi tidak setinggi itu. Kalau melihat kurva, deviasi pada 170 km/jam maksimal di angka 5% dengan menggunakan device ini.

Ini berbeda dengan temuan Ninja 250 FI yang menunjukkan tingkat deviasi terjaga di bawah angka 2 %.

Fullscreen capture 7312014 31118 AM

Speedometer Bianja si Ninja 250 FI dengan segala kelemahannya: berembun, ada beberapa kasus yang mati dan kacanya mudah retak tapi nampaknya angka deviasinya lebih kecil dibandingkan speedometer R25.

 

 

Iklan

40 thoughts on “Tes Akurasi Speedometer YZF-R25 (dibandingkan dengan Ninja 250 FI)

    • mantapp bro.. hasil deviasnya 7% ya?… yang perlu dilihat adalah kecepatan maksimum yang dicatat oleh GPS apps apakah sama dengan kec maks oleh speedometer bro. Karena kalau membandingkan real time agak sulit krn ada lag/jeda antara kecepatan saat ini dan yang dicatat oleh GPS apps.

    • betul om…
      7% ane anggep yang terburuk…
      malem dan rame cuma dapet 122 di speedo, hold sempat 6 detik, 114 di gps

      jadi untuk sampling memang butuh kecepatan konstan karena pada gps terjadi delay saat fluktuasi….
      puas rasanya dach coba kondisi standart di 4th gear masih bisa 149, tinggal satu penasaran ane om…. six gear top speed….kemaren ndak isa, rame N gelap takut ade motor/mobil mati lampu blakang….seremmm
      best FC ane dapet 26km/l, terjelek (non macet) 22km/l
      btw motor ini ane katagoriin danger! om…soalnya di 125_an masih terasa nyantai, sambil rokokan lagi…..suspensinya dan handling ajib memang… 😀

  1. masih dibawah 9 % cukup akurat …
    yg penting sensasinya worth to sporty everyday …
    nyaman, karakter sport racing high rev , panel komplit, keren dan aura rx king yg plong sedikit ada di r25 ..hhhehe

  2. Masih acceptable om, buat saya, hehe…. Lebih besar deviasinya mobil saya all new crv kayaknya, hehe…. Oiya, kalo saya pake aplikasi android speedometer om, entah lebih bagus mana dengan aplikasi yg om leo pake… 😀

  3. Di aplikasi android speedometer saya bisa ngukur berapa waktu yg dibutuhkan untuk mencapai trek berapa meter, atau kecepatan tertentu, nanti mo coba di R25 saya, sayangnya sampai sekarang unitnya belom datang, dan blom ada info apa2 dari dealer kota saya, nasiiibb… 😦

  4. Make hp yg gpsnya support glonass.. lumayan kuat nangkap sinyal gpsnya.. diatas pesawat aja masih bisa ngelock sinyal satelit.

  5. Yaelah ngetes pake android om? Kagak bisa di jadiin patokan. Apa lagi android

    Pake yg rada bener deh sensornya, kalo hp ya ios

    Kalo mau lebih akurat pake gps lagi, sebenernya itu juga kurang akurat, mau akurat ukur di sirkuitm ngebutm di straightm kecepatan lurus di panteng 100 km/h, itung jarak dari titik a ke b, terus hitung tempuh motor dari titik a ke b pada posisi 100km/h, nah disitu baru ketahuan speed berapa di bagi berapa ratus meter per detik dah, konversi ke km/h, kalo dah dapet baru ente konversi

    Pake android! Deviasi diatas 3% udah bias bgt, lagian makin ente ngebut, tuh internet makin lemot, makin susah itung, soalnya agps hp ya emang ngandelin koneksi

    Coba lah pake windowsphone yg ada offline mode
    Atau ios, walau ofline masih ngitung jarak,
    Kalo android mah

    Numpang ngakak

    • agps ga pake koneksi internet om….itu bahkan data akses posisi off….
      komentarnya bikin orang jadi bisa njengkalin anda….hikksss

    • ente salah bro bkan android nya ato internet nya

      tp chipset nya.. klo android pke mediatek jgn harap bner cz mediatek buat lock aja lama nya stgh mampus

      -_-

    • numpang senyum om soalnya kalo aku ngetes akurasi maupun navigasi an cuma pake android murmer nggak perlu internet.. monggo main ke blog saya kalo nggak percaya.. 🙂
      mau akurat untuk kecepatan sesaat? panteng trus cek pake speedgun.. 🙂

    • numpang ngakak balik,.. yg dipake bwt ngitung-ngetes ya GPS,. bukan aGPS,. dihandphone ada GPS (S-GPS) sm aGPS.. aGPS Aka Assisted-GPS tu cuman dipake bwt TTFF ato ngelock signal dr satelit,. kl gps2 common emng agak lama ngelock,. makanya dia butuh assist- dr operator via BTS/koneksi.. kl udh ngelock ya udh pasti akurat,..

  6. wah lumayan jauh ya deviasinya hahaha… pabrikan motor hati2 nih jangan terlalu gembar-gembor & membuat image kalo produk yang dihasilkan mumpuni, diatas rata2, dan mendominasi para rivalnya. sekarang para konsumen udah melek mata dan pinter2 yang ada bisa jadi bumerang bagi produknya *no offence* 😮

    • Ngga ush bingung2 bro…test di jalan raya aja atw sirkuit…..udh real kalo R25 lebih unggul segalanya dr ninja 25fi n cbr 25r…ngga perlu pake dynotest segala….r25 unggul torsi, akselerasi, power, aerodinamis, superbike harian, kuat, service mudah, 2 silinder, headlamp predator…aplg yg kurang….

    • Honda paling parah bohongnya….smp semua motor honda paling jauh deviasinya….honda gt loh…pinter bohongin konsumen….motor ngga smp 2th body udh koplok….hahahaha…

  7. saya punya teman toko ban,setiap main kesana saya minta karyawannya cek tekanan angin.pulang dari sana terasa ban terlalu keras.setelah dicek pakai alat dirumah ternyata 3-4PSI lebih keras.lalu saya tanyakan,jawab karyawannya.supaya “berkah” om,jangan pelit2 kalo ngasih angin.

  8. Ngga ush bingung2 bro…test di jalan raya aja atw sirkuit…..udh real kalo R25 lebih unggul segalanya dr ninja 25fi n cbr 25r…ngga perlu pake dynotest segala….r25 unggul torsi, akselerasi, power, aerodinamis, superbike harian, kuat, service mudah, 2 silinder, headlamp predator…aplg yg kurang….

  9. Ping balik: Jangan Lupakan Hal Berikut Saat Melakukan Pengukuran | Indomoto.com

  10. Apapun motornya kalau stabil, tidak ngoyo, spion masih jelas dilihat di kecepatan 120-130kmh itu bagi saya sudah cukup. Soalnya antara kemampuan reflek riding dan konsentrasi saya maksimal di titik itu, mungkin ada yg sanggup riding di kecepatan > 130 kmh selama puluhan menit, kalau saya ga bisa.
    Ada yg udah susah bernafas karena ‘tembakan’ adrenalin di kecepatan 90-100 kmh dsb.
    Yang penting beli motor yg sesuai dengan kemampuanmu.
    Kalau mobil sih saya sanggup cruising 130-140kmh selama 2-3 jam selama jalannya sepi saja.

    • Sepi itu yg bahaya apalagi jln tol yg lurus doang

      Suer itu bikin ngantuk

      Mending disuruh nyetir di pgunungan yg bnyak beloknya dah ktimbang di jln tol

  11. wkwkwk agak lucu jg ni, maaf om..
    GPS handset kok bandingkan sm Racelogic
    klo ngetes pake gps android ya tergantung spesifikasi handsetnya. ga akan bs seakurat racelogic , coba cek youtube pemecahan rekor kecepatan mobil tercepat ( hennesey venom ) aja pakai racelogic.

  12. Ya mungkin deviasi spedo untuk r 25 dibuat sedemikian rupa,tak lain urusan marketing project…yg dmn untuk iklan yamaha motor kenceng lebihin ninja 250…pdhal ya sama aja…pinter bgt ..mantabzzz..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s