Merasakan Peningkatan Tenaga YZF-R25 + Sakura (dg Video)

 

Pada saat test ride di Ancol akhir bulan Juni lalu, selain merasakan performa R25 standard saya juga diajak untuk mengetest unit R25 yang sudah diperlengkapi dengan knalpot aftermarket Sakura.

yamahar252in (1)-001

Seperti yang sudah diberitakan di banyak media, Yamaha resmi menggandeng Akrapovic dan Sakura mengembangkan knalpot aftermarket untuk menggenjot performa R25.

2 unit R25 utk freestyle terparkir dengan rapi di area belakang test drive hehe cukup sepi dan eksklusif.

Fullscreen capture 762014 53310 PM-001

Sejenak saya dan Bro Bie Hau, pemilik R25 dengan nomer urut 1 di duniah, merangkap juragannya knalpot Prospeed memperhatikan kedua unit tersebut. Nampak ada dua jenis perbedaan header, R25 black terpasang header yg lebih kecil. Ucap Bro Bie Hau “taruhan yang item ini tarikannya lebih nampol”

Sabarrrr… Saya mencoba dulu R25 merah yang headernya terlihat lebih besar.

Engine on….

Dibandingkan dengan knalpot standard suara terasa lebih lantang menantang, namun tetap utuh membulat. Saat ditarik menuju batas limiter karakter suara solid dan tidak pecah.

Fullscreen capture 762014 53041 PM

Saat masuk gigi dan ditarik gas tarikan terasa lebih responsive tanpa efek tunda di putaran bawah. Ukuran sprocket belakang yang sudah lebih besar tentu juga berkontribusi. Tapi tenaga memang lebih mengisi tanpa drop dari bawah.

Enak sekali untuk bermanuver pada kecepatan sedang. Isi dan lepas gas, tenaga langsung masuk di RPM bawah. Sangat bermanfaat untuk stop n go mengatasi lalu lintas dalam kota. Ataupun untuk lepas melejit keluar dari tikungan.

Puas dengan knalpot pertama, saya loncat ala Marquez ke unit R25 kedua dengan catatan waktu 20 detik hehehe bukan loncat tapi ngesot itu mah. Unit kedua ini diperlengkapi dengan knalpot Sakura yang memiliki ukuran header yang menurut mata terlatih bro Bie Hau nampaknya sedikit lebih kecil. Saya tidak mengukur diameternya sayangnya.

Fullscreen capture 752014 85720 AM

Engine on, hmm terdengar sedikit lebih lantang. Saat saya tarik ke limiter, suara juga berubah sedikit pecah. Karakter suara SAMA seperti knalpot Sakura pertama namun ini agak bajingan deh hehe. Menarik throttle gas, R25 juga terasa lebih kasar suaranya dan tarikannya lebih lekas dan responsif.

Fullscreen capture 762014 52830 PM

 

Kesimpulan akhir:

Menurut YIMM, knalpot Sakura ini tidak terlalu cocok untuk pengunaan harian. Menurut saya masih oke aja.

Menilai knalpot itu ada setidaknya tiga kriteria:

  1. Performa;
  2. Suara;
  3. Bentuk;
  4. (dan mungkin) Harga;

 

Untuk performa, saya belum lihat data dynojet testnya, tapi peningkatan performanya cukup signifikan. R25 standar yang cenderung kosong di bawah jadi terasa lebih ngisi. Ini juga alasannya unit R25 yang dipakai untuk free-style, yang tentunya butuh torsi yang bertenaga namun linear, diperlengkapi dengan knalpot Sakura.

 

Untuk suara, hmmm, kalau boleh diberi skor dengan range 1-10, pointya 7 lah. Jelas lebih baik ketimbang knalpot standard, tapi tidak pada warna suara yang saya suka. Disini mungkin bias karena saya sudah biasa dengan Akrapovic.

 

Untuk harga. Dengan harga 10% dari harga motor, knalpot Sakura ini dibanderol dengan harga medium. Diatas knalpot hasil riset produsen local,namun dibawah harga knalpot import.

Untuk bentuk, ya giitu dehh, scorenya 5 utk silencer. Meskipun untuk finishing dan material header harus saya akui halus.

Dari 4 faktor diatas, satu factor positif (performa) dan dua factor yang tidak terlalu positif (suara dan bentuk). Saya mungkin akan lebih menunggu hasil riset Anjany Racing atau Prospeed baru kemudian memutuskan knalpot aftermarket mana yang perlu diambil. Kalau mau yang pasti senang suarangnya tentu ambil Akrapovic, tapi hanya dengan slip-on saya ga yakin siginfikan peningkatan performanya.

 

 

 

 

Iklan

43 thoughts on “Merasakan Peningkatan Tenaga YZF-R25 + Sakura (dg Video)

  1. Mantapp euy, tapi nunggu yg ploduk local lain deh, cintailah ploduk2 indonesiaaa….. Hunting knalpot made in purbalingga dulu… 😀

    • hehehe produk local juga banyak kok yang hasil riset dan desain yang bagus.
      Tapi ingat hasil riset, agar ga cuma bentuk doang atau suara di putaran bawah, tapi juga performa meningkat

  2. Ping balik: YIMM : Knalpot sakura untuk R25 ga cocok buat harian . Pantesss… | Smartfaiz

  3. Ping balik: AKRAPOVICとサクラ マフラーYZF-R25 2014用のフルエキです。 | 世界のバイクパーツをご紹介!

  4. min saya pake knalpot sakura awalnya suara memang sangar bagus lah, tp nie udah 4bln kok suara jd jelek bgt cempreng pecah bgt sumpah smpe malu sama tmen2, padahal glasswoll udah q gnti ttp j suara pecah,, kira2 apanya ya min..
    minta solusinya, punya knalpot bagus harga lumayan tp suara jelek rasanya nyesek bgt min..
    pengen ganti jg pas gk ada duit nie.. hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s