PPNBM Naik & Motor Bodong

Beberapa ATPM Motor Import sudah mengeluarkan revisi pricelist untuk menyesuaikan kenaikan maha drastis PPNBM.

Harga motor ber-cc besar semakin memasuki wilayah tidak rasional.

Mari kita bandingkan keabsurd-an nya dengan 3 skenario ini.

Tentu tahu Ducati Streetfighter S ya..

20140402-060757 AM.jpg

Gagah dan sporty…

Skenario pertama:
Jika anda tinggal di Australia, dengan upah minimum pekerja 150 ribu rupiah per jam, anda bisa membawa pulang Duc SF baru dengan harga Rp. 250 juta rupiah (roadrider.com.au). Masih kedengaran mahal? Tapi ingat pendapatan minimum anda sebulan adalah 24 juta rupiah. Artinya harga Duc SF sekitar 12 kali lipat gaji bulanan anda.

Skenario kedua:
Anda tinggal di Indonesia. Ducati Streetfighter S baru bisa anda kendarai pulang dr showroom Ducati setelah membayar Rp. 514 juta rupiah. Dengan upah minimum regional DKI 2.4 juta rupiah, malah bisa hanya 1.3 juta utk propinsi lain, maka harga Duc SF adalah 214 kali pendapatan bulanan pekerja di Jakarta. Atau malah 395 kali upah anda sebulan jika anda kerja di Kalimantan Barat.

Skenario ketiga:
Anda tinggal di Indonesia dan ditawari Ducati Streetfighter “kosong” alias tanpa surat seharga 190 juta rupiah.

Note: UMP hanya sebagai perbandingan purchasing power, tentu hampir pasti tidak ada buruh yang nekad ngotot membeli Duc SF S hehehe…

Sekarang, jika anda punya uang 190 jt rupiah dan HARUS membeli Ducati Streetfighter S, pilihan apa yang akan anda ambil?

Membeli Ducati SF “bodong” alias ilegal atau membeli yang resmi dan berhutang 324 juta rupiah?

Persoalan dan dilema yang tidak akan dihadapi oleh biker yang tinggal di negara lain yg memiliki pajak yg lebih masuk akal..

Ada dua tujuan dari PPNBM :
1. Melindungi industri kecil dan menengah
2. Menciptakan keseimbangan pembebanan pajak antara mereka yang berpendapatan rendah dan tinggi

Pertanyaannya selama ini industri otomotif tanah air mana yang sudah mendapat perlindungan dan insentif keuangan dari pemerintah? Insentif mana yang didapat biker yang berpendapatan rendah?

Ini namanya mengambil tanpa mengembalikan.
Memungut pajak dengan tujuan mulia tapi tidak melaksanakan tujuan tersebut.

Next artikel — untung RUGI membeli motor bodong dan mengapa perlu dihindari

Iklan

65 thoughts on “PPNBM Naik & Motor Bodong

    • paling tidak bisa dijual dekat dengan harga baru saat belinya. Saya saja bisa jual Bianka di harga 49.5 jt setelah 1 tahun pemakaian. Hanya beda 500rb, karena harga barunya sudah naik.

    • tergantung kondisi dan modifikasi ya Bro.
      expect 90an kalau bener2 masih muda. Skrg ini KMI masih overstock Er6 dan paket promo + disc yang menyebabkan harga second jatuh.

  1. PPNBM naik untuk melindungi industri kecil dan menengah mah kayanya cuma akal-akalan pemerintah aja… Toh mobil murah aja malah dipasarin, sama aja bohong.

    Kalo mau naikin pajak mah mendingan rokok aja itu… Jelas2 efeknya merugikan baik rakyat kelas bawah, menengah ataupun atas.

  2. emang gendeng PPnBM ini. Oleh karena itu dengan keadaan dan kebijakan indonesia saat ini motor 250cc (249cc) adalah yang paling rasional karena ga kena PPnBM

  3. Om leo, kalau misalnya pabrikan moge tsb masuk ke indonesia dan melakukan produksi full di Indonesia apakah tetap terkena PPNBM 125% itu ya?
    kalau part2 nya full lokal bagaimana?
    Beberapa tahun belakangan memang DIRJEN pajak getol sekali menaikkan tarif pajak, mencari wajib pajak baru (mulai pengusaha, pedagang, sampai2 Pedagang kaki 5 ada wacana dikenakan pajak). Sebenarnya yang diuntungkan pertama kali dari kenaikan pendapatan sektor pajak adalah kepala daerah nya. Di setiap propinsi kalau saya tidak salah dengar, para gubernur akan mendapatkan tunjangan sbesar berapa % dari total pendapatan pajak daerahnya jika melebihi target yang dipatok pemerintah. Nah makanya para “aparat” getol sekali, tambah rajin,,,
    Sebenernya untuk menutupi defisit neraca berjalan pemerintah cukup melakukan 4 hal saja menurut saya :
    1. Berantas korupsi (pasti lah!),
    2. Perbaiki infrastruktur dan angkutan massal cepat di setiap kota di Indonesia,
    3. Perbaharui kontrak kerja dengan Perusahaan asing “penyedot” sda kita atau kalau bisa semua di “lokal”kan saja,
    4. Hapus subsidi BBM, jual saja BBM sesuai harga pasaran internasional!
    Jika nomer 1,2,3 sudah terpenuhi dan diterapkan saran no 4 niscaya masyarakat kita tidak akan mengeluh. Dengan syarat AMC tsb murah, cepat, aman, nyaman, dan mudah dijangkau lokasinya.
    Jika sebagian besar masyarakat sudah naik AMC, uang bensin bisa ditabung, dibelikan MOGE πŸ™‚
    Jangan menaikkan suku bunga, menaikkan bea masuk, mempersulit impor, semuanya akan memperlambat roda perekonomian! Percuma saja bea masuk naik kalau qty berkurang toh total pendapatan pajak akan berkurang dan resiko penyelundupan akan makin marak!
    Suku bunga tinggi akan menguatkan kurs rupiah= benar, tetapi ekonomi melambat karena bunga pinjaman ikut naik, para BOS lebih nyaman naruh deposito πŸ™‚

    Kalau pendapat pribadi saya:
    Lebih baik ambil ducati SF harga 190 juta daripada hutang 324jt ke bank syaratnya 1 saja:
    Ducati Sf tsb spek dan barangnya sama dengan DUCATI SF dari dealer resmi.
    Masalah surat2 tidak ada, dan servis berkala harus bayar 1 juta sekali servis (biaya jasa servis) masih oke menurut saya. Kita servis 30 x dalam pemakaian 10 tahun masih habis 30jt.
    Jika kondisi di lapangan polisi masih bisa “damai” asumsi kena tilang 1x dalam 1 bulan bayar @100rb x 120 bulan = 12jt.
    Total perbedaan pengeluaran dibanding beli resmi adalah hanya 42juta!
    Pembelian resmi 324jt -42jt masih untung 282 juta = kawasaki z1000 baru 2014 + 10 jt untuk beli pertamax full tank 50 kali lebih… hehehe…

    • Mana ada polkis yg mo dikase 100rb klo naek ducati tanpa surat πŸ˜†
      yg ada tuw ducati dipajang di kantor sampe “ditebus” πŸ˜‰

    • sebenernya kalau kelengkapan motor kita komplit dan tidak melanggar lalin gak akan tahu si polis kalau motor kita bodong…
      sudah jamak gw temuin di kota ada Ferrari F340 menggunakan plat nomor F 340 pula.. dicek di info samsat mobil sebenarnya mitsubishi kuda yang pajaknya kedaluarsa…
      kalau dalam kota (commute) seharusnya yang udah sering lewat jadi hafal jalan2 yang sering ada “offensive” ..
      saat touring jarak jauh..nah ini lebih aman kalau ikutan Club moge yang bonafide + disertai pengawalan.. HD temen surat belum kelar touring dikawal aman sampai Jogja..

    • di bagian pertama saya setuju berat.
      Produksi disini hanya mengurangi pajak impor. Tapi tetap berlaku PPNBM yang mengikuti transaksi, bukan asal barang.

      untuk bagian kedua lebih baik bodhong, nah tunggu artikel berikutnya

  4. only buy something you can afford… itu prinsip ane sih..
    just in case ada polkis yang nakalnya ga ketulungan satu kali pandang tu duc SF bisa ilang langsung… rugi 190 jeti sekali… ( kalau ada kenalan yang high level beda soal yaa)

    _____________________________________

    Majalah Komputer dan Motor Terbaru Bulan Maret April Mei 2014 Nih.. Silahkan sedoot…
    http://aryoblackstar.wordpress.com/2014/04/03/magz-update-majalah-motor-dan-komputer-bulan-april-2014/

    Selain Copet Dilarang Masuk!!
    http://aryoblackstar.wordpress.com/2014/04/03/copet-dilarang-masuk/

    Modif NVL Sangar pake USD
    http://aryoblackstar.wordpress.com/2014/04/02/modifikasi-modif-nvl-new-vixion-lightning-gaya-streetfighter-sangar-kekar/

  5. hindari mobil/motor bodong.karena itu sudah tindakan pidana.memang ada orang bahkan oknum yg jual mobil/motor berikut STNK tapi ndak ada BPKB.harga cuma separonya.tapi itu ndak mungkin barang resmi,kalau tertangkap duit pembayaran melayang motor disita badan dipenjara.

  6. Saya sih pada dasarnya udah okok aja dengan ppnbm yang sebelumnya (sebelum dinaikkan).
    Sangat tidak setuju dinaikkan, namun nggak sreg juga jika diturunkan. Saya nggak bahas kenapa dan mengapa jika dinaikkan ya, yang saya soroti jika diturunkan.
    – makin banyak alay naik moge sruntul sana sruntul sini.
    – akan banyak moge keren dimodif pake ban tjatjing.
    – akan banyak rider moge riding nggak pakek helm, celana pendek, sandal jepit, dll.
    Intinya bukan masalah pajak masuk akal/tidak, tapi lebih pada mental, kesadaran dan disiplin berkendara. Saya pikir salah satu alasan pemerintah membuat ppnbm untuk moge diangka tertentu juga karena begitu juga. Tau sendiri lah sekarang jalanan kayak apa.

    • Kebih tepatnya dihapuskan! Itu cuma akal2an pemerintah saja…karena malas puter otak buat nyari penghasilan diluar pajak! Sadar gk…APBN negeri ini terbesar dari mana? Pajak! Lho….emangnya gak ada potensi lain apa…buat menghasilkan APBN? Nah…itu dia…karena udah korup…ya susah…mentalnya bukan juara sich…tp mental preman!

  7. Kesempatan buat para bikers sa-alam dunya untuk memilih pemimpin yang akan menurunkan PPNBM adalah pemilu besok..
    Cari bikers atau blogger yang punya koneksi luas, terus minta beliau bikin kontrak politik dengan beberapa calon pemimpin tersebut.
    Kita coblos rame2 tuh calon pemimpin yg siap turunkan PPNBM, wuiiih.. kalau sampe jadi presiden kan mantab.. Bangsa untung, biker pun untung… πŸ˜€
    NOte : ini baru sebatas khayalan liar saja, jadi jangan digalakkin yah… πŸ˜‰

  8. Dari yg ditulis kesimpulan saya adalah pendapatan kita minim tapi harga barang-barang disini berlipat kali lebih mahal dari negara lain. Apakah dengan demikian konsumen jadi terpaksa memilih produk CKD yg berharga murah? Ya belum tentu….

  9. Emang pemerintah gk mikir dan gk punya malu..hitunglah berapa jenis pajak yg mesti ditanggung sebuah keluarga yg kurang sejahtera? Dr beli susu,beli odol,bayar tiket hiburan yg blm tentu setahun sekali dinikmati..tiket apapun pasti ada pajak nya.. Kencing juga pakai pajak kayaknya juga.. Lama2 nafas juga kena pajak nantinya.. Liat tuh dept PU, urus jalan aja masih gk bener.. Kali2 KPK mesti masuk tuh ke dept PU,anggaran mesti habis dan di korup,kalo gk anggaran tahun depan pasti berkurang.. Belum lagi kasus. Orng pajak jayusman.. Bayar pajak???? Apa kata dunia??? Inilah Indonesia.. Negara korup

  10. Analogi pemerintah dalam penerapan pajak barang mewah harus disertai analisis yang jelas dan tepat. Contohnya soal PPnBM untuk moge…jika dipikir2 harganya kalo sudah nyampe sini sungguh tidak masuk akal…kenapa koq bisa begitu? Apa pemerintah melarang rakyat indonesia pake moge? Ya gak begitu jg kaleee caranya pak… kalo soal tata tertib berkendara dikembalikan ke personal ridernya…makanya bikin SIM harus ketat dan diberi kualifikasi kelayakan berdasarkan kapasitas mesin…nah kalo soal lainnya…mau ningkatin produk lokal lah…masa iya? Produk lokal yg mana? Emang ada? Setau saya semua produsen sepeda motor di Indonesia adalah milik principal masing2 dari luar negeri tuh… Emang rakyat gak mikir soal kualitas? Melek donk pak pejabat…mentalnya koq majaki rakyat doank bisanya? Gimana mau bersiap diri dgn mental menghadapi era perdagangan bebas klo begini??? Dasar katrok!!!

  11. Harga motor di Australia memang murah, menjanjikan. Ngeliatin Peter Steven di Melbourne central atau Ducati showroom di dekat queen Victoria market memang menggiurkan. Apalagi ditambah bisa dibayar perminggu yg ride away. However, bikin pelanggaran sekali, siap2 tagihan kerumahnya lumayan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s