Lebih Dekat dan Personal dengan New Z1000: A Threatening Predator

Setelah New Z1000 diluncurkan di EICMA Milan Oktober lalu, di dunia maya pun beredar foto dan video dari supernaked bike Kawasaki ini. Cukup memberikan gambaran akan seperti apa sih Z1000 edisi 2014 ini.

Masalahnya, ternyata ada yang tidak mampu disampaikan oleh foto melalui layar elektronik.

Malam tadi, ketika veil/selubung Z1000 di buka, citra 2 dimensi yang terbayang di benak berbeda dengan kenyataaan 3 dimensi yang muncul, yang hidup di depan kita.

IMG_4322-004

Anda perlu datang dan melihat sendiri apa arti dari foto ini

Dan pada saat itulah Brother dan Sister, saya sedikit mengerti konteks kata SUGOMI untuk new Z1000.

Para desainer New Z1000 membangun konsep naked bike dengan filosofi Sugomi. Kata dalam bahasa Jepang ini berarti “threatening”, “menacing”, “source of danger”, “predator“. Representasi konsep yang nampaknya tepat.

Guratan desain yang agresif memiliki pendekatan dan kelas yang berbeda dengan Z800 dan Z1000 lama. New Z1000 ini futuristis dan liar pada saat yang bersamaan. Kegagahan, bukan kegantengan manja.

Tanpa harus bersolek atau berusaha untuk dipuji. He just doesn’t care.

Yang paling pertama membuat saya terpaku adalah desain sector wajahnya. Headlamp dan area dahi (dashboard) yang agresif.

IMG_4245

Fullscreen capture 01032014 164953-001

threatening yet beautiful…

Beralih ke sector tanki,

Sudah cukup familiar dengan Z800, Old Z1000 dan Z1000SX, saya merasa tanki yang tertanam di new Z1000 berada pada kelas desain yang berbeda.

IMG_4264 IMG_4269

Otot bahu dan punggung yang kokoh dan sekaligus indah. Berbeda dengan adik terdekatnya Z800 yang melindungi tanki dengan hard plastic di kanan-kiri, pelindung tanki Z1000 justru pada area hijau di tengah yang memanjang ke depan.

Beralih ke jok atau seat. Seat depan tidak terasa terlalu lebar, masih nyaman. Dibaluti pelapis khas seri Z (dengan motif Z) kurva duduk terasa nyaman dan tebal. Jok belakang, nahh… saya awalnya mengira unit display menggunakan seat cover, ternyata itu adalah back seatnya, desainnya keren, namun dugaan saya duduk di belakang sana lebih dari 30 menit bakal cukup melelahkan.

IMG_4286

Kontur indah dari headlamp, dashboard, tanki, hingga ke buritan inilah yang menjadi signature khas dari New Z1000.

Oh ya untuk desain, hampir terlupa, Spionnya juga indah lho

IMG_4243

Bang Leo, ini gede juga ya Z1000? gimana perbandingannya dengan Z800?

Nahhh ini memang factor harga dan teknologi ya.

Meskipun Z1000 lebih besar kapasitas mesin dan tenaganya, namun Z1000 lebih ringan, lebih rendah dan compact dibandingkan Z800.

Saat saya menaiki New Z1000 saat swiveling ke kiri dan kanan terasa bobot lebih rendah (ke sector bawah) dan lebih ringan dari Z800. Perbedaan ini factor utamanya adalah pada perbedaan teknologi chasis pada kedua Z tersebut.

IMG_4280

IMG_4317

Hmmm kok jadi keliatan kecil ya Z1000 nya. Yang ga normal yang naik ini nih… hehehe..

Rekaman suara akan diupload menyusul, di telinga saya ada perbedaan dengan suara knalpot standard old Z1000. New Z1000 terasa sedikit lebih crisp dan keluar.

PROs:

1. Desain yang mendahului rivalnya, futuristis, agresif namun indah pada saat yang bersamaan.

2. Keutuhan desain. Sangat kuat. Tapi juga harus hati2 dalam melakukan modifikasi, jangan justru overkill dan merusak spirit Sugomi. Jangan jadi 4L4y kelas atas.

3. Monobloc brake. Sama superior dan efektifnya dengan Ninja 1000/Z1000SX yang pernah saya test. Life saving one.

CONs:

1. Hallo KAWASAKI KOK INI GA ADA Traction Controlnya? Untuk kondisi jalanan di Indonesia yang licin berpasir banyak genangan air, traction control adalah feature yang saya rasakan perlu untuk motor sepowerful ini. Ninja 1000 yang berfairing dan lebih mahal 15 juta sudah komplit dengan TC dan Power Mode. Power Mode mungkin ga terlalu perlu, tinggal keahlian memainkan gas saja yang penting. Tapi TC ini diperlukan.

2. hmmm mesti test ride dulu. apa lagi ya.

KESIMPULAN

Singkat saja ya, Brother dan Sister yang tinggal di Jabodetabek perlu datang ke Sun City dan melihat, merasakan sendiri aura threatening dari Z1000. Foto atau kata-kata yang saya sampaikan di atas itu ga bakal bisa menjelaskan dengan tepat apa dampak Z1000 bagi anda. Sekian.

Advertisements

56 thoughts on “Lebih Dekat dan Personal dengan New Z1000: A Threatening Predator

  1. sungguh desain yg luar biasa menurt saya..dh mendahului jaman 10 tahun yg akan dtang.om leo bener2 sgt bertuah dpt naikin z1000 yg pertama kali

    • om leo.kemaren ane liat z800 di deler sini..jok belakangnya unik bgt.sekilas mirip singel shit..ap di z1000 itu jok belakang jg ya z800 bahanya unik.
      kayakya selain brand kaeasaki g ad yah se jenius itu buat joknya..maksudnya kita g perlu beli singel shit krn desain joknya dh mirip kya singel shit

    • Seat kali ya bukan shit. Ya desain rear seatnya memang keren banget. Z800 tidak setajam Z1000. Tapi anak saya ngeluh waktu naik Z800 sempit dan capek.

    • om leo.pernah denger g ternyata farian dri kawasaki
      ada juga yg yg modelnya kaya herly tpi kubikasi mesinya cuman 250 dgn jenis piston v twin
      .namanya kawasaki VN 250 .Tapi di indo belum pernah denger jenis kya gtu..blog jg blum pernah ad yg membahasnya

  2. dri pada galau pajak.alangkah baiknya kawasaki membuat farian z1000 dgn kubikasi mesin yg 250 cc 4 silinder.secara basis sudah ada tinggal produksi masal saja..pengharapan dri org kismin kya ane mungkin byk biker yg setuju sm saya

    • kalau desain z1000 diterapkan ke 250 cc bukan Sugomi lagi ..kesannya jadi “pasaran” nantinya..hehehe…
      beberapa tahun ke depan kalau Kawasaki jadi produksi masal “J concept”, mungkin desain z1000 akan diturunkan ke adik2 nya who knows?

  3. kalo motor tanpa traction control gitu, bisa ga sih dimodif sendiri pake part TC aftermarket??
    oh ya, menurut saya kog ini motor ground clearancenya rendah ya, jadi terkesan gado2 antara streetbike sama cruiser, hahaha
    —————————————————————————–
    lorenzo kudu gunakan honda’s v shape line biar bisa bersaing next season

    http://lovemybike.wordpress.com/2014/03/02/ini-sebenarnya-alasan-lorenzo-kurang-kompetitif-menggunakan-ban-bridgestone-2014/

    • naik Z1000 motor kelihatan kecil,apalagi kemarin lihat waktu naik Ninja Mono.cuma becanda ngoda yg punya warung.

  4. Dari penjelasan kawasaki USA ditiadakannya TC di Z1000 agar lebih menonjolkan sisi “liar” nya. Adanya TC disinyalir akan menghambat torsi dari motor tersebut. Mungkin perumpamaannya seekor Panther yang dikekang dengan rantai, hehehe… Kalau dipasang TC mungkin jadi lebih mirip Ninja 1000 ya? yang ke arah touring bukan street fighter…
    Intinya Z1000 ini memang dibikin “liar” oleh Kawasaki.

    ini pendapat gw saja lhoh, yang gw simpulkan dari berbagai sumber, bagaimana Om Leo?

    Mengenai modifikasi gw rasa cukup di exhaust, itupun kudu bermerk. Kalau pakai yg lokal-an malah jadi 4l4y papan atas, hahaha betul seperti pendapat Om Leo.. Gw rasa diganti pipa nya saja dan tetap pakai silencer bawaan pabrik sudah sangat bagus..Coz motor ini kombinasi warna nya sudah paten, kalau dirubah malah jadi “gado-gado”, hehehe…

    Salam penggemar ninja…

  5. kalau naik moge memang enak sendiri2,kalau berboncengan dgn teman rasanya risih,kalau bawa cewek naik mobil lebih disenangi cewek,lebih leluasa bagi dia dan lebih leluasa bagi kita(kaca dibikin gelap).cuma becanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s