Kawasaki Ninja 250 RR Mono = CBR250R Killer? Tidak !

Selama launching Kawasaki Ninja 250 RR Mono, baik pada saat press conference maupun interview lepas, ada satu pertanyaan yang selalu muncul dalam bentuk yang berbeda-beda.

Apakah Kawasaki Ninja 250 RR Mono dirancang oleh Kawasaki sebagai CBR250R Killer ?

IMG_3565

 

Pertanyaan ini saya kira wajar muncul mengingat langkah bidak Kawasaki yang tidak memilih pengembangan lebih lanjut kelas 250 cc 2 silinder yang mulai diramaikan oleh Suzuki dan Yamaha namun malah menetapkan hati untuk mengolah dan memperbesar segment 250cc 1 silinder.

Apakah ada unsur revenge juga untuk membalaskan kekalahan nama besar Ninja dari CBR250R di kelas balap 250cc di Tanah air?

Namun selalu, selalu dengan diplomatis pihak KMI menghindar dari posisi diametral frontal terhadap Honda dalam menjawab pertanyaan di atas.

Ada beberapa jawaban yang disampaikan:

1. Ninja RR Mono dirancang untuk “menggantikan debut kesuksesan Ninja RR 2-tak” (kutipan dr press release)

2. Ninja RR Mono didesain “untuk memenuhi persyaratan Euro 3” (Jawaban saat sessi tanya jawab)

3. Ninja RR Mono “merupakan respons Kawasaki terhadap kebutuhan pasar” akan “line up  motorsport baru” (Jawaban saat sessi tanya jawab dan kutipan dr press release)

Hal ini diperkuat dengan pernyataan KMI saat interview lepas yang menyatakan bahwa KMI tidak memiliki plan untuk terjun mendukung penuh RR Mono pada event laga seperti IRS. Padahal untuk motor baru apalagi dengan teknologi injeksi, keterlibatan pabrikan sangat dibutuhkan.

DAN SAYA PERCAYA. Sebuah pabrik seperti Kawasaki tidak mungkin melakukan riset hampir 2 tahun dan investasi produksi massal yang mahal hanya untuk mengalahkan produk rival di arena balapan. RR Mono lahir sungguh-sungguh untuk tujuan yang lebih besar dan lebih menguntungkan yaitu penguasaan kue pasar yang sangat besar saat ini disumbangkan oleh jajaran motorsport 2-tak.

Fullscreen capture 15022014 64400

Bahwa saat melakukan itu, RR Mono juga mengalahkan CBR250R di arena balapan maupun di pasar ya anggap saja engga sengaja.

Iklan

44 thoughts on “Kawasaki Ninja 250 RR Mono = CBR250R Killer? Tidak !

  1. Nggak sabar nunggu review testnya om leo.. : D . Oiya diameter shock depannya brp om? Kira-kira setang plus segitiga atasnya dipakein ke ninja 250fi bisa PnP nggak ya?

  2. masak belum apa2 udah yakin ngalahin cbr250? lebih tepatnya kalo mau dikaitkan2, secara “resmi” mengakui cbr selama ini lebih digdaya dan kenceng. tokh selama ini user/fansboy gak mau mengakui kemenangan cbr dibalapan resmi 😀

    • y karena yg turun di balapan resmi bukan motor yg dijual massal…konsumen sekarang kn pinter bro, kita kan beli motor y yg di dealer bukan IRS..lagian duit buat riset CBR 250 IRS itu kan bs dpt moge bro..he..e..satu lg CBR 250 dpt dukungan penuh pabrikan honda..sedang ninin kagak..jd duit buat riset ninin jg terbatas bro…buktinya klo liat WSBK 2013 yg notabene balap motor masal, ninnin juaranya kok..dbw tom sykes..sedang honda 5 besar g masuk kan..soalnya honda lebih prefer buat riset di moto gp…jd intinya klo d balap itu gede2an duit….he..e..banyak duit y kenceng…bs bayar joki bagus..menang d…

    • ane setuju bro cbr250 bisa menang di IRS salah satunya krn dukungan pabrik yg dananya guede bwanget he he he
      faktor lainnya balap IRS kelas250cc gk pernah ada scrutenerring setelah lomba usai, hanya pada musim 2012 seri 1 CBR juara yg diperiksa oleh panitia hanya ukur trotle body aja (gk bongkar head)
      seri 2 ditahun yg sama ninin menang oleh panitia sininin dibongkar mulai dari karbu, pengapian sampe head dibongkar semuanya dan dinyatakan tdk melanggar regulasi yg ada pada saat itu
      apa jadinya kalo cbr dibongkar seperti itu juga, hampir dpt dipastikan akan kena diskualifikasi
      ada apa dibalik semua ini , perlakuan yg sangat merugikan pengguna ninja dibalap IRS kelas 250cc

  3. Kawak tahu harga 1 cyll bisa disetting lebih murah dari CBR250…. Honda aja yang gebleg nyari untung kegedean leat CBR Series ! Padahal, walaupun produck IU, bisa dibikin murah dengan subsidi silang keuntungan dari Matic. Kini, pekerjaan AHM jadi banyak… fokus lawan NVL atau jadi pesakitan digebukin Kawak di sport premium !!!

  4. Penasaran sama kemampuannya di trek kaya apa? 😀

    Kalo soal desain gak usah diributin, menurut saya lebih cakep ini ketimbang kompetitor (selera aja sih)…

  5. CBR killer?ndak lah,benar kata petinggi KMI,cuma jawabanya diperhalus.jawapan ceplas ceplos=buat apa bunuh CBR,wong CBR250R tanpa dibunuh penjualanya sudah sekarat.coba dirilis penjualan CBR250R tahu 2013,malu maluin nama besar Honda.

  6. CBR killer?ndak lah,benar kata petinggi KMI,cuma jawabanya diperhalus.jawapan ceplas ceplos=buat apa bunuh CBR,wong CBR250R tanpa dibunuh penjualanya sudah sekarat.coba dirilis penjualan CBR250R tahun 2013,malu maluin nama besar Honda.

  7. kalau balap disirkuit,siapa ndak kenal raksasa Honda dgn sumber daya HRC,tapi bikin motor produksi yg bagus,murah,sesuai keinginan konsumen belum tentu Honda bisa menang.Ninja RR tenaga lebih besar(28hp)berat lebih ringan(151)jarak sumbu roda(133cm)tinggi jok(78cm)GC(16,5cm).

    • bisa kok mbah. cbr naikan kompresi seperti ninja mono udah tuh dapat power yang kurang lebih sama?.
      honda bikin motor untuk masal dijalanan bukan balapan jadi sesuai kondisilah .klo mau balapan tingggal di sesuaikan.toh yang beli motor ini 98 persen pasti untuk harian .

  8. Pak tolong dijelaskan kepada saya apakah saat itu ada pertanyaan kapan yang versi Naked akan dikeluarkan? Atau adakah informasi apa pun tentang si Naked?

    Terima kasih tolong dibantu

  9. ini mah doublekill… CBR series dua duanya ancur…tp yg musti diwaspadai sm ninja 250 mono adalah R25.. seberapa jauh selisih harganya?? N250FI 52jt an,. kl R25 yg lokal asumsi dibawah 50jt,. nanti kasus CBR250 vs Ninja 2 silinder terulang.. “nambah dikit dapet 2 silinder”

    tp R25 harga masi blm jelas jg sih.. katanya petinggi dibawah ninja.. tp ninja 250 yg mana?? ninja 250FI ABS?? 😛 55jt pun masi dibawah harga ninja 😛

    btw,. yg beli CBR150 gmn kabar y? 36jt aj berasa overprice, apalagi skrng yg nembus 41.. *)even CBU pun gk ngefek,.. mo lokal mo cbu kn gk kliatan wujudny.. kecuali pada masang tulisan CBU di CBRnya.. CBR150R dijual seken 32 juta pun masi pesimis gw ada yg mau..

  10. motor kawak ganteng2!ga perlu gembar gembor pake spisot tau2 brojol..keren buanget cuma knalpotnya kepanjangan …lebih pendek 10cm keknya pas deh

  11. Om Leo, sepertinya si “mono” akan menjadi generasi muda dr RR “2-tak” ya…bs jadi 2014 adalah tahun terakhir RR diproduksi, krn kalau melihat statement dr KMI spertinya mereka g terlalu ambil pusing dg kompetitor (kayanya sie), tpi hanya fokus membuat motor yg layak dan punya value lebih buat gantiin si Ninja RR.

  12. Ping balik: Ada yang Tersirat dengan Spek Ninja 250 SL, ” Gentar Terhadap CBR 250″ | motorgoodness

  13. itu BONUSnya dimana cbpincang dan cbr150 jadi terbumihanguskan……

    sy sepakat banget dengan artikelnya………intinya (gaya fbh celoteh) kawak mono BUKAN NGIKUTIN TREN single ataupun krn moto3 itu single……..tetapi buat memperluas dan menjaga market kawak di segmen sprot dgn mengeluarkan suksesor ninja 150rr 2 tak.

  14. “engga sengaja” bilang aja kalo gak yakin bisa ngalahin CBR250R, jadi kalo kalah gak terlalu malu kan, tapi kalo menang bisa nyombong dengan kalimat “engga sengaja”
    belajar dari pengalaman ya? pertama kali CBR250R dikabarkan turun Ke sentul pada menghina CBR250R gak sanggup lawan ninja alhasil dan kenyataannya ninja cuma penyemangat saja di circuit, alasan pabrikan honda dukung total? bukannya CBR yang bukan dari pabrikan juga ngasapin ninja, biasalah kalo udah kalah pasti cari alasan

  15. cbr kalau full racing ..sangat menakutkan broo 2 cylnnder aj di babat habis…MOTO3 NSF 250 cc 1 cylnder sanggt kencang melebihi 2 cylndr broo…

  16. sekedar masukan aja buat kawasaki, itu jok RR mono terlalu tipis dan keras, sehingga ga nyaman bikin selangkangan dan pantat jadi sakit ! tolonglah di perbaiki itu bagian joknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s