MV Agusta: Beauty, Speed and Achievement

Meccanica Verghera Agusta atau MV Agusta adalah angan-angan remaja saya. Tentang keindahan, speed dan achievement.

800px-1998_Oro

F4 750, impian kala itu. Desain yang mendahului zamannya.

Sejak mendengar MV Agusta memiliki principal di Indonesia, beberapa kali sepulang kantor saya coba melewati Moto8, markas MV Agusta di area Gandaria. Namun selalu batal singgah. Mungkin karena tempatnya yang agak nanggung dan menyulitkan untuk parkir dan singgah.

But that is no longer the case no more.

Minggu lalu saya dapat khabar dan undangan opening secara elektronik. Hmmmm.. penasaran….

Berangkat dari area barat, BSD-Alam Sutra, 8 riders ASR utk memenuhi undangan dan rasa ingin tahu tersebut.

IMG_1383

Saking semangatnya kita semua tiba tit pukul 10 sesuai undangan di Moto8. Disambut hangat dan dibantu oleh staff untuk parkir.

Fullscreen capture 11252013 21144 AM

Fullscreen capture 11252013 21503 AM

Fullscreen capture 11252013 21750 AM

Lokasi yang baru ini tepat di sebelah kanan outlet yang lama. An expansion.

Sebuah keputusan yang sangat tepat. Area parkir jauh lebih luas dan nyaman. Baik anda menggunakan roda 2 ataupun 4. Kecuali pakai tronton baru agak sedikit sulit hehehee lebay.

Kamipun masuk, dan disambut di area visitor yang nyaman dan teduh. Aneka vintage painting bertemakan motor membuat para bikers merasa di rumah. Tapi tolong jangan sarungan ya hehe.

Bergeser sedikit dari ruang duduk, berjajar jagoan andalan MV Agusta, seperti F4 dan Brutale. Anda bisa lihat langsung, pegang langsung, duduk langsung dan tentunya beli langsung…

IMG_1403

keliatannya asyik, tapi jangan coba2 dipakai touring/jarak jauh..
Motornya kuat, awak-e sampeyan mbrodol…

Eh ketemu bro Yogas. Sudah curiga kalau official bloggernya MV ini pasti hadir hehehe….

Impresi saya Moto8 mempersiapkan dengan serius dan hati-hati konsep dari main showroom mereka ini. Flow mulai dari potential customer masuk, menyesuaikan diri, mengedukasi diri dengan pilihan yang ada berjalan sangat mulus.

Tanpa bermaksud mengetest, saat berbicara dengan personil, mulai dari Bro Steven, Bro Yahya, sampai ke marketing staff sangat konsisten pemahamannya mengenai produk yang dilepas. Bukan hanya pemahaman namun juga passionnya (gairah dan keyakinan) terhadap line-up MV Agusta. They truly have the believe…

Pada saat launching ini juga kami diperkenalkan dengan dua produk andalan MV Agusta.

F4 CC

tolong focus ke motornya saja

tolong focus ke motornya saja

F4 CC (Claudio Castiglioni – Manager MV), salah satu motor termahal di dunia (harganya hampir 2 miliar rupiah) dan diproduksi terbatas. Dari total 98 motor yang di produksi di pabrik MV di Milan dengan menggunakan tangan, Indonesia hanya mendapat 2 unit. Bro berminat? maaf keduanya sudah laku.

F4 CC ini beda harganya hampir 4 kali lipat F4 RR (top of the linenya MV). Completely a different animal, menurut bro Steven…

Mulai dari chasis, bodywork, suspensi, sampai ke mur dan baut betul2 dibuat dengan material yang berbeda: Titanium, carbon. 26 tenaga kuda jauh diatas ordinary (yg sebenarnya pun tidak ordinary) F4. Dengan bobot yang lebih ringan 10 kg.

Tapi yang mencuri perhatian dan pikiran saya selama launch adalah ini:

F3 800

The true symbol of beauty, speed and achievement. Hhhhhhh……

IMG_1430Dengan berat hanya 173 kg (seberat N250Fi, untuk perbandingan saja ya, karena kelas dan harganya ga comparable), bisa meledak tenaga sampai 148 HP atau lebih dari 5 kali lipat N250. Sangat compact, ringan dan bertenaga.

IMG_1468 IMG_1452

Tapi, menurut saya yang akan menjadi kekuatan F3 dan Moto8 dalam membangun segment pasar sendiri di Indonesia bukanlah ini. Bukan pada power atau speed. Para MV Agusta rider yang saya ajak ngobrol bukanlah para speed freak di circuit ataupun mad dragster.

Tapi pada dua elemen lain:

Keindahan dan Achievement.

Keindahan, ini menyeluruh. Tidak hanya pada pandangan, dan curve body saat kita sentuh namun juga pada pendengaran dan sensasi mengendarai mesin 3 silinder di atasnya. Di saat market ingin sesuatu yang berbeda. Sudah jenuh dengan 2 silinder dan 4 silinder? MV Agusta datang dengan sesuatu yang berbeda bagi market Indonesia: 3 silinder.

3 silinder adalah kompromi bagi mereka yang ingin torsi dari mesin twin silinder namun ingin batas RPM atas seperti 4 silinder. Ditambah dengan teknologi Torque Shift System yang akan membuat torsi maksimal di rentang RPM bawah-menengah sensasi tendangan tenaga akan punya karakter kurya yang cembung dan berbeda.

Achievement

Achievement dari dua hal. Bukan saja karena bisa membeli kendaraan dengan pricing position yang jauh diatas kendaraan ber-spek serupa produksi Jepang. Namun juga achievement for loving and riding MV Agusta. Utk berpikir kesana dan melakukannya.

Congratulation Bro Steven, Bro Yahya dan jajaran Moto8 lainnya. Selamat dan sukses meramaikan dunia otomotif di tanah air.

Kebayoran Lama-20131124-01301

Iklan

61 thoughts on “MV Agusta: Beauty, Speed and Achievement

  1. F3 800 370juta…F3 675 330jt..selisih 100jt dengan zx6r..teknisnya sih banyak beda dr spesifikasi..namun kyknya selisih ini adalah harga keindahan dan sejarah menurut ogut..hehehehe

    *garuk2 kepala

  2. bang leo maaf oot,,mau tanya dlu wktu pake fi, biarpun full tank bar digitalnya suka ilang 1 g? waktu saya tanya mekanik katanya normal klo digital,termasuk er6 juga gitu.

    penasran bang..mohon pencerahannya

  3. Akhirnya bisa ketemu Om Leo Verde hehehe…maaf ya kalau kemaren gak sempet ngobrol banyak, padahal kalau diskusi sebpertinya asik. some other time deh ya…

    MV memang Motorcycle Art…ada sesuatu yang beda dari DUcati…though i havent ride a Duc yet.

    eh foto sama Gunawan kok gak dipajang? wkwkwkkw….

  4. Ping balik: Update New Honda Megapro akan hadir 2-3 bulan lagi? | OTOMOTIF

  5. Very nice article Bro Leo… I have to say.. you have extracted the very essence of what MV Agusta is all about…. and put it in words so that people and fellow bikers/riders who untill this very moment haven’t had the opportunity to see or feel the bike in person can actually appericiate it even more.

    Feel free to stop by…. insyaAllah it wont be ribet anymore hahahaha

    • Thanks for the kind feedback bro..
      I still feel the article may not be able to represent the true value of MV Agusta to a full extent.
      It will be great if you could also do some exhibition in BSD-Alam Sutra area. The market is thriving there.

  6. Menurut saya harga yg mahal selangit tapi performa yg kalah dgn kompetitor jepang dan eropa yg lain hanya akan medapat malu bila ketemu dan kalah tancap dilampu merah

    • Mahal iya..tp kalah performa msh hrs dibuktikan..spesifikasi diatas kertas sih msh sgt bs bejaban sm moge jepang..tp balik lg ke esensinya spt kata ownernya beli motor mv agusta tujuannya apa?kalo sekedar nyari performa enak beli aja cbr600 dah paling bener..tp ya itu aja sih dptnya..kalo parkir barengan sm mv agusta jgn harap dilirik org..gw pribadi seandainya punya duit berlebih utk beli motor..gak ragu buang duit demi motor ini..

      Preferensi org lain2 ttg sebuah motor..dan pastinya setiap motor punya plus minus msg2..skrg tinggal tergantg minat,alasan dan uang aja mau milih motor apa..

      *msh garuk2 kepala smpe skrg liat foto2 F3 675

    • bener Bro Bebed, argumen yg pas menurut saya. Suka dgn tanggapannya. Salam kenal dan mari ngetjess berjamaah dgn masterpice ini..hahahaha..salam kenal.

  7. “Mv Agusta = Tinggalkan definisi sebuah motor sebagai alat transportasi” 🙂 Mending bwt pajangan dikantor ato di rmh aje!! 🙂 Kpincut ma F3 Oro nye!! 🙂

  8. kadang Biker membandingkan Motor=Perempuan.kelihatannya ada benarnya.kaum Hawa mati2 berusaha dan buang uang cuma mau meringankan badan,Motor yg beratnya lebih ringan dikelasnya rata2 juga lebih mahal.kalau Motor pakai material mahal,kaum Hawa sedot lemak.

  9. kalau cuma peforma yg dicari Nissan GTR sudah lebih dari cukup,buat apa beli Ferrari.kalau tas Samsonite sudah cukup(tahan banting) buat apa beli Louis Vuitton.tapi buktinya yg beli Ferrari dan tas Louis Vuitton harus indent malah ndak dapat jatah,beli tasnya keLuar Negri.

    • pakai foto buat wallpaperharus bayar royalty,itu karya cipta,bayarnya lebih rajin ibadah aja,supaya bisa sama2 dapat Pahala.cuma becanda.

  10. dliat dri samping blakang dan dri atas,tangkinya mrup cobra… Naek MV agusta srasa mnaiki ular cobra…. Sereeeeeeeeemmmm kaliiiiiiiii xixixixi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s