Menerobos Kepungan Kebakaran Hutan di New South Wales

Selamat pagi

Awalnya saya mengira engga bakal ada yang menarik untuk diceritakan selama bertugas di Sydney. Sampai kemudian ada satu kejadian — yang selama ini hanya kita saksikan di media — yang harus saya alami sendiri:  Bushfire.

Bushfire atau dalam bahasa sehari-hari kita adalah kebakaran hutan.

Apa sih perbedaan bushfire di Australia dan kebakaran hutan di Indonesia?

Di Indonesia kebakaran hutan umumnya terjadi untuk pembukaan lahan yang lokasinya cukup jauh dari kawasan pemukiman. Belum ada kawasan perkotaan yang terancam secara langsung oleh kepungan api dari kebakaran hutan ini. Gangguan umumnya dalam bentuk asap. Di Australia yang disebut dengn Bush adalah gabungan antara hutan dan padang belukar yang luas dan mengitari kota-kota di sepanjang pesisir pantai. Karenanya setiap kejadian bushfire dapat mengakibatkan ribuan rumah terjebak kepungan api dan muncul korban tewas.

Mengapa bushfire terjadi? Bisa merupakan gabungan sebab alami dan manusia. Namun yang jelas kombinasi musim panas yang kering (kelembapan hanya 30%) dan panas serta angin yang kencang menyebabkan kobaran api mudah menyebar dan meloncati area-area dalam waktu yang singkat. Mudah timbul dan berpindah-pindah.

Kemarin sore, sekembalinya saya dari sebuah penjara  sekitar 3 jam dari Sydney, saat di highway (jalan tol namun gratis), kendaraan kami dihadang oleh kemacetan yang cukup panjang. Macet di highway? Ada apa ini?

Bushfires Sth Highlands

photo: http://www.themercury.com.au – daerah Balmoral

Ternyata beberapa kilometer di depan terjadi bushfire yang menghadang dan memotong jalur perjalanan. Setelah 30 menit menunggu tanpa ada gerakan, kamipun mencoba keluar di exit highway yang kebetulan tidak jauh di sebelah kami.

Dengan tekad untuk menembus kebakaran hutan, kami mencoba semua akses jalan yang tidak atau belum sempat ditutup.

IMG_0967-001

Berita melalui radio memerintahkan evakuasi umum di area-area yang kami lewati.

IMG_0980-001

Balmoral ini adalah daerah yang kemudian ternyata terkena dampak kebakaran yang cukup luas.

IMG_0972-001

Semua penumpang diminta mengenakan seat belt karena kendaraan dipacu dengan kecepatan yang lebih tinggi untuk menerobos kepungan area api.  Suasana di dalam kendaraan menjadi lebih sunyi, kita semua berharap bisa lekas terbebas.

IMG_0963-001

Gambar diatas adalah saat melewati area yang masih terbakar dan sedang dipadamkan oleh petugas. Kebetulan area ini belum sempat di roadblock ketika kami lewat.

IMG_0960-001

Setelah hampir 1.5 jam melewati beberapa roadblock, kami beruntung akhirnya berhasil memutari area bushfire yang cukup besar dan kembali ke highway menuju Sydney.

IMG_1013-001

Setibanya di Sydney dan melihat berita di Media, kami melihat betapa meluasnya kebakaran yang kemudian terjadi di area-area yang kami berhasil lewati. Meskipun ratusan rumah diberitakan hangus, syukurlah sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa.

Iklan

13 thoughts on “Menerobos Kepungan Kebakaran Hutan di New South Wales

  1. Bencana d negara maju itu “enak”
    semua serba teratur, korban jiwa dan harta sangat minimal, yang luka2 pun terjamin pemulihannya.
    Coba Indonesia yg terkena bencana, semua serba kacau balau, dan tidak semua ter-asuransikan….
    (sedih) ane juga pernah mengalami bencana gempa Padang, semua urus sendiri…. Maaf ane Curcol

  2. wah bro leo ke aussie ngunjungi penjara?? jangan2 bro leo kerja di intel or interpol? kwkwkkwk..
    ckckckckk liat aja sudah dalam keadaan darurat di tol mobil masih antree tanpa serobot bahu jalan.. coba di indonesia, jangankan kebakaran, telat ngantor aja pada “kebakaran jenggot” semua serobot sana sini, lewat bahu jalan, full semua lajur..

    • oya bro tanya2 dikit neh, temen gw pake ninja 650. klo mo ganti ban belakang bisa ukuran 190 tanpa ganti velg dan ubah swing arm?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s