Review Z800 : Menyempurnakan 169 Juta Rupiah (Part 3)

Selamat sore Bro dan Sis,

Susah juga mencari waktu untuk merampungkan tulisan Part 3 ini hehehe maaf ya..

IMG_9395

Setelah hampir 2 minggu dan 450 km berusaha mengerti dan memahami kamu Z800, untuk memaksimalkan riding experience bersama Z800 menurut saya nih ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Windshield

Sulit dihindari, nampaknya memang perlu memasang windshield. Terkecuali Z800  rencananya hanya akan dibawa pada kecepatan maksimal 120 km/jam. Z800 memang bukan genre sport, namun pada kondisi-kondisi tertentu, mestinya kita ingin merasakan sensasi menuju top speed yang bisa dihadirkan kendaraan bertenaga besar ini. Bicara mengenai windshield, idealnya ada dua tujuan yang harus dipenuhi. Aspek fungsional yakni deflecting (menapis) angin pada kecepatan medium-keatas. Dan aspek estetika: memperkuat garis bengis dan mempercantik tampilan. Nah saat mencari dan memilih windshield, kedua faktor ini yg menjadi pertimbangan. Di Jakarta, paling tidak dari hasil ngubek-ngubek di beberapa tempat seperti Jiester, Anjany, One3 dan online store lain, windshield yang tersedia hanya dua: MRA dan Ermax. Sayang sekali lansiran Rizoma belum beredar.

ERMAX

Ermax

MRA

MRA

Rizoma

Rizoma (foto2 selanjutnya dr website Rizoma)

Fullscreen capture 8232013 65523 AM

PUIG (foto dr website PUIG)

Windshield pada naked tentu tidak akan bisa seefektif fungsi full fairing pada sport dalam men-defleksi-kan angin ke arah atas. Kalau dilihat penampakan di atas nampaknya MRA lah yang paling baik defleksi nya. Sayangnya stylenya “engga banget” kalau dipasang di Z800. Kalau istilah Benny One3 yang menjual “jadi keliatan terlalu touring”. Sementara itu Ermax dengan model bersiku tajam, memang kelihatan lebih beringas namun saya ragu bersiku2 seperti itu justru membuat flow angin tidak mulus dan turbulence di kita. Mungkin ada testimoni yang berbeda?

Sejauh ini, menurut saya, Rizoma lah yang nampaknya sekarakter dengan Z800. Dan ternyata saat saya membuka website Kawasaki Europe memang ada kerjasama dengan RIzoma untuk melengkapi jajaran aksesoris Z800.

8Untuk alternative PUIG juga menghadirkan windshield yang masih senada dengan jiwa Z800 dan nampaknya menawarkan perlindungan terhadap angin yang lebih baik ketimbang Rizoma.

2. Knalpot

Seperti yang saya tulis di part 1, knalpot standar menurut pendengaran saya tidak mewakili karakter keseluruhan motor. Ini seperti bertemu Ade Rai tapi dengan suara Yuni Shara. Saya tidak mengatakan suara knalpot standar jelek lho. Yuni Shara suaranya jelas merdu. Di market sebenarnya ada beberapa pilihan yang tersedia, bisa dipirsa di cuplikan youtube dibawah ini.

Akrapovic

two brothers

Leo Vince

Yoshimura r77

Saya sendiri merasa lebih cocok dengan deruman Akrapovic. Nomer dua nya Yoshimura.

Bagaimana, mana yg cocok utk selera Bro dan Sis?

3. Kaca Spion

Untuk ukuran motor seharga 169 juta, kaca spion Z800 terlalu cupu. It does not inspire.

IMG_9430Perlu digusur dan diganti dengan yg lebih baik material, finishing dan jangkauan visualnya. Mungkin Kawasaki juga sudah menyadari, percuma juga pasang yang bagus karena biasanya bakal diganti dengan yang aftermarket. Dari yang tersedia di market, saya belum menemukan yang terasa pas. Rizoma sangat stylish dan baik finishingnya, sayang jangkauan visualnya terbatas.

rizoma-cartella-stampa-eicma-2012-rizoma-z800-handlebar-001 Fullscreen capture 8222013 111450 PM-001

4. Penyesuaian Berat dan Tinggi [optional]

Saya tidak merekomendasikan melakukan perubahan disini karena akan berpengaruh pada handling. Jika Bro dan Sis cenderung ringkih dan tinggi dibawah 170 cm, saatnya untuk mulai melatih otot-otot dan membeli sepatu riding yang tinggi.  Atau membeli motor lain. Tapi kalau tetap ngotot ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Mengganti profil ban dengan yang lebih rendah satu tingkat
  • Memapas jok motor supaya tidak terlalu tinggi dan lebar
  • Menurunkan shock depan (perlu mengganti stang atau memasang raiser stang)
  • Mengaplikasi lowering kit pada suspensi belakang

Kata Akhir

Tidak banyak sebenarnya yang perlu dirubah dengan Z800 ini. Jika anda mencari kenyamanan berkendara dari sebuah motor naked 4 silinder, anda (dan uang anda) sudah berada di tempat yang tepat bersama Z800. Hal-hal lainnya diatas hanya bersifat menyempurnakan.

Jika itupun tidak memuaskan, mungkin Z800 memang bukan motor yang tepat untuk anda.

Fullscreen capture 8222013 111313 PM

Iklan

47 thoughts on “Review Z800 : Menyempurnakan 169 Juta Rupiah (Part 3)

  1. ajib pertamaxxx… Kata2 terakhir yg paling menyentuh pak leo, z800 memang tidak cocok untuk saya. Karna memang kantung saya gak bisa menjangkau joknya yg terlalu tinggi

  2. udh Pa Leo beli aja nih mtr **kompormeleduk wkwk rejeki Pa Leo di mtr kyknya bagus bgt ya, knalpot ninja dpt,helm bagus dan murah dpt,test ride mtr gede dpt… Subhanallah,mantep!! reviewnya keren..

  3. Yg ditunggu2 akhir nya nogol… Heee… Mas aq tambahin asesoris lain mungkin ketinggalan spt frame slider puig (layz motor hrg1,5 jt), ada juga rizoma dan asesoris lampu stop belakang sekalian lampu sein… Kl knalpot ada jg scorpion rp 1 gt (banyak pakai anak2 motor malaysia khusus z800) dan ada banyak lagi… Hee maaf itu semua yg aq tau…
    Mas ditunggu part 4 ya… sekalian di bandingkan harga dgn motor lain misalnya zx6r seken atau ducati monster seken….

    • Iya review kalpot scorpion pas ga nemu yg kedengaran jelas suaranya di youtube.

      Thanks a lot utk sarannnya Bro, yg saya sarankan memang parts yg berhubungan langsung dg riding experience. Makanya frame slider atau proguard ga masuk..

  4. artikelnya bagus,biar jarang2 keluar tapi puas bacanya.barusan PPNBM dinaikan apa KMI ada merevisi harga(naik),bila belum saatnya beli.dengar2 kenaikannya mencapai 50persen jadi nantinya diatas Rp240jt.

  5. Woooooiiii ppnbm naik untuk kendaraan cbu… Kl ppnbm naik otomatis harga z800 naik… Ambil motor eropa aja kl naik harga di atas 200 jt… Misal ducati monster 795 atau mv agusta brutale 675… Heee… Bgmn kawasaki… Pasti komsumen lari ke motor eropa….

  6. kebetulan pajaknya bukan FB merk tertentu,jadi ndak pandang bulu,motor eropa yg harga Rp300jt akan naik jadi sekitar Rp450jt.bersyukurlah bagi yg sudah punya motor besar atau mobil mewah.kalau ada barang bekas(motor/mobil CBU)yg belum naik,saatnya beli.

  7. Mas leo mau tanyak niii… Mas kl motor baru injeksi kita ganti knalpot racing tp kita g seting ecu bisa g (mantap g untuk power nya)… Seperti artikel mas leo bilang cuma copot kabel aki pasang kembali baru pasang knalpot racing (maaf kl ada salah)… Mas kl kita ganti knalpot racing di motor baru injeksi jarak tempuh kilometernya di bawah 300 km boleh g…

    • Ga ada batasan minimal brp KM cuma kalau saya lebih prefer membiasakan diri dulu dg knalpot/piranti standar sebelum pakai aftermarket. Ya resetting ecu begitu caanya

  8. Motor yang 250cc aja dimodifikasi supaya badannya terlihat besar seperti moge,
    tapi ini ( z800) moge 800cc koq ukurannya badannya masih terlihat kecil ya Om. Apalagi kl yang naik tinggi badan sekitar 178-182cm.
    Mohon pencerahannya.

  9. Woooiii ada kabar baik nii untuk sementara waktu ppnbm naik g pegaruh sama penjualan moge terutama kawasaki (kata kang haji taufik udah dikonfirmasi ama maneger marketing kawasaki).. Buruan wooiiii beli terus moge nya jgn tunggu ppnbm naik u moge….(kl ada dana ya) heee….

  10. apakah z800 hanya untuk orang yg punya postur tubuh gemuk saja kah? dan gimana dengan yang kurus dan langsing apa tidak cocok pakai ni motor?

  11. trmakasih atas i fonya mas…sangat memberikan informasi bagi yg awam kaya saya hehe…mau nanya mas…untuk lowering kits nya dikatakan mempengaruhi handling…bisa mohon diperjelas bagaimana dan untuk keamanannya kira2 gimana..maksudnya keamanan disini untuk motornya sendiri apa mempengaruhi daya tahan sparepartnya?….terimakasih mas….suskses selalu…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s