SIM Khusus Diwajibkan Untuk Moge – Setujukah Anda?

moge4 moge3 moge2

Kecelakaan fatal yang terjadi cukup beruntun pada pengendara moge menggulirkan  kembali wacana diwajibkannya SIM Khusus bagi Moge, SIM C1?.

Salah satunya dari Agg DPR  bidang Transportasi Saleh Husin, SE, M.Si mengungkapkan kesetujuannya terhadap penerapan ini. “Jika memang telah dilakukan penelitian menyeluruh, penerapan pembedaan SIM ini bisa meminimalkan dampak negatif, mestinya pemerintah dalam hal ini Kemenhub dan Polri harus segera menerapkannya. Bisa dengan Peraturan Pemerintah tak perlu mengubah Undang Undang yang ada. Kami dari DPR akan mendukung upaya itu,” kata Sekretaris Fraksi Partai Hanura itu.

Beberapa pakar safety riding seperti Tomi Ernawan, Joel D. Mastana, Made Surya, Jusri Pulubuhu juga berpendapat aturan bagi pengendara Moge harusnya lebih ketat dbandingkan motor bebek atau skuter biasa.

Dengan bobot yang rata-rata diatas 200 kg dan power yang diatas 60-160 HP (8 sampai 15 kali lipat tenaga motor bebek) tentu dibutuhkan keahlian dan pengalaman yang khusus. Sama seperti pembedaan SIM A dan B bagi kendaraan beroda 4 atau lebih.

images

Saya bulan lalu ikut mengadakan ujian SIM kolektif dan saat menyiapkan lokasi ujian praktek bersama rekan2 satlantas Tangerang mencoba beberapa jenis motor. Pakai Supra X125, Mio, Beat dan Bianka (Ninja 250). Luar biasa bedanya.

Padahal Bianka hanya seberat 172 kg dan powernya 29.4HP, sama sekali bukan moge dan tentunya handlingnya tidak sesulit Moge.

Saya sendiri setuju sebenarnya dibutuhkan SIM khusus utk Moge (CC diatas 400cc, batasan ini open to debate)

Kenapa? Karena meski beroda dua, Moge tentu membutuhkan keahlian berkendaran yang berbeda. Skillnya berbeda ya wajar kalau ujian yang ditestkan berbeda.

TAPI

selama proses mendapatkan SIM tidak mengalami perubahan (mudah ditembak, ada kesan ujian dipersulit dll) wacana SIM Khusus Moge sama saja menyiramkan minyak tanah pada api yang berkobar. Tujuan dari SIM Khusus Moge ini, yakni menjamin standar minimum keahlian pengendara moge, tidak akan tercapai.

Iklan

21 thoughts on “SIM Khusus Diwajibkan Untuk Moge – Setujukah Anda?

  1. sebatas wacana saja pak leo.. Kalaupun ada PP dan UU nya pastinya bisa didapat dengan mudah. beli motor guede aja sanggup kok, masa mau nembak sim gak bisa… Ckckckckck (this is indonesia. Kalau bisa dipersulit knapa harus dibuat mudah.. Dan kalau bisa dibuat mudah kenapa harus dipersulit.. Itulah hukum indonesia)

  2. Setuju banget, bagi yg biasa naek bebek/matic 150cc kebawah, dan belum pernah naek motor cc besar tenaga 60hp keatas suka anggap enteng sama ajalah cara naeknya. Pernah sekali waktu ada temen bisa dipinjem er6n, krn udh beberapa bulan naek ninja fi, jadi muntir gasnya sedikit lebih halus daripada dgn ninja fi.
    Berbeda dgn rekan yg seumur2 naek motor tenaga pol 11hp, langsung betot yg berakhir dgn muka pucet dan jantung si empunya er6 jdug…jdug…kwatir motor kenapa2. Jadi memang sim C khusus diperlukan, jd kl ada yg mau nyoba motor besar tinggal bilang ‘punya sim C khusus ga bro?’
    Motor apa ya yg dipakai buat Test sim C khusus di polres?

  3. sejujurnya aja sih,, utk urusan sim moge agak kurang setuju,, bukannya tdk ingin ada program ini,, tapi takut saat pembuatannya secara benar (tanpa ada bantuan) sengaja dipersulit oleh beberapa oknum,, mungkin trkesan negative thinking yaa, tapi emang kdg ada hal2 yg seprti itu terjadi,, dan tkutnya mentang2 bawa moge biaya proses pembuatannya sengaja dibesarkan nilainyaa, mending klo bisa lgsung lulus, klo nyatanya tdk lulus padahal yg seharusnya lulus secara wajar gimana??

    http://mottobiker.wordpress.com/2013/05/06/triumph-street-triple-r-2013-sangar-jugaaa/

    • Keraguan yg sama. tapi Coba lihat ada begitu banyak kebijakan yg baik di Indonesia yg tdk jadi dijalankan atau Tdk berjalan semestinya krn sikap mental kita yg mudaj menyimpang

  4. Baru aja saya perpanjang SIM C saya, tinggal isi formulir serahin fotocopy KTP & SIM lama, trus foto cepret langsung jd. Untuk urusan SIM ini perlu dibenahi menyeluruh, lha moke (motor kecil) jg tiap hari buanyaak yg kecelakaan.

    Setelah setahun pake ER6F saya sudah mulai terbiasa sekarang. Sekalipun sebelumnya cukup lama pake N250 tetep saja butuh penyesuaian cukup lama utk terbiasa dg moge. Kalaupun diberlakukan pembedaan SIM moke & moge, kalau prakteknya msh spt sekarang yaa sami mawon..

  5. saya sangat setuju dengan adanya sim khusus buat moge di karenakan cara mengendarai moge sangat berbeda dengan motor setandar, akan tetapi dalam pembuatan sim tersebut tidak ada unsur manipulasi karena menggunakan moge lantas ada biaya khusus pelancar urusan di sebabkan pemakainya berduit ( ma’af sifat pesimistis saya ini) ini tidak dapat mengatasi masalah secara tuntas karena tidak ada bedanya dengan sim motor biasa …^_^

  6. bikin sim C biasa aja uda dipersulit (pengalaman pribadi), apalagi yang khusus? apa oknum2 ga bakal meres duit orang2 yang mau bikin SIM khusus tersebut? secara logika saja, orang yang mau bikin SIM khusus ini pasti punya moge, dan moge aja harganya mahal. otomatis hanya orang2 “high” yang bisa beli moge. kesempatan ini ga bakal disia2in sama oknum, mungkin terkecuali para pejabat yang mau bikin.
    Jangan berpikiran negatif dulu gan!
    lah, prakteknya sudah terjadi kan sekarang toh di masyarakat. uda ga bisa dipungkirin lagi. iya ga? ahhahaha

  7. Kepada rekan Biker, Saya sangat SETUJU, dengan syarat…pengurusan pembuatan SIMnya sudah dilakukan dengan cara Online dan pihak yang menguji nya bukan dari Internal samsat ataupun kepolisian. Karena selama pengurusannya masih sprti saat ini…tidak dilakukan oleh pihak ketiga, maka mau SIM A,B…sampai Z, juga ga akan ada gunanya…hanya sebuah formalitas dan menjadi bentuk kemunafikan peraturan saja. Ingat bung..semakin banyak aturan..akan semakin memberikan banyak peluang bagi para cecunguk yang mengaku “abdi negara” untuk berbuat busuk. saya tidak pernah percaya dengan mereka. Kecuali mental mereka sudah seperti para abdi negara yg ada di Singapore.

  8. Saya kira akan percuma diadakan sim c khusus moge, dilapangan tidak akan jauh berbeda dgn sim c biasa, berapa banyak yg punya sim c tp tidak mumpuni skill mengendarai motornya? Banyak bro, tetapi toh mereka tetap bisa memperoleh sim c dgn berbagai cara, sekarang apa bedanya dgn sim c khusus moge, apa yakin yg bisa memperolehnya pasti memiliki skill yg mumpuni mengendarai moge? You all know the answer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s