Penipu Mengaku Dokter Jantung – Ninja 250 FI Melayang

Sungguh miris mendengar cerita seorang member Ninja Injection Owner yang baru saja kehilangan Ninja putih barunya yg berumur 3 bulan.

imageBagaimana ceritanya?

image

Yang saya pahami, Bro Welly ini bersama sopir pelaku datang ke Rumah Sakit Harapan Kita membawa motornya. Sang “dokter” kemudian meminta nomer rekening dan kemudian masuk/pergi utk melakukan transfer. Kemudian sang “Dokter” keluar menunjjukan bukti transfer (via transfer dg kertas thermal yang biasa dicetak di mesin ATM?). Melihat bukti transfer Bro Welly merasa transaksi sudah selesai dan terjadi serah terima barang (beserta semua surat2nya mestinya). Namun saat dicheck (via ATM, bukan dengan mobile/internet banking saya duga) ternyata tidak ada transfer masuk. Yang artinya bukti transfer dipalsukan. Saat kembali, sang Dokter maupun Ninja sudah tidak ada.

Bro Welly kemudian memberitahu rekan2 NIO via group FB. Slah seorang member, Bro Bobby sempat melihat motor tersebut melintas di Pancoran Dn memberitahukan Polantas yg bertugas. Namun kemudian kehilangan jejak atas motor tersebut.

Saya sungguh sungguh prihatin dengan kejadian tersebut. Saya juga pernah kehilangan sepeda motor dan bisa merasakan kondisi batin Bro Welly. Dan mungkin ada pembelajaran yang kita bersama bisa ambil:

1. Sebaiknya bertransaksi jangan sendirian, untuk mencegah upaya gendam/hipnotis ataupun kekerasan fisik lain. Ajaklah teman/saudara yg bisa tetap awas dan tidak terbawa emosi saat jual beli. Karena transaksi melibatkan dilepasnya kendaraan milik kita, sedikit banyak faktor emosi (sedih, nervous, atau malah excited dll) muncul. Belum lagi krn ada uang yang akan kita terima.

2. Jangan percaya dengan bukti transfer sebelum kita mengecheck sendiri kehadiran uang tersebut di rekening kita. Saat ini hampir semua dokumen bisa dengan mudah dipalsukan, termasuk bukti transfer yang dicetak oleh mesin ATM.

3. segera laporkan kejadian tersebut kepada kepolisian setempat. Dengan berbekal Laporan Polisi, sampaikan permohonan blokir perpanjangan ataun balik nama kendaraan kepada samsat.

Semoga Bro Welly lekas diberi penggantinya yg lebih baik oleh Sang Maha Adil.

Iklan

41 thoughts on “Penipu Mengaku Dokter Jantung – Ninja 250 FI Melayang

    • terima kasih banyak Bro untuk simpati dan bantuannya.
      Saya ga tau apakah pelaku masih akan pakai plat nomer yang sama.
      tapi dugaan saya dengan surat yang lengkap tidak sulit harusnya untuk menjual ke pihak ketiga. perlu memantengin iklan nih,

  1. untuk bro welly sy turut prihatin, semoga motornya segera ditemukan… Ini adalah pembelajaran untuk kita semua, agar selalu waspada pada saat melakukan transaksi besar. Apalagi kita tidak tahu seluk beluk calon konsumen kita. Bukannya kita kurang kepercayaan pada calon konsumen kita, tetapi kewaspadaan itu sangatlah penting….. (bang napi ngomong “waspadalah!! Waspadalah!!)

  2. kalo menurut saya jelas pemilik motor kurang hati2. .ceroboh. . . harusnya lgs aja trnasfer ke bank lgs, dan setelah bener uang masuk baru dokumen dan motor diserahkan. . . .

  3. sebenarnya gaya penipuan yang tidak canggih2 amat. . .hanya faktor kecerobohan pemilik motor yang punya faktor besar atas peristiwa ini. .

  4. biar dia ubah ke samsat dulu,jd bisa dilacak gan. cm opini. kalo ditutup/blokir otomatis ga bakal nemu. karna ga smua polisi itu jujur. kadang ada oknum. kalo dibalik kan ada datanya.
    kalo diblokir bisa aja tersangka dilepas gt aja dg ritual salam tempel.

    • Kalau nilai uangnya sampai 50 juta malah riskan sekali Bro.
      Masing2 tidak bebas resiko.

      Saya thn 2001 saat jual tiger transaksi dilakukan di ATM. 12.5 jt rupiah gede banget waktu itu buat saya. Ada teman yg jaga di motor, saya dan pembeli masuk ke atm. Setelah dia menunjukkan slip transfer gantian saya yg ngecek di rekening saya. Sudah masuk uangnya baru serah terima.

    • 50 juta kontan? -___-” mau diitung satu2?? kalo duit palsu?? mending transfer.. toh sebenere tinggal ngecek via sms banking,. ato ke atm.. beres…

  5. weleh kasian sekali nasib bro welly, saya turut berduka atas kehilangan ninin putih nya.. semoga ada balasan yg setimpa… untuk pak leo, wah kita se domisili nih 😀 saya di bsd tepat di belakang bsd square.. dekat yaa..

  6. Turut berduka… Misal masih rezeki, insyaallah bakal ketemu…

    Pengalaman kerabat jual beli barang berharga semacam motor / mobil sih biasanya lebih aman si pembeli disuruh datang ke rumah aja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s