Bunuh Diri Karena Tidak Dibelikan Ninja 250 FI

Selamat pagi Bro dan Sis

Di BBG NIO kemarin sempat dibahas satu topik yang memprihatinkan.

20130329-071635 AM.jpg

Seorang kenalan bro Chandra, member komunitas NIO, karena permintaannya untuk dibelikan Ninja 250 FI tidak dipenuhi orang tua melakukan aksi bunuh diri.
Almarhum sudah berkali-kali meminta Ninja 250 FI namun tidak dipenuhi orang tua karena uangnya tidak ada. Sampai2 almarhum sempat mengancam akan menjual mobil yang ada. Keesokan harinya ybs ditemukan meninggal bunuh diri.

20130329-071716 AM.jpg

Satu cerita yang sungguh menyesakkan. Sangat disayangkan satu2nya harta kita yang paling berharga: nyawa, melayang hanya karena ingin memiliki sepeda motor.

Ternyata ini bukan kasus yang pertama, ada juga kasus bunuh diri serupa di Purworejo oleh siswa SMP.

http://nasional.berita21.com/2013/hukrim/tak-dibelikan-motor-siswa-smp-bunuh-diri.html

20130329-071923 AM.jpg

Salah Siapa?

Orang tua?
pengaruh teman2?
Kawasaki Ninja?
Klub motor Ninja yg suka nongkrong atau pamer?

Orangtua mungkin cukup berada, punya mobil, bukan persoalan tidak ada uang, mungkin ada pertimbangan lain.

Bro Yudie dalam diskusi mengatakan mungkin memang sudah ada masalah yang cukup panjang sebelumnya di dalam keluarga.

Menurut saya sendiri:

Β 

Emosi yang begitu labil sehingga memutuskan bunuh diri justru pertanda bahwa almarhum sebaiknya tidak dibelikan sepeda motor yang bertenaga cukup besar. With great power comes responsibility.

Saya meyakini, banyak yg ga setuju mungkin ya, sepeda motor seperti Ninja sebaiknya dimiliki dengan mengandalkan kerja keras dan upaya kita sendiri. Ketekunan dan determinasi untuk menabung dan memiliki itu yang akan mematangkan kita sebagai rider atau owner.

Saya menahan diri untuk tidak membeli Ninja dulu thn 2008 krn menunggu kelahiran putra kedua dan bisa memiliki sepenuhnya mobil dan rumah sendiri meski seadanya. Dengan sabar menahan panggilan dan godaan yang muncul tiap kali di jalan, bahkan kadang2 celaan dari teman (loe kayak beruang sirkus loe naik motor kecil begitu) hehehe. 4 tahun broo 4 tahun *lebayyy….

Saya tidak mengatakan bahwa yg sekarang memiliki Ninja karena pemberian orang tua tidak memghargai nilai kendaraan dan respectful dalam mengendarai. Namun tetap, penghargaan akan tetap lebih muncul jika itu adalah hasil usaha. Beli sendiri tapi jika uangnya tidak halal atau hasil meras dealer juga ga keren sama sekali.

Iklan

91 thoughts on “Bunuh Diri Karena Tidak Dibelikan Ninja 250 FI

  1. sampai kayak gitu ya, entah mau bilang itu orang bodoh atau apa….hanya karena motor….cupet nalar. Tapi emang betul yah…bawa motorpun rasa bangga kalau hasil kerja keras sendiri

    • anak pndek akal,cekak fikiran

      dlu wktu msh skolah gk pny mtor,pngen tp tau kondsi ortu gk da rjeki n stiap hri hrs rla naek bus.
      stlh dah kerja pnya tkad yg bsr buat beli motor sndiri nbung nbung n trs nbung,akhirnya mtor prtma saya karisma sya beli gres tunai!! bangganya hsil keringat sndri.
      smp skrng sdh lima kali gnti mtor tp si karisma msh sya pertahanin smp skarang n skrang lg mngincar sang mtor idaman,NINJA.
      buat para lelaki sjati brusahalah sendiri jgn nyusahin ortu n buatlah mreka bangga!!

  2. Setuju apa kata kawan2 di atas…rasanya seneng aja bisa beli sendiri, sebenernya Kawazaki Ninja bukanlah motor impian…berhubung nggak kuat beli Harley-Davidson ^_^
    Setelah melihat Kawazaki Z250….langsuuung saya jatuh cinta….sampe2 rela nginden 2 bulan lebih, itupun nginden di Yogya..berhubung saya kerja di Bali.
    Sampe ngimpi ngimpi sendiri….aaah, hidup terlalu pendek kalau hanya menuruti keinginan yg terlalu buanyak…
    Kuncinya cuma I K H L A S

  3. Wahh ngeri ya om kalo gini.. tp emang gengsi besar itu yg tinggi, apa lagi anak ABG .. Wong org tua aja gengsi sama tetangganya kalo cuma beli motor second.. Bener ga om? Salam kenal πŸ˜€

  4. Semoga si terima amal baiknya, semoga…
    Sudah terjadi mungkin artikel ini jd pelajaran buat mereka yg sudih mengancam orang tuanya untuk benda yg diinginkan

  5. Maap nih mau crita dikit pak leo. Kalau pak leo ngidamnya dari 2008, sy mah dari jaman sma(2004) udah kepengen bnget tuh. Waktu itu msh jamanx ninja rr, tp gk tega lhat org tua kl mau minta. Set kuliah hampir klar dibliin scorpio(2009), pas udah kerja ngumpulin duit untk bli ninjaku sndiri. Akhir 2012 ketebus jg tuh ninja, alhamdllah pake duint sndiri. Tp ngerih jg lihat kasus yang pak leo bawakan tuh

  6. masih labil gtuh mnta ninja,,ga yakin bisa ngisi bensin yg sesuai deh πŸ˜€ apalagi ninja ga efisien buat harian (bagi yg ga berpenghasilan cukup),andai d beliin pun cuma nyusahin org tua πŸ™„

  7. saya nahan diri pingin ninja dari SMA, setelah hampir 15thn akhirnya memberanikan diri kredit N250FI… Hahahhhahaha

  8. Sama om ..aq sejak SMA pengen motor ninja,krna org tua g mmpu akhirnya terima aja GL Pro seken,i2 pun sring ngadat,lma2 mikir gini “aq g kn bangga naikin motor atwpun mobil bagus klo i2 cma pmberian ortu,mnding pake motor rombeng tapi hasil kringat sndri ..alhamdulillah stlh 2thn krja akhirnya mampu beli sndri motor impian sejak sma .. Ninja 250FI wrna putih ..sumpah rasanya bener2 bangga sx ..motor prtama hasil keringat sndri motor impian pula …hehe

  9. Lah elaaaaa, begitu aja bunuh diri, bukannya cari kerja sampingan terus nabung, gue malah lebih pahit, duit hasil jerih payah gue sendiri untuk beli motor dah terkumpul untuk DP-nya, ketau-an sama ortu, malah di embat duit gue kagak di balikin dengan alasan lagi butuh duit (penZHoliman abis-abisan orang tua terhadap anak ini namanya), hayuk sadiz san mana ortu loe sama ortu gue?… sampe gue akhirnya pake cara pinjem duit temen, nah kalau pake cara gini ortu mau ngak mau kagak bakalan bisa embat duit gue, wong beli motornya hasil ngutang dari temen….., mental Biker itu di awali dari usaha buat belinya, kalau minta motornya aja dah alay, apalagi bawa motornya nanti…., feel sorry about the death, but no respect for it’s purpose….

  10. sungguh terlalu…emang sih cita2 yg tinggi tp kl g ksaampean khn sakit jatuh’y..kl kt gw dr kecil gantunglh cita2 stinggi pintu g usah tinggi lh,kl gde ntr khn bs d raih..gw jg sama dl swktu SMA thn 2002 pngn bgt tuh pnya ninja(dl liat ninja L lampu bulet pnya tmn wuuih jozz gandoz) tp apa daya brgkt sklh pn cm bs jalan kaki ber kilo2meter jauh’y..uang jajan pn g prnh minta k ortu,bt apa mbebani orang tua pikir gw..nah stlh krja 5thn an alhmdllh cita2 kcapai..2x punya mtr..hehehe..prtama jupi burhan 2007 cash..n skrg ninja L 2010 tp kredit..hihihi g pa2 lh 2x lg lunas..step by step jgn trllu muluk dl..hasil keringet sndiri ttp paling nikmat..tak ada bantuan sm sekali dr ortu..sepeserpun g ada..maklum org perantauan,mikir cita2 jg mikrin makan bt sndri jg ngasih k ortu..skrg lg nabung bt minang wanita idaman..intin’y kerja keras,usaha dn doa..brgkt dr nol g mslh yg pntng krja keras..sory kpnjangan om leo..lam kenal,keep brotherhood n safety riding

    • Amin semoga Bro Ghooz senantiasa dilimpahi berkah dan rezeki. Dan semoga rencana mulianya berkeluarga dilancarkan dan diberi kemudahan oleh Allah.
      Biarlah dari perkawinan itu kian mengalir berkah bagi Bro Ghooz dan keluarga. AMin,
      Salam kenal juga Bro..

  11. Dikira gampang kali nyari duit 50 jt…. ga tau sang ortu harus baanting tulang untuk menghidupi keluarga…. Setelah bunuh diri apa bisa dapet motor impian di akherat? yang jelas bunuh diri adalah tindakan sangat tercela…. neraka hukumannya.

  12. Jujur aja.
    Saya selalu di belikan Motor sama Orang tua saya. Storynya :
    SupraX menjadi hadiah saat Rangking kelas 1 SMP,
    Kharisma 125 saat kelas 2 SMP nya
    Ninja R Hadiah saat Lulus SMP,
    dan CBR 150 Thailand Saat Lulus SMA,
    Sampai Akhirnya Ninja 250R saat saya sudah berjalan 2 Tahun Kerja + Kuliah,
    Dan baru awal bulan kemarin Di belikan Ninja 250 FI sesaat setelah Wisuda dengan IPK 3,15.
    Satu hal.
    Saya tidak pernah meminta. dan Unit motor yang terjual pun selalu saya serahkan untuk di jual dengan IKLAS apabila orang tua saya sedikit terbentur masalah keuangan. Tapi semua hadiah itu datang dengan sendirinya, dan di gantikan dengan yang lebih bagus setiap kita membanggakan Orang tua.
    Dan saya harus menjadi orang tua seperti itu untuk Anak saya kelak.
    Sekarang saya memang sudah mampu mencicil motor.
    Tapi Rumah lebih penting dalam pikiran saya untuk siap-siap menjadi keluarga yang mandiri.

    ‘Semoga segala dosa anak yang bunuh diri itu di maafkan dan orang tua serta keluarganya juga iklash dan memaafkannya..’

    • Aminnn.
      Thanks sharingnya Bro.
      Dibelikan motor bukan berarti buruk. Bagaimana sikap mental kita terhadap motor itu yang penting. Apalagi Bro skrg sdh mulai mandiri ya

  13. Ping balik: bunuh diri karena tidak dibelikan sepeda motor | PERTAMAX GAN_tapi belinya cukup premium ^_^

  14. Saya mewarisi vega 98 ortu saya mulai 2005.
    Hingga kini masih menjadi motor satu2nya yang saya punya (istri sudah punya sebelum ketemu ane, hahaha).
    Intinya sadar diri dan selalu melihat ke “bawah”.
    Memang pergaulan itu pisau bermata dua!

  15. Wohhh, saya lebih lama lagi Pak Leo, ngidam ninja 150 dari SMA tahun 2000, soalnya ngeliat temen yg bawa ninja cewenya cakep2x. Tapi apa daya ortu tak mampu.
    Dalam hati saya bertekad akan bawa ninja waktu lulus dan reunian nanti
    Akhirnya 2012 kemarin kebeli juga Ninja 250R Fi, setelah sebelumnya nikah dan punya rumah sendiri, puas banget, 12 tahun nunggu coyy… Walaupun akhirnya mesti berpisah sementara (dijual) karena mesti ganti ke mobil demi anak yg baru lahir πŸ˜€

    Entah bagaimana kalau dulu sampai ngancem minta ninja, mungkin bakalan ngga belajar, pacaran mulu, nyusahin ortu, dan ga bisa seperti skrg

  16. saya sudah 5x beli sendiri motor baru dan 3x beli mobil baru,tapi maaf sy sama sekali tdk merasa bangga karena itu tercapai karena keberuntungan saja,sebab jika anda sdh bekerja keras dan belum mendapatkan hasil mungkin karena anda belum beruntung dan masih banyak saudara kita yg masih seperti itu. jadi jgn anda sok menghakimi karena bisa saja peruntungan anda hilang di masa datang. so akhirnya saya mengucapkan berbela sungkawa atas kejadian diatas,semoga tuhan menerima amal ibadah dan mengampuni dosanya.

    • betul betul… tak selamanya dibeliin ninja 250 fi dapat melahirkan hal hal negatif, bisa saja justru lahir semangat hidup yang menggebu gebu ke yang positif,

      so klo anaknya punya kebiasaan kurang disiplin (negatif) dalam menggunakan motor wajar saya tidak dibeliin, tapi klo anaknya punya kebiasaan disiplin dalam menuggunakan motor plus orang tua mampu membeli ninja 250 fi, yah apa salahnya dibelikan, klo orang tua berpikiran yakin terhadap anak maka selamatlah anak, dan klo orang tua yakinnya cuma si anak akan jatuh dari ninja ya pasti jatuh.
      turut belasungkawa….

  17. Dulu waktu SMA(tahun 2000) ada kaka kelas yang pake Ninja S ijo, beh…lansung kepincut dah, tapi mo minta ma ortu juga ga mungkin, bisa sekolah saja dah untung. Akhirnya lulus tahun 2002, cari kerja 1tahun baru dapet, 2003 kerja ampe 2005 akhirnya kebeli deh Ninja R walaupun bekas…bangga waktu itu, tongkrongan sendiri, tapi sekarang ada sedikit penyesalan juga…jika waktu itu duit 15jt buat beli tanah dikampung(SUMSEL), dapat 2hektar, tanaman karet pasti sekarang mau ganti ninja tiap tahun pun bisa. Tapi ya sudahlah, semua ada hikmahnya.

  18. Turut berduka dah smoga dengan adanya artikel ini bisa membuka mata alayers yang menyebar di seluruh pelosok Indonesia.
    Jujur ane sekarang sebetulnya kepincut sama Ninja 250 fi dan Z250 apalagi kalo Yamaha udh nelorin 250 fairing, waaaah tambah ngiler (nahan napsu)….tapi gatau kenapa ortu kok malah beliin mobil heuheu mana ngisinya pake petromax lagi, padahal sebetulnya tujuan ane minta ninja buat ngirit sama lancar dijalan, tetep gak dibeliin….itu jalan pemikirannya ortu ane gimana ya pak Leo kok mbingungi gini??? heuheu masak kuliah tiap hari naik mobil lha ini kaki keburu buntung sebelah nahan kopling (T_T)

  19. saya bisa lunasin kreditan si “jupe sexeh” aja dah bersyukur banget. walaupun sekarang tergoda r15 tapi saya tahan dulu karena masih ada misi lain yaitu mendirikan rumah terlebih dahulu. lagipula sebentar lagi anak sudah saatnya sekolah, entah mampu atau tidak nanti dalam meminang si “R”
    ini harusnya bisa dijadikan pembelajaran bagi anak2 muda jaman sekarang….

    btw, nitip memorian ya mas… siapa tahu masih ada yg ingat film jaman dulu ini
    http://ferboesrichardson.wordpress.com/2014/04/09/memorian-tokyo-love-story/

  20. Setuju s x broo..Ane dulu mmg pegen s x punya Ninja 250fi…….harus nunggu dari bulan k tahun,itu penuh kesabaran,dan kerja keras…alhamdulillah mungkin krna org tua simpatik dgn ap yg ane kerja kn…tanpa ane tau,udah tuh turun langsung ninja250fi.mmg bukan dr hasil ane kerja.tapi ane bersyukur.

  21. Anak anak jaman sekarang memang alay lebay, cengeng banget. Gwa aja pas udah umur 30an baru bisa nyicil cbr, Alhamdu… Lillah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s