Fairing Ninja 250 FI melepuh – claim kemana

Saya terhenyak membaca postingan IWB mengenai fairing bagian bawah Ninja 250 FI yang melepuh..

20130222-011941 AM.jpg

Perasaan yang muncul pertama adalah bertanya-tanya. Kok bisa?

Selama hampir 6 bulan ini mengendarai Bianka sejauh kurang lebih 60 km perhari menembus belantara Jakarta saya merasa justru heat management FI version cukup baik dibandingkan versi karbu.

Selama hampir 6 bulan ini juga berinteraksi dengan group Ninja FI owner baik melalui BBM group maupun Facebook Fanspage saya belum pernah mendengar masalah seperti ini.

Perasaan yang muncul berikutnya adalah prihatin dan kecewa.

Saya bisa bayangkan betapa terpukulnya perasaan pemilik Ninja FI tersebut melihat kondisi fairingnya sampai melepuh. Dan semakin kecewa melihat sikap yang tidak bertanggung jawab dr pihak dealer. Yang justru menyalahkan pemilik.

20130222-012736 AM.jpg

Bro and Sis, Ninja 250 FI ini adalah produksi awal dr sebuah produk global. Artinya apa?

1. Setelah dikendarai dalam kehidupan nyata, dan bukan hanya test ride under controlled environment, sejauh ribuan kilometer oleh ribuan pengguna, barulah muncul kondisi2 yang tidak diprediksi sebelumnya. Kondisi2 yang spesifik ada di negara tropis atau di wilayah yang tingkat kemacetannya luar biasa. Pada saya, kondisi tersebut berupa speedometer yang berembun akibat perubahan cuaca yang sangat ekstrim (dari hujan luar biasa lebat ke panas yang sangat memanggang)

2. Sebagai bagian dr proses penyempurnaan produk dan penciptaan image pasar, pabrikan sangat berkepentingan untuk mengetahui dan mempelajari kelemahan2 produk diatas. Hal ini juga terjadi pada Ninja 250 Karbu. Ketika itu produksi awalnya bermasalah dengan hujan. Kemungkinan mesin mati pada saat hujan sudah melewati batas wajar. Sampai2 Ninja 250R dijuluki motor anti hujan. Keluhan pelanggan yang muncul disana dan disini pada akhirnya membuat Kawasaki mempelajari dan memperbaiki produknya,

Saran saya terhadap teman2 pemilik Ninja 250 FI.

Saran #1:

Berangkat dari dua poin di atas, apabila ada permasalah dengan tunggangannya, hendaknya melakukan claim langsung ke Kawasaki Motor Indonesia sesuai dengan prosedur yang diatur di bagian belakang buku pemilik.

kenapa jangan ke dealer?

Yahh ke dealer boleh2 saja terutama utk klaim yang mereka pernah handle dan tidak membutuhkan perubahan besar seperti ganti seal shock depan. Tapi ingat kepemtingan utama dealer adalah menjual kendaraan pada unit usahanya sebanyak2nya. Tidak ada pada mereka kepentingan besar untuk menyempurnakam produk atau menjaga image secara nasional. Itu adalah tanggung jawab pabrikan.

Sebelum saya klaim ke Kawasaki pusat mengenai speedo berembun, kepala mekanik tempat saya biasa service hanya berkomentar “wah mungkim Bapak parkirnya kehujanan” waktu saya tunjukkan kondensasinya. Lahh memang Ninja ga boleh kehujanan?

Melihat respons begitu saya lalu memutuskan utk menghubungi KMI langsung, dan direspons.

Saran #2:

Bergaulah dgn sesama pemilik Ninja 250 FI, baik melalui komunitas maupun sosial media. Dengan bergaul kita jadi lebih punya banyak informasi dan jaringan. Kita menjadi punya reference kepada siapa melakukan claim. Dan saat kita melakukan claim, kemungkinan direspons sebagai bagian dr komunitas juga akan lebih baik.

20130222-012911 AM.jpg

Advertisements

61 thoughts on “Fairing Ninja 250 FI melepuh – claim kemana

  1. Champione..♓é² :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p Artikelnya sama dng yg dibhs bro IWB maren ttp fairing yg mlepuh.Aneh jg Ɣªªªª di ninin FI ‎​‎​G̶̲̅ãK̶̲̅ dpkein alumunium foil tp dinopekgo krbu lama sdh ad dibwh knan kiri fairing cowlingnya.Syukur deh red ninja’11 ane ‎​‎​G̶̲̅ãK̶̲̅ pernah ‘rewel’.Btw Good Article neh..(.̮)˚°◦º

    • Iya Bro,.gw memang merespon ke artikel mas IWB itu.
      Kondisinya pasti ekstrim sekali panasnya. Kebayang macet dr gn sahari ke kebon jeruk. Mungkin di Thailand tidak di test penggunaan di jalan macet berjam2.
      Iya syukurlah ga ada rewelnya Ninja 11 nya. MKasih sdh mampir Bro

    • klo dr opini pribadi ane mybe bnyk faktor jg yg m’pngaruhi slain dr kualitas fairing&cuaca itu sndiri. Mybe jg dr riding style ownernya dan pmakaian jenis oli msn&bahan bakar yg digunakan. Pdhal utk motor skelas 250 cc ke atas dlm kmacetan qt cukup lepas kopling sdikit dlm artian tnpa buka gas motor akan rolling sndiri&jng maen geber2 gas.

  2. yah namanya saja buatan manusia tidak ada yang sempurna. . .ninja saya sudah 3 bulan ini saya klotok oenahan panasnya?akhamdulillah yo ora melepuh. . . apa karena jarang saya pake ya heheheheh. . . .

    • Herhe bener Bro.
      Motor saya juga ga ada keluhanya soal panas. Ya memang kondisi jalan bisa sangat variatif dan berubah dan harusnya stiap parts sdh dirancsng agar normal berfungsi dlm situasi di Indonesia

  3. ini penyelesaian yang sangat baik, soalnya masalah ginian akan terus ada kalo ga di tangapin oleh pusat, sebenernya masalah dealer harusnya meneruskan ke pusat, soalnya waktu claim garansi ada surat seperti kwitansi untuk menganti harga parts yang ternyata masi masuk di garansi

    tapi balik lagi, dealer seakan masi tidak acuh, di sini ane liat atpm semua merek memperlakukan sama, laporan pusat aja baru di tangepin, malah harus sampe bikin surat pembaca baru di tangepin

    apakah karena user motor sendiri masi di tangepin sebelah mata oleh dealer? who knows, yang jelas setau ane klaim garansi motor sama boil pelayananya beda, padahal ada tuh motor2 yang seharga mobil, tapi pelayananya, yah masih sama, gitu gitu aja, kadang konsumen malah di buat repot

    • Mereka mungkin berharap problem2 itu sifatnya kasuistis, tidak massal. Nah disinilha pentingnya owner untuk kemudian bersuara ke media publik maupun secara bersama2 melalui komunitas.

  4. good article Pak Leo…..:D

    saran dari Pak Leo bener tuh….langsung claim ke KMI-nya bukan ke dealernya….yg namanya dealer hanya cari untung dan bila ada masalah biasanya angkat tangan…..

    kalo dilihat di artikel bro IWB, disitu kwitansi dari dealer Armada Ruang hanya pakai kwitansi biasa….setau saya harusnya pakai sistim dan dicetak secara komputer….tapi ya gak tau juga…

  5. Ninja karbuku mati pas hujan. Penyebabnya lubang pernafasan yg ada ditutup bensin old ninja bermasalah. Solusi gampang… copot satu baut didasar tutup tangki dan semprot lubang-lubang kecil di tutup tangki . Hingga kini ndak pernah timbul masalah lagi.

  6. waduh… itu terjadi karena suhu mesin yg terlalu panas,atau bahan material plastiknya yang kurang oke..? atau ada ‘sesuatu’ yang lain yang menyebabkannya..? 😯 itu motor mahal,lho… produk flagship lagi,masak dealernya lepas tangan..?

    • Sepertinya ekstreme super panas ya mas.
      Kalau lihat rute macetnya sih parah dan lama banget itu.
      Motor fairing dgn kompresi tinggi butuh sirkulasi udara yang super ekstra. Kalau sdh macet berjam2 begitu ya repot juga.

  7. Harus berjaga-jaga niih walau ninjaku blm ada masalah, lbh baik header knalpot dibalut peredam panas. Lihat2 di internet td harganya gak mahal kok. Besok mesti hunting niih sebelum dipake turing jarak jauh..

    • Mas, justru kalau dipakai touring jarak jauh harusnya tidak bermasalah. Krn radiator selalu mendapatkan angin.
      Ini yg melepuh krn Ninja tidak bergerak selama macet.

    • Bro, justru karena produk global dan bukan produk desain lokal itu.
      Kondisi2 ekstrim seperti macet berjam2 atau kondisi jalan yang hancur belum ditest benar2….

  8. ane nungguin loh kasus fairing melepuh om leo yg nulis 😀 om leo se engga nya bisa memberi pencerahan,punya getoooh ninja nya 😀 d warung IWB malah debat sales muluuuu 😈

  9. Just share om leo, permasalahan oli seal shock depan bocor yang sampe bikin saya celaka, ternyata tidak bisa diklaim di pihak dealer kawasaki. Alasan utama adalah voucher servis gratis pertama kali (1000 km/1 bulan) tidak saya pakai, karena motor jarang terpakai, pas servis 1000 km umur motor udah 4 bulan, jadinya pake voucher gratis yg ke-2 (olie bayar, jasa gratis). Cuma mau tanya apakah itu bisa jadi alasan gugurnya klaim terhadap garansi motor itu sendiri (kalo gak salah setahun ya). Permasalahan bukan terhadap biaya untuk penggantian seal shock, akan tetapi respon dan tanggung jawab dr pihak KMI apakah ‘serendah’ itu. Adakah saran om?

    • keren itu bro ide dan eksekusinya.
      Rapi juga pengerjaannya. Kalau menurut saya lelehnya fairing bukan krn panas dr header knalpot, tapi krn hembusan angin panas dr kipas radiator yg harusnya ke bawah, namun krn kendaraan tidak bergerak dan sifat panas yg naik ke atas, hembusan angin itu terus2an menerpa dan melelehkan fairing.

    • denger kabar kalo sebenernya kasus meleleh itu dikarenakan macet macetan hampir 5 jam dijalan dengan memaksakan motor terus dinyalakan saat macet total… entah bener atau tidak… btw terima kasih om sudah baca n komen diartikel saya 😀

  10. apa ada kemungkinan pihak KMI merecall ninja fi mas, ato ada perbaikan mutu di produksi yg baru. takut bgt, pdhl udah inden ninja ijo..

    • kalau utk fairing meleleh harusnya sangat bisa di claim Bro.
      Tapi utk recall sepertinya butuh case yang lebih banyak. Saya bergaul dg komunitas ninja injection, baru mendengar satu kasus ini.
      Engga perlu khawatir, namanya product awal, akan ada hal ini dan itu, yang penting KMI harus responsif Bro

  11. serem juga bisa meleleh gitu masbro. ane sih dibiasain klo lagi lampu merah yg suka lama dimatiin sebentar, klo macet yg parah juga sering di matiin nyalain. sekalian nanya kira2 cepet rusak atau berpengaruh kemana ya klo sering dimatiin nyalain gitu. panas banget abisnya bro pahanya.
    bro ninja 250fi owner clubnya sering nongkrong dimana?. bisa ikutan ga bro? ane domisili jatiwaringin.

    • Itu kemarin cukup ekstrim kasusnya ya. 5 jam macet.
      Mestinya sih engganmasalah on off power begitu.
      Kita nongkrong tiap jumat malam di Panahan Senayan Bro

  12. Pak leo, mohon informasi *maaf klo salah kamar.
    1. Apakah KMI sebagai ATMP concern terhadap pelayanan aftersales service?
    Contohnya begini: semisal ninfi crash atau kondisi tidak memungkinkan utk dibawa ke bengkel resmi, apakah ada pelayanan jasa angkut motor dr lokasi/rumah ke bengkel resmi?
    2. Dan klo ninfi kita diharuskan menginap berhari hari di bengkel resmi, apakah pemilik selalu dipinjami ninja karbu utk pengganti sementara sampai service selesai?

    • Maaf ada pertanyaan tambahan:
      3. Part fast moving seperti kampas rem, seal, dll apakah selalu tersedia di bengkel resmi?
      4. Konsumsi bensin ninfi mas leo kira2 1 banding berapa ya? Soalnya postur saya dan jarak kantor-rumah jg gak beda jauh dengan mas leo.
      5. Apakah jika jalanan becek, air akan mudah menyemprot pengendara? Saya pernah baca ada kasus becek dikit jalanan, muncrat kemana-mana sampe ke badan.
      Mohon infomasinya ya mas.

    • 3. Ya.
      4. Harian 1:26 km
      5. Kalau sdg touring lalu hujan sdh pasti kotor. Kalau kecepatan dlm kota lalu ada genangan akan kena sedikit.
      Semoga membantu ya

    • 1. Saya kira baru roda 4 atau motor premium yg menyediakan jasa berbauar seperti itu. Ada jugaelayanan service datang ke rumah,mtpmitu juga dgn pihak kektiga
      2. Tidak. Kasus saya adalah motor direcall oleh PABRIK. Bukan oleh bengkel.

  13. Bro leo, seputar masalah ninin, ninin fi sy tipe abs, kenapa setiap perpindahan gigi dari 1 ke 2 bunyinya keras (kasar) mengganggu sekali. Apakah memang demikian? Sekedar informasi motor baru 4 bln & km baru 130an. Thanks bro

    • Ada bbrp teman yang awalnya mengeluhkan begitu Bro, apalagi KM masih 130an ya.
      Memang teknik oper gigi Ninja dg Scorpio/Vixion dan tiger beda. Ada selahnya sendiri. Tapi untuk langkah awalnya sambil membiasakan diri coba untuk menarik kopling full sebelum pindah gigi, dan melepas kopling juga baru setelah gigi benar2 pidah. nanti kalau sudah terbiasa akan lebih normal.

      Ada kemungkinan juga defect, cacat bawaan. Kalau ada teman yg punya Ninja FI juga bisa dibandingkan. Claim saja kalau benar2 defect.

    • Sama bro…punya gw juga abs,se,warna hijau.pindah dari gigi 1 ke 2,kasar banget,,tapi stelah gw coba-coba,,ternyata efek tsb bisa hilang saat kita tekan kopling sampe full+bukaan gas jangan terlalu besar(lebih di turunkan daripada biasanya)

  14. Permisi bro saya pengguna baru motor ninja fi saya mau taya kalau bahan bakar yg cocok untuk ninja 250 fi pakai apa ??? Dan jika motor di panaskan sampai 2-3 jam apakah ada kendala tidak untuk motor ya soal ya saya motor belum saya bawa karena tulang kaki saya retak jadi cuma bisa manasin saja.mohon petunjuk ya bro

    • Mengingat kompresinya tinggi, BBM minimum Pertamax/Shell Super/RON 92 lainnya. Memanaskan mesin cukup sampai saat RPM turun. Sebaiknya diajak jalan juga Bro, supaya partsnha juga inreyen.

  15. Bos tau ga komunitas ninja 250 fi yg di semarang? Kontak personnya siapa ya? Saya newbie pngen ikut komunitas ninja 250 fi di semarang.

    • klo nio di tangerang ada ga bro leo?ane mau gabung nih,maklum newbie ninin…sekalian mau nanya klo mau claim oli shock dpn bocor kemana yah?masa tempat ane servis pertama nyaranin sil sok ganti dengan harga 120rb,kilometer masih 1010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s