Reaksi Rider Ninja thd penjualan P200NS oleh Kawasaki

Selamat pagi Bro and Sis ..

Semoga selalu sehat semua ..

Bbrp waktu terakhir ini, terutama seminggu belakangan, marak di berbagai forum dan blog diskusi mengenai realisasi kerjasama penjualan P200NS (anak KTM yg diangkat Bajaj) antara Bajaj dan Kawasaki.

Bajaj-Pulsar-200NS

Tulisan pendek saya ini hanya akan menyoroti reaksi Ninja rider (baik yg 150cc 2 tak  maupun >= 250 cc 4 tak) dan kelas non-Ninja yg bakal cukup dekat 150cc 4 tak (KLX 150).

Kalau kita perhatikan, reaksinya cukup beragam, paling tidak ada tiga kelompok pendapat.

1. Kelompok yang was-was dan khawatir.

Kelompok ini khawatir penjualan suatu produk yang diasosiasikan dengan Bajaj dan pulsar oleh Kawasaki akan menurunkan nilai dan prestise dari motor kawasaki yang mereka miliki.

Keresahan bertambah saat membayangkan bahwa saat service motor, mereka harus ikut berjubel antri dengan produk2 lain di luar kawasaki, maaf, bajaj apalagi (itu menurut mereka).

Kelompok ini bertambah resah saat melihat kemungkinan bahwa nama produknya pun mungkin menjadi Ninja 200. Mereka ini kemungkinan Fans Boy Kawasaki, hardcore, rednecknya kawasaki.

Apakah anda masuk dalam kelompok yang ini?

2. Kelompok yang justru excited dan senang.

Kelompok ini menurut saya memiliki informasi yang lebih baik tentang keunggulan P200NS dan rencana kerjasama penjualan produk tersebut antara Kawasaki-Bajaj. Kelompok ini tahu bahwa kerjasama tersebut HANYA berlaku untuk P200NS yang memang merupakan motor handal saudara Duke 200

(perbandingan keduanya : http://reviews.in.88db.com/index.php/automobiles/bikes/15206-bajaj-pulsar-200-ns-vs-ktm-duke-200-specifications-comparison).

Kelompok ini juga cenderung senang, karena pada kenyataannya Kawasaki tidak/belum memiliki line-up di kelas 200cc sport/touring.

Pengisian kekosongan ini oleh P200NS, menurut mereka, justru akan memperkuat prestige Kawasaki sebagai dominator segment sport di Indonesia. Kemungkinan penamaan motor menjadi Ninja 200 pun mereka tanggapi dengan senyum tanpa beban.

Yang ada di kelompok ini menurut saya sebagian besar adalah pemilik Ninja 150cc 2 tak, 150cc 4tak (paling gembira mungkin) dan sebagian besar 250cc.

Meskipun tanggapan mereka positif, tapi soal posisi harga, atau pricing menjadi isyu yang sensitif. Karena ini akan berpengaruh terhadap second-hand market value dari produk mereka. Mereka mungkin berharap P200NS, melihat performanya jelas diatas CB150R dan New Vixion 150, dilepas di kisaran harga paling tidak sama dgn Ninja SS Rp 25.5 atau 26 juta rupiah.

ninja-ss-green

3. Kelompok yang tidak terpengaruh

Kelompok ini kemungkinannya memiliki informasi yang cukup, sehingga mereka tahu kerjasama penjualan ini tidak akan memiliki dampak terhadap besutan kawasaki mereka.

Atau juga mereka merasa apa yang terjadi itu jauh pada kelas yang berbeda sehingga “ah engga ngefek”. Mereka ini kemungkinan pemilik Ninja yang sudah nyaman pada kelasnya, baik entry level, middleweight maupun premium (sebagian 250cc, 600cc, 636cc, 800 cc dan seterusnya ke atas).

Mereka juga ga terganggu dengan kemungkinan Kawasaki menangani service P200NS, karena bengkel mereka pun tersendiri (custom workshop) atau pelayanannya terpisah.

20121201-115240-PM.jpg

zx-6r_black_white

Termasuk rider (baik punya Ninja atau tidak) yang manakah anda?

Iklan

67 thoughts on “Reaksi Rider Ninja thd penjualan P200NS oleh Kawasaki

    • Iya soalnya kebanyakan konsumen Kawasaki boleh dibilang ‘Premium’ dan mau dilayani dengan maksimal, jadi ibarat orang yang lebih memilih beli BBM di SPBU asing daripada BBM subsidi dari Premium 😀

  1. sudah adakah yang baca long test review dari ini macam xbhp dan blog2 lainnya. apakah akan problem yang sama dengan india. mudah2an sudah no bug karena dah release setahun

    • sekedar info aza dari Analisa ngawur saya ya pak
      Pulsar 200NS [bisa jadi nanti Kawasaki 200R)
      itu bukan kemauan Bajaj untuk dititipkan ke KMI
      tapi karena permintaan KMI sendiri. Kawasaki Indonesia
      akan kehilangan Pasukan motor sportnya (Ninja 2tak)
      karena tinggal menunggu waktu untuk distop produksinya.
      Kekosongan inilah yang ditutupi oleh P200NS.
      Banyak yang minta kalau Ninja 2tak itu digantikan
      dengan Ninja 150 4tak bagi saya itu MIMPI DI SIANG BOLONG.
      Ngapain KMI ngerepotkan diri buat riset motor baru
      kemudian akhirnya di OVER TAKE sama CB dan New Vixion
      dijalanan.
      P200NS dimata kawasaki sudah termasuk tangguh karena
      berdasarkan Tes Ride Biker india ini motor sekali-sekali
      malah bisa ngelewati KTM Duke 200 yang rentang harganya
      tinggi banget. Dalam artian Ini motor LAYAK buat jadi
      PASUKAN KMI di jajaran motor sport batangan.
      Mmmm···· 100% mesin Bajaj aza kemampuan larinya
      enggak malu-maluin apa lagi kalau nanti di sedian
      SPARE PART RACING oleh Kawasaki Global
      Waduuuuh enggak tahan deeeeh
      yang jadi masalah apakah harganya akan tinggi apa tidak
      karena HARGA terkadang membuat orang berpikir
      bila ingin MEMINANG sebuah motor.
      Buat Pemilik Kawasaki ngapain takut kalau P200NS
      bukan.
      Saya yakin banyak pemilik kawasaki yang enggak tau
      kalau dulu Kawasaki pernah menggunakan Mesin
      KMYCO (Kycmo itu rajanya matic) untuk matic
      kawasaki. Loh koq enggak laku???
      wajar harga tu matic teramat mahal bila dibandingkan
      dengan harga matic jepang lainnya pada saat itu
      aduuuh komentar saya kepanjangan.

      http://yudhadepp.blogspot.com/2012/12/akankah-cb150r-menjadi-raja-baru.html?m=1

  2. Dulu aku menantikan kedatangan P200NS ini, tp dg adanya duke 200 dan berita akan lahirnya Duke 390, penantian itu gak ada lagi (aias. pindah ke lain hati. )

  3. kalu menurut gue sih,sangat berpengaruh,masa ninja,disejajarkan sama bajaj.
    yg mau beli mungkin bangga,karena yg mau mereka beli itu satu kelas dgn ninja(pikiran mereka)
    tp yg sudah punya ninja akan merasa derajatnya turun karena bajaj disejajarkan dgn kawasaki
    lagian gue pikir juga gitu,waktu mau service masa harus antri sama bajaj,gk selevel,secara kawasaki motor berkualitas,bajaj?motor murahan,,,,,,,,

    • googling dong om, bajaj pabrikan nomor 4 terbesar di seluruh dunia. kawasaki malah di bawahnya :roll:. motor boleh murah, tapi apa yang didapet sangat2 worthed to buy banget. performa, konsumsi bbm kalau boleh saya compare dengan motor lain jauhhh lebih bagus pulsar. malah punya saham 47% di KTM,

      mindset kebanyakan orang indonesia yang udah kadung (terlanjur) kalo motor itu kalo ga honda, suzuki, yamaha, ya kawasaki. belom berani menerima brand brand baru :mrgreen:

  4. kalo ane sih biasa aja kali mas, mau servis bareng kek, mau dipajang bareng kek peduli amat.
    rider smart tentu sudah tau hal itu..kalo cuma koar-koar gengsi karena servisnya barengan silakan aja ngaca bagaimana kalo motor lo parkir di parkiran mall/pinggir jalan/kantor, masa iya lo nolak parkir ama bebek/matic bulukan??? gengsi anda sungguh bukan pada tempatnya

  5. Kawasaki ya tetaplah Kawasaki
    Bajaj ya ttp Bajaj…
    Org2 ga usah di ajari yo wis podo ngerti nek Kawak karo Bajaj udh beda kasta dan teknologi
    Gitu aja kok repot!

    • kalo teknologi pengapian dan kelistrikan kayanya kasta kawasaki. tp urusan kualitas kabelnya kawasaki diatas bajaj

    • kalo teknologi pengapian dan kelistrikan kayanya kasta kawasaki dibawah. tp urusan kualitas kabelnya kawasaki diatas bajaj

  6. Sudah gw duga sblmnya rumor ninja 150cc 4 tak dan yg bisa jd kubikasinya lebih besar ya ini,
    pulsar 200BRA yg bs jadi dikasih label ninja buat nggantiin ninja L 2tak…………by…by 2 stroke…

  7. KAWASAKI GA AKAN Berani ambil Motor LEMOT/MURAHAN Buat Mereka Jual, klo P200NS udah di Gandeng sama Kawasaki berarti itu Motor “Sesuatu Banget” dan Punya Nilai “VALUE”. Jadi Para Ninjers jangan meng’anak tirikan’ Saudara Barunya.

  8. gue tangtang kawasaki bisa bikin motor 200cc satu silinder dengan tenaga nyampe 23,5dk dengan harga murah tapi tidak murahan…. cuhhhh pasti gak bakalan…. kok sama cbr kalah di kejurnas… rangka ninja 250 aja dah kalah telak ama cbr 250 yang lebih murah.. kaki2 pun kalah lebar dan kokoh. baru tahu nanti kalo bajaj dah bikin 250cc tak asepin lo semua…

  9. gw sih termasuk rider ninja yg k2 dan k3.. yah seneng sih ada motor keren yg bakal dibrojolin sama Kawak.. tapi ya biasa aja juga, toh gak bakal dibeli.. bukan tipe org yg pengen punya 2 motor sekaligus… tapi minimal P200ns bisa buat direkomendasikan ke kawan2 gw kalo ada yg cari 4 stroke sportbike with good perform and nice value.. hehehe

  10. Wah kalo mau di taruh di harga 25-26 juta sih ok ajah tp liat dulu dong finishingnya? Sehalus produk asli kawak ato masih sekasar bajaj yg finishingnya selevel ama mocin.

  11. Duhhh masih aja nagnggep kawasaki motor premium, premium yang mana bro…kalo ente cuma naek ninja 250 aje dah ngga ada gengsinya blas….anak abg alay pun banyak yang make. Biker keren lebih pada sikap attitude berkendara bukan tunggangannya…naek ninja ngga pake helm, plus sandalan jepit apa disebut keren tuh rider…. Kadang ane berpikir tuh rider uangnya habis buat bayar cicilan perbulan ampe ngga mampu beli helm ha…ha….piss ahhh

    • Sifat arogan itu memang menyebar di banyak level.
      Yg matic belagu ke bebek tua, yg bebek sport arogan ke matic, yg sport belagu ke matic dan seterusnya

  12. yah maklum lah sama komen2 diatas, sing penting be nice biker, whatever bike you ride, saling ngehargain sesama biker..
    thx mas bro..

  13. Benar nd ya, Pak Kawak ma Bu Bajai ni hanya temporar ngurus The Baby hasil Kawin Siri mereka ini, .. ??? Nasibnya akan mungkin diserahkan kembali kpd Bu Bajai jika seandainya mereka bercerai. Krn sang ibu konon memang suka datang dan pergi ke rumah orang 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s