Tes Akurasi Speedometer Ninja FI

Hi Brother and Sister
Apa khabarnya? Semoga selalu sehat!

Setelah minggu lalu Bianka Valkea (artinya putih, illuminating) selesai masa in reyen (break in) nya nahhh.. saatnya nih utk kita coba2.

Coba2 yang pertama adalah melihat seberapa akuratnya speedometer digital Ninja 250 FI ini.

Sudah jamak diketahui bahwa speedometer yg terpasang di kendaraan tidak 100% akurat.
Baik karena alasan keselamatan (tidak terlalu ngebut), mematuhi peraturan jalan raya (agar saat kita menyentuh batas maksimal kecepatan, kecepatan real kita sebenarnya belum sampai ke angka itu), maupun alasan marketing produk atau pertimbangan lainnya.

Mengapa tes akurasi speedometer?

Agar sbg pengendara kita jadi betul2 tahu seberapa lambat atau cepat sih sebenarnya kendaraan kita. Informed rider istilahnya. Apalagi ini ada hubungannya dg odometer (penghitung jarak tempuh kendaraan).

Bagaimana caranya?

Dengan cara membandingkan kecepatan yg ditunjukkan oleh speedometer motor dan catatan pada GPS.

Apa saja yg dibutuhkan?

1. Dibutuhkan tentunya 1 unit motor, sebaiknya yg terpasang speedometer digital karena lebih presisi angka kecepatannya.
2. Aplikasi GPSpeedOmeter. Aplikasi ini akan mencatat jarak, kecepatan saat ini dan kecepatan maksimal yang sudah diraih. Aplikasi ini bisa didownload bebas.

Langkah-langkahnya apa saja

1. Pertama, aplikasi harus direset (0km, 0 max speed) dan kemudian Bianka dijalankan pada kecepatan yg ingin diukur selama 5 detik. Kenapa 5 detik? Utk memastikan data kecepatan tersebut betul2 tercatat oleh GPS.
2. Harus dipastikan kecepatan tidak melebih tingkat kecepatan tersebut.
Jadi misalnya kalau ingin menghitung real speed dr 60 km/jam yg ditunjukkan oleh speedo kita harus pelan2 mencapai kecepatan tersebut, dan menjaganya agar tidak menyentuh angka 61km/jam. Begitu melewati, batalkan, ulangi dr langkah 1.
3. Setelah kecepatan tersebut dicapai selama 5 detik, kita bisa berhenti dan membandingkan kecepatan maksimal yang dicatat oleh aplikasi GPS.
4. Buat table dan perbandingkan hasil pada beberapa tingkat kecepatan untuk mengetahui selisih. Misalnya 60, 90 dan 100 km/jam

Yak marih kita mulai.

BSD – Summarecon Serpong Connection Road ternyata sdh ramai sekali Sabtu sore ini. Jalan adalah akses baru yg menghubungkan dua wilayah besar perumahan. Jalan baru ini aspalnya masih mulus, masing2 arah terdiri dr 3 lajur dan truk/angkot tidak bisa masuk. Di jalan baru ini juga tidak ada banyak persimpangan jalan, sehingga rider bisa mengembangkan kecepatan dg baik. Di bangku belakang, ikut Regis (11 thn) anak pertama saya.

20120930-051233.jpg

Test pada 60km/jam

Kita mulai dg kecepatan 60 km/jam. Dengan hasil aplikasi GPS menunjukkan kecepatan maksimal adalah 58.5 km/jam atau selisihnya adalah 1.5 km/jam lebih lambat.

20120929-213658.jpg

Test pada 90 km/jam

Kita tingkatkan menjadi 90km/jam selama 5 detik, dan hasilnya adalah 88.2 km/jam menurut GPS.
Not bad, selisih terjaga di 1.8 km/jam.

20120929-214019.jpg

Test pada 100 km/jam

Sudah cukup sulit menjaga di kecepatan ini selama 5 detik, krn lalu lintas semakin padat. Hasilnya GPS menunjukkan angka 98.1 km/h
Mulai menunjukkan selisih antara speedometer dan GPS semakin melebar di 1.9 km/jam.

20120929-214753.jpg

Lalu lintas semakin ramai di Sabtu sore ini, sudah tidak safe utk meneruskan.
Memaksakan diri bertahan di kecepatan 115 km/jam selama 5 detik sdh tidak bisa. Maksimal hanya 2 detik kemudian sdh harus meliuk atau mengurangi kecepatan krn posisi2 kendaraan lain.
Besok pagi2 akan saya ulangi lagi sendirian tanpa Regis.

UPDATE – 30 Sept 2012 – 06:48am

Test pada 131 km/jam

Pagi ini mencoba lagi di lintasan yang sama dengan harapan jalanan lebih sepi.
Ternyata sudah mulai ramai juga dg goweser dan pelari pagi.
Speed yang bisa diraih 136 km/h, namun krn hanya bertahan 1 detik (ada goweser pindah jalur) tidak bisa dicatat dan diperbandingkan.

Yg cukup sah adalah speed di 131 km/h. Rencananya pada 130 km/h, tapi engga mudah naik pelan2 pada kecepatan seperti itu. Karena bablas akhirnya saya pantengin di 131. Dan …. hasil GPS menunjukkan speed saya saya adalah 128.9 km/h. Wihh lumayan dekat juga.

20120930-070445.jpg

Berikut tabelnya

Speedo ——GPS————Selisih
—————————————————————
60 km/h —– 58.5 km/h — 1.5 km/h atau 2.5%
90 km/h —– 88.2 km/h — 1.8 km/h atau 2%
100 km/h — 98.1 km/h — 1.9 km/h atau 1.9%
UPDATE
131 km/h — 128.9 km/h — 2.1 km/h atau 1.6%

Jadi nampaknya selisih antara kecepatan speedometer dan kecepatan real tidak dipatok oleh Kawasaki pada angka relatif persentase (krn persentase selisih justru menurun saat kecepatan bertambah), tapi pada angka absolut, speedometer lebih cepat up to 2 km/jam.

Ngaso sambil foto2 sebentar.

20120930-033244.jpg

Dilanjut dg nongkrong di angkringan nasi kucing di sektor 1 BSD. Minum es teh dan es jahe segar sekali disini …

20120930-033522.jpg

Kesan saya, Ninja 250 FI ini meski dipakai berboncengan di atas 100 km/h tapi tetap stabil dan tidak chatter (bergetar) sehingga kita menjadi confident dalam mengembangkan kecepatan.

Getaran mesin serta ayunan perahu pada roda depan yg saya rasakan sewaktu bawa Honda Tiger (1999-2001) dan Yamaha Scorpio (2006-2008) kalau kecepatan sdh diatas 90 km/h tidak muncul saat bersama Bianka.

Yah memang karena ketiganya adalah makhluk yg diciptakan dengan tujuan yg berbeda.

Advertisements

57 thoughts on “Tes Akurasi Speedometer Ninja FI

    • Ya, dan hebatnya ga kerasa kencang kalau ga liat speedo mas.
      Secara saya bapak tua botak, beranak dua, mana pernah ngebut lebih dr 90km/h di atas motor. Saya hanya nunduk dan lihat RPM saja utk pindah gigi.

    • Iya mas makasih diingatin. Saya memang ga biasa ngebut jadinya kalau kondisi jalan ga steril saya ga berani. Tapi pancen enak ditariknya ninin ini mas

    • Terima kasih mas sdh singgah. Kalau ada kurang2 dr blog saya mohon masukannya. Maklum newbie (telat) hehehe.
      Lapaknya keren mas, ide mantel sepatunya sederhana tapi sgt cerdas…

    • Wahh Bro Miko inget aja.. Top hehe..
      Saya beri nama Regis, krn Regis ini pelindung para pekerja kemanusiaan/sosial di abad 19. Sayangnya Regis Laconi kurang bersinar waktu itu ya..
      Salam kenal Bro..

    • Memang harus betul2 lihat sikon Bro. Kalau ga yakin melihat trafficnya, ya jngn kita paksakan.

      Waktu dapat 136 km/jam itu hanya ada bbrp sepeda dan motor di lajur paling kiri jalan. Saya jalan tepat di sebelah garis putus2 antara lajur kedua dan ketiga. Jadi baik ke kanan (pembatas jalan) ataupun ke kiri (traffic) ada jarak 1 lajur.

    • Iya saya di Cluster Sevilla, daerah Kencana Loka. Boleh mas, sambil ngupi2 sore di Summarecon Mall Serpong. Pulangnya bisa dpt shot orange hour saat sunset.

  1. Maaf mas, saya ingin sekedar menginformasikan bahwa akurasi GPS juga harus diperhitungkan. Anda juga harus ingat bahwa kecepatan di GPS akurasi juga tidak 100% benar. Jadi dalam hal ini juga yg lebih akurat GPSnya/speedometernya kita tidak tahu. Kecuali anda memakai GPS geodetik. GPS geodetikpun akurasi juga tidak 100% benar. Tapi lebih mendekati ke 100%, istilah koreksinya dalam hitungan 0,0…%. Terima kasih

  2. mas SBN, terima kasih untuk informasinya.
    Harusnya saya memang membuat disclaimer bahwa GPSpun akurasinya tidak 100%.
    Tapi persis seperti point bro di kalimat terakhir, i’m okay dgn simpangan masih di bawah 1%. Apalagi konsistensi hasil test menunjukkan perbedaan bukan pada nilai relatif (%) tapi nilai absolut (2km/h lebih lambat).

  3. Pingback: Review Knalpot Prospeed Blue – Ninja 250 FI | Leopold Sudaryono

  4. wah akurat sekali ya ninja fi, sy pake yg lama th 2009 top speed 168 km/jam di gps bb yg sm dg pny smpyan terekam 157.4 km/ hour. tp kl pake gps garmin cm 155 km/jam.

  5. berarti ninja 250 fi emang lbih kenceng dari yg lama. ninja 150rr pun sepertinya harus mengakui kl kalah top speed. ninja rr std aj ga bisa nglewatin angka 150 km/jam gps lho

  6. Wiihh segitu mah akurat bgt bro utk ukuran sepeda motor dibanding ninja lawas yg simpangannya lebih besar. Mantaaappppp ๐Ÿ˜€

  7. balancer mesinnya benar-benar apik mas low vibration.
    Nggak takut si dedek kesemutan akibat mengendara terlalu lama.
    hehehe

  8. ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
    Mas,mohon pencerahanx.sy pemakai ninja 250fi baru 3hari si Ninin dikirim dr dealer.mau tanya,sebenerx cara inreyen yg bener bwt ninja 250fi ini gmana sih?ada yg bilang sbelum 1000km pertama RPM gak boleh melampaui 4000,ada lagi yg bilang dipake normal aja sesuai kebutuhan alasanx motor zaman skrg rancangan mesinx sdh presisi โˆ‚ษ‘ฯ€ tdk perlu diperlakukan sprti motor jadul,ada yg bilang lagi langsung geber aja spy nanti klo ada yg bermasalah tinggal bawah aja ke dealerx soalx msh garansi.jadi bingung ini mas,soalx di daerah sy msh belum ada penyemplak ninja 250fi yg lain(maklum sy tinggal di desa)mau tnya2 juga gak ada yg bisa ditanyaMas,mohon pencerahanx.sy pemakMas,mohon pencerahanx.sy pemakai ninja 250fi baru 3hari si Ninin dikirim dr dealer.mau tanya,sebenerx cara inreyen yg bener bwt ninja 250fi ini gmana sih?ada yg bilang sbelum 1000km pertama RPM gak boleh melampaui 4000,ada lagi yg bilang dipake normal aja sesuai kebutuhan alasanx motor zaman skrg rancangan mesinx sdh presisi โˆ‚ษ‘ฯ€ tdk perlu diperlakukan sprti motor jadul,ada yg bilang lagi langsung geber aja spy nanti klo ada yg bermasalah tinggal bawah aja ke dealerx soalx msh garansi.jadi bingung ini mas,soalx di daerah sy msh belum ada penyemplak ninja 250fi yg lain(maklum sy tinggal di desa)mau tnya2 juga gak ada yg bisa ditanyaMas,mohon pencerahanx.sy pemakai

    • Kalau saya, dan Ninja Rider lain yg saya tahu, in reyen atau break in itu digunakan secara normal. Jangan terlalu digeber juga jangan dipakai terlalu santai. Yg penting jangan telat service pertama (kalau saya di 600km).

  9. Maturnuwun mas atas saranx,,,
    Oiya saya baca buku pedoman pemilik kan mas,pada hal 61 disitu dijelaskan saat jarak tempuh 0-800 km putaran mesin max 4000 RPM,sedang 800-1600 km putaran mesin max 6000 RPM.piye toh jane iki mas,,,????
    Pening sangat,,,maklum mas,,,beli ni mongtor pake tabungan sendiri,,,sampek asat(abis).wedi kenopo-nopo mas’e,,

    • Iyaaa juga se Mas,,,,
      Oke wizzz,,,sy manut panjenengan aja,,
      Intinya dipake ngebut gak masalah ya mas,,,
      Oiya ini sy lg keracunan muffler aftermarket,,kira2 merk apa ya mas tg rekomendasi??Oiya ini sy lg keracunan muffler aftermarket,,kira2 merk apa ya mas tg rekomendasi??Oiya ini sy lg keracunan muffler aftermarket,,kira2 merk apa ya mas tg rekomendasi??Oiya ini sy lg keracunan muffler aftermarket,,kira2 merk apa ya mas tg rekomendasi???
      Akaprovic,Leovince,termignoni.yoshimura USA,TwoBrother,Scorpion,Apex,nazertbeth???
      Apa pake prospeed carbon ky pnya mas’e,,?”ฬฎ ฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษ ^โŒฃ^ ฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษ “ฬฎ
      Tp sy

    • Disesuaikan kebutuhan (harian atau tidak) dan juga anggaran. Usulan saya yg tidak lagi perlu piggyback, autotune atau lain2nya bro. Yang memang sudah diresearch untuk injeksi. Saya engga rekomen custom bengkel knalpot yg mengikuti pesanan kita.

    • Iyaaa juga se Mas,,,,
      Oke wizzz,,,sy manut panjenengan aja,,
      Intinya dipake ngebut gak masalah ya mas,,,
      Oiya ini sy lg keracunan muffler aftermarket,,kira2 merk apa ya mas tg rekomendasi???
      Akaprovic,Leovince,termignoni.yoshimura USA,TwoBrother,Scorpion,Apex,nazertbeth???
      Apa pake prospeed carbon ky pnya mas’e,,?”ฬฎ ฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษ ^โŒฃ^ ฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษ “ฬฎ
      Tp sy pengenx yg import mas,,saya udah baca artikel2x sampean yg berhubgn dg ninja 250fi
      .sangat sangat membantu mas,,banyak terima kasih,,

  10. ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
    Om Leo gmna kabarx?
    Oiya tu motor saya Om yg di artikelx IWB(kompari spedo ninja 250fi vs GPS Runstatic),,ingat >:/ฤœยชวฅ๎š• yg dulu saya tanya gmna cara inreyen ninja 250fi yg benar,,

    • Alhamdulillah baik2 saja.
      Ohh itu Bro tho, keren lho hehe.
      Mantap tuh tesnya. satu lagi pembuktian kalau speedonya akurat. Ikut komunitas NIO dong bro

  11. Saya pernah coba pakai Garmin (GPS Ulite)
    coba tembus 113Km/h On Sepedo โ€“> Di GPS ter catat Top Speed 112Km/h

    mantabbbbโ€ฆ nih sepedo Ninja FI

    sayangnya cuman satu.. Ngembun .!!!! :hammer:

  12. hiii berarti kemarin gue sempet dapet 131 kpj di daerah PIK pakai ninja fi, berarti beda tipisan doang dong…
    dulu sempet ngetes keakuratan spedo ninin karbu, 145 kpj (sayangnya nyentuh angka segini cuma bentar doang), itu di GPS cuma 132-an doang.. 80 kpj di gps cuma 72-an..

  13. btw brosis yang tinggal di daerah BSD minta info dnk, motor ane ninja FI body renggang, bisa di claim ga sih ? soal nya ane denger si kawasaki yan di BSD (Motorave) emang rada brengsek dan itu bukan cuma ane doang

  14. Permisi,, pemula nih..
    Waaaaaah jadi merasa satu kluarga nih,Liat n baca artikel om Leo bner2 nambah wawasan
    Minta jadwaL kumpul2nya dimana n kapan aja donk
    Pengen kopdar aja biar bisa sharing2 n tmbah2 ilmu
    Salam kenal om Leo

  15. Pingback: Tes Akurasi Speedometer YZF-R25 (dibandingkan dengan Ninja 250 FI) | 7Leopold7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s