Catatan Pembalap Tim Kawasaki thd Performa Ninja RR Mono di Sentul

Nah sebelum test ride bagi media pada tanggal 15 Februari lalu, sebenarnya selama beberapa hari Kawasaki mengundang para pembalap dan tester professional untuk memberikan masukan yang ekstensif terhadap performa Ninja RR Mono di lintasan Sentul. Ada Katsuaki Fujiwara, H.A Yudhistira dan Shu Sato. Juga didampingi oleh official tester dari Kawasaki Jepang.

IMG-20140215-01480

Seperti diberitakan selain jajaran motor sport Kawasaki yang dijadikan pembanding, CBR250 pun ikut dihadirkan sebagai reference point saat uji coba.

IMG_3686

Apa saja masukan mereka? silahkan disimak

1. Pit lane
Para tester dan pembalap merasakan pada saat persiapan di pit lane, RR Mono ini terasa ringan. Mudah bermanuver pada saat dikeluarkan dari paddock. Posisi riding yang racy. Dan tidak terlalu tinggi sehingga mudah menjangkau tanah. Lebih lanjut, tester juga merasakan respon mesin yang baik pada RPM putaran bawah dan menengah.

IMG_3686-003

2. R1 dan R2

Sebelum sempat memacu RR pada kecepatan maksimal, kita sudah harus mulai mengerem dan menegosiasikan sudut dan kecepatan cornering yang tepat untuk memasuki R1. Impresi para pembalap RR Mono ini “extremely nimble handling with excellent cornering stability”. Handling yang luar biasa gesit namun juga dengan kestabilan cornering yang baik.  Beberapa detik kemudian di R2, para pembalap mendapatkan kesan bahwa saat dive (mulai cornering) suspensi pada awalnya terasa lunak namun kemudian rebound nya mengeras. Ini penting agar saat keluar tikungan dan membetot gas, motor tidak mengayun..

IMG_3686-002

3. Hairpin di R3 dan R4

Saya kira kesan yang sama, para pembalap pro tersebut menemui RR mono saat memasuki hairpin sanggup melakukan hard braking dengan baik. Tidak dibuat catatan terpisah antara versi ABS dan non ABSnya.

IMG_3686-001

4. R8

Memasuki mulut S besar di R8, lagi-lagi RR Mono  dipaksa hard braking untuk mendapatkan posisi dan kecepatan ideal. Jangan khawatir. Para pembalap merasakan respons braking yang cukup baik.

IMG_3686-004

Namun saat keluar R9, saya (bukan pembalap professional pastinya) merasakan suspensi belakang mengayun saat mulai membuka gas pada saat posisi miring. Mungkin karena setting suspensi yang belum tepat.

6. R10-R12

IMG_3686-005

Memasuki kurva tikungan panjang di R10 sampai R11 pada saat gas digantung di RPM menengah, para pembalap merasakan respons yang berani dan stabil dari RR Mono. Tidak drop saat cornering panjang.

Melesat keluar dari R11 memasuki tikungan melambung R12, kita akan mulai membetot gas untuk mendapatkan exit speed terbaik menuju straight. Ini titik pertarungan terpenting di sirkuit sentul apabila performa motor serupa. Di sector ini para pembalap mendapatkan bahwa power maximal dari RR Mono lebih besar ketimbang CBR250 standard yang mereka juga test. WAH…

OVERALL IMPRESSION

Secara keseluruhan para pembalap pro memiliki kesan positif terhadap RR Mono.

Dibandingkan dengan RR 2 tak, RR Mono memiliki keunggulan pada FI (Fuel Injection) feeling. Menurut Yudistira saat ngobrol langsung, selama cornering panjang, mesin pembakaran bereaksi dengan baik dan halus: ciri khas mesin bersensor dengn system injeksi. Halus dan stabil. Menghadapi tikungan yang bervariasi, yang membutuhkan ketepatan sudut dan kecepatan yang juga beragam, system injeksi juga mampu mengamankan dengan baik pelepasan tenaga motor. Naah yang make RR 2 tak mungkin agak ga terima disini hehe

Kalau dibandingkan dengan Ninja 250 FI 2 silinder yang lebih berat, RR Mono memiliki kestabilan cornering yang lebih baik. Selama ini, dan saya rasakan sendiri, Ninja 250FI cenderung berat saat cornering (baik pakai beban penambah berat ataupun tidak). Nah RR Mono 250 cc 1 silinder ini lebih stabil, pada tingkat kestabilan yang sama dengan CBR250 standard (respek tersendiri bagi CBR).

Jadi menurut Pembalap Tim Kawasaki:

Better power delivery, lebih halus daripada RR 2 tak. Torsi bawah-menengah lebih isi dr 2 tak. Tenaga maksimal lebih baik dr CBR250 standar.

Better handling dan stability disbanding Ninja 250 2 silinder. Pada tingkat yang sama dengan CBR250 standar.

Hmmm… Itu menurut mereka, menurut saya sendiri bisa dilihat di artikel sebelumnya. Lengkap dg Pros dan Cons nya.

IMG_3686-006

About these ads

103 thoughts on “Catatan Pembalap Tim Kawasaki thd Performa Ninja RR Mono di Sentul

    • Ga juga. Sekarang poin rr mono sama cbr dah sama. Beda power sama handling dikit lah, masalah riset hrc ga masalah lah. Orang irs ada aturanya. Ga bebas

      Secara diatas kertas power 2 cyl lebih baik. Tapi di sirquit yg butuh ga cuna power rr mono sama cbr jauh lebih baik gan, jadi kalah karena bobot ane rasa kagak juga. Liat aja saat masuk tikungan. Rr mono bakalan lebih cepat dari sang kakak

      Kalo udah full speek pun lap time rr mono bakalan jauh ngelebihin motor 2 cyl

      Itu alesan kenapa moto3 pake mesin 1cyl dibandingkan 2 cyl.

  1. Kalau mau balapan serius KMI harus full support tim balapnya termasuk nyiapain motor yg bener2 ready to race (tdk murah tentunya). CBR250 kan mendapat dukungan penuh saat race yg lalu. Nice review mas Leo..!!

  2. berarti untuk lap time antara RR 2 tak dan RR Mono lebih bagus mana mas? ada catatan lap time di sentul untuk masing-masing motor mas bro?

    • Kalo lap time ane yakin rr mono bakalan lebih baik. Apa lagi riset kan belum banyak. Lagian 2 tak kan risetnya dah berhenti. Kestabilanya bakalan jauh kalo di compare sama rr mono

  3. yg dibandingkan adalah Ninja Mono standart VS CBR “Standart” yg dibeli dari Dealer.bukan dibandingkan dgn CBR yg juara IRS.bikin CBR yg juara IRS itu seharga CBR600RR.coba diadu mereka berdua.mau Fair Ninja Mono diadu sama CBR150R kan mahalan CBR150R.

  4. bobot lebih ringan(selisih 10kg),Wheekbase lebih pendek(4cm),tenaga lebih besar(2Hp),sudut rake depan lebih kecil(lebih tegak) 2derajat.dari data diatas terlihat bagaimana bila diadu sama2 Standart.dgn basis KLX pipa knalpot terselip disamping GC165mm(CBR145) aman jalan rusak.

    • Power gedean rr mono gan. Kalo handling emang masih bagus cbr dikit. Tapi dikit bgt kok. Ga sejauh gap handling n250

      Jadi tenang aja. Dari bahan udah imbang. Tingal kemampuan rider sama risetnya. Dan riset irs ga perlu gali terlalu dalem

  5. kalau agak terlalu lembut suspensinya yg dirasakan saat keluar tikungan itu memang salah mekanik yg setting suspensi.sudah tahu yg bawa kelas berat suspensi tetap disettingan 2 dari 5 tingkat penyetelan.cuma becanda.

  6. Lalu, menurut om leo bagi konsumen yg sudah biasa bawa 250cc lebih tepatnya pilih yang mana untuk performa harian, weekend, dan touring? Ninja 250fi, rr mono, atau cbr 250. Dinilai dr segala aspek yg positif..

    • ketiga-tiganya cocok saja untuk harian, weekend dan touring sebenarnya.
      Saya setahun pakai N250Fi utk ketiga2nya. RR Mono mungkin lebih cocok utk perkotaan dan jarak pendek karena joknya lebih tipis dan karakter mesin di bawah.

    • Touring enak cbr (motor sport touring)
      Weekend enak ninin 2cyl (buat nampang oke, ngebut oke)
      Harian enak rr mono (selap selip sama aksel memadai)

      Kalo nyembah vixsen. Itu biasanya baklan di asepin sama rr mono. Jadi beruban di tinggal istri. Nyari komcil

  7. kalau ndak salah(berarti benar).rem ABS yg dipasang pada Ninja Mono adalah rem paling ringan(cuma 2kg) yg dipasang keMotor Produksi.biasanya diatas 5kg penambahan berat dari non ABS.tolong koreksi kalau salah.

  8. diYoutube ada yg share CBR250R lari diatas 170Km/jam dan RPMnya masih bisa naik lagi.Hoax?tidak buktinya ada Videonya Aling dll.cuma percaya Youtube juga salah,kalau pakai roda diameter kecil sudah ngaco spedonya.diYoutube ada yg bisa lari diatas air sampai 15m.cuma airnya 10cm doang.

      • kalau sensor ditransmisi pemutar roda belakang ganti gear belakang ukuran lebih besar juga sudah jauh menyimpangnya,contoh Supra X125.ganti gear belakang besar/depan kecil spedo kencang larinya.

      • yg bilang ganti roda kan ente bro..
        ganti gear blkg..? hehehe
        sensor dimana sih? dah pernah coba atau hanya baca2?
        gear blkg ya..noted

    • Hoax bgt tuh. Motor 250 cc ga bakalan nembus 170. 140-150 aja dah berar bgt

      Motor 250cc emang ideal
      Untuk speed 90-100 km (irit) dan 120-130 ( speed yg paling tinggi dan gampang untuk di raih)

  9. ada yg bilang kalau adu drag yg punya tenaga diRPM rendah menang.emang adu drag startnya harus sama RPMnya.kan ada kopling manual,itulah fungsi joki drag memanfaatkan kopling saat start karena semua mesin Drag tenaga besar diRPM tinggi.2-3-4-5-6 RPM ndak pernah dibawah 9000 RPM.

    • Drag. Overpower di putawan bawah juga percumah. Yg penting power deliveri itu bisa tersalurkan sempurna. Dari awal sampe akhir.

  10. Better power delivery, lebih halus daripada RR 2 tak. Torsi bawah-menengah lebih isi dr 2 tak. Tenaga maksimal lebih baik dr CBR250 standar ?
    intinya ninja rr150 two stroke lebih galak dari pada ninja mono :D

  11. susah ngelawan N150R.bobot ringan mesin 2tak lebih ringan,apalagi power diputaran tinggi dan torsi diputaran tinggi dikdaya.kalau CBR tenaga putaran rendah sesudah 8500RPM cuma putaran aja yg naik kalau tenaga drop,ditambah gear 6 yg terlalu berat.

    • Deliveri power 4 tak lebih bagus gan, kalo power peak bagusan 2 tak, kalo di bilang susah ga juga. Justru ane liat disini imbang

  12. liat kompresinya broh, gedean ninja 250 mono,

    liat aja kedepannya ama user kere yg bisanya ngisi premium, rontok rontok tuh mesinnya, seminim2nya harus ngisi pertamax di oplos pertamax plus kompresinya aja 11,3 : 1, kalo cbr kompresinya 10,7 : 1 masih bisa lah diisi pertamax doank

    • CBR250R juga diwajibkan pertamax.kalau yg CBR150R untuk versi AHM memang pengapian disetting bisa pakai premium kalau terpaksa. Masalahnya kompresi 10,7 terlalu tinggi buat premium tapi kalau isi pertamax mubasir kurang tinggi,cuma mungkin takut overheat.

  13. kenapa saya merendahkan CBR250.coba bandingkan dgn adiknya CBR150.caranya 250:150 terus kalikan dgn tenaga CBR150R.maka akan didapat tenaga diatas Ninja Mono.CBR150 pakai mesin kuno yg diganti injeksi tapi powerfull teriak habis.Ninja Mono juga mesin kuno.CBR250 Full baru.

  14. KLX250S bermesin 4tak diproduksi th06,kompresi (11:1)pakai karbu Keihin CVK34.pada th 09 untuk pasar UK dan Asia dibikin injeksi.masak pabrikan Kawasaki yg kecil bisa me”Keizen”mesin tua jadi lebih bertenaga.CBR250 mesin riset baru masak kalah.CBR150 lebih Top.

  15. jupiter lama(generasi awal) kalau untuk balap lebih potensial sebagai bahanbaku kalau mau balap:tapi kondisi “standart” masih lebih kencang Z1,Kalau dana ada 55jt cuma dapat CBR+Knalpot.sedang Ninja Mono dapat paket bore up KLX(300cc)+ongkos pasang.jalanraya tanpa regulasi.

  16. Ninja Mono = motor standart dgn tenaga di 9700 RPM.bila habis naik Ninja Fi/MV akan terasa setelah 10.200RPM tenaga mulai datar.pengaruh dari kamampuan knalpot;in/out manifol,TB dan Filter udara.cuma CBR lebih parah sesudah 9000RPM tenaga turun banyak.saat riset pakai CBR.

  17. tambahan buat bikin Video Top Speed.kalau sensor diroda depan gunakan ban depan diameter kecil.kalau sensor di output shaft transmisi biasanya topgear ndak bakal bisa RPM tertinggi.pakai aja ban belakang diameter kecil.atau gear belakang diperbesar/depan dikecilkan(Final Gear diperbesar).redline gear 6 tembus.

  18. Mohon maaf sebelumnya. Sebagai seorang Biker, walaupun kini di California tidak setiap hari menggunakan sepeda motor. Saya hanya melihat ada hal yang menjadikan artikel ini menjadi kurang menarik untuk saya baca dan ada sedikit perubahan alur cerita (tak seperti dulu). Apa pak Leo merasakan hal yang sama? just can smile :)

    • Yang paling mengerti tentu mas Imam sebagai yg membaca dan merasakan. Sampaikan saja ga apa2. Saya hanya menyampaikan hasil catatan dr pembalap tim kawasaki. Saya sendiri punya catatan yg berbeda dr mereka ttg RR Mono.

      Yang berbeda mungkin krn saya sdh ga diagregatnya mas Imam mungkin ya :)

  19. Tapi saya masih tertarik dengan R25. Di mana sisi handling lebih ditekankan. Namun sisi top speed tidak tercederai. Sebagaimana motonya, lupa!

    Salut juga sama 250 mono. Mungkin di ajang IRS motor ini akan bejaban sama CBR250R. Tergantung dengan regulasinya nanti. Mengungtung atau tidak. Yang jelas 250 mono itu sangat value dalam penjualan. Dan betul-betul memenuhi keinginan pasar. Begitu pun R25 juga akan gontok-gontokan juga soal ini. Sama-sama jualan dengan pasar masing2; 1 silinder & 2 silinder.

    • 20 detik keoknya si dua silinder… disuruh milih mau main bobot, apa cc, geng ninja milih main bobot, giliran keok ngumbar fitnah kemana mana… emang susah balapan sama motor pabrikan gurem….

  20. Pastinya….kalo gak full support dr kawak…ninja mono gak bakal bisa tebas cbpincang. Gak tau kalo aduan scr standard. Atau free punya.

    Wong…yg sodara twinnya aja koit gara2 barbel dan gak disupport serius. Yah….sy ngerti la…..biaya buat mesin twin jauh lebih mahal drpd mesin single.

    Simple…..hnd menang lewat RULE…dimana2 juga gitunya.

    • Alesan aje. Setau ane ymh yg menang lewar rule.

      Bukti. ? Banyak laaa dari mocin gp sampe indoprik

      Dari m1 sampe z1

      Cuma lagi apes aja taun ini jagoanya nyolong start

      Makanya ente jadi momok dan komeng. Ga usab nyamar lagi os

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s