Kawasaki Ninja 250FI atau Z250

Kalau diberi uang dan dipaksa untuk memilih siang ini juga,

apakah Bro akan memilih ini

Kawasaki Ninja 250 FI

Launching 250Fi betul2 mendapatkan sambutan, bahkan berminggu-minggu setelah launching masih dibahas.

Launching 250Fi betul2 mendapatkan sambutan, bahkan berminggu-minggu setelah launching masih dibahas.

Atau Kawasaki Z250

2 hari setelah launching media dan blogger tidak lagi membahas

2 hari setelah launching media dan blogger tidak lagi membahas

Pilihan kita mungkin tergantung bbrp faktor:

1. Selera dan kegunaan

Nampaknya sampai sekarangpun, masyarakat umum dan bikers di Indonesia lebih cenderung memilih motor sport dengan fairing. Entah karena fairing kelihatan lebih rapi atau karena memang benar2 butuh kestabilan pada kecepatan tinggi (padahal belum tentu senang ke Circuit). Hanya pada experienced riders, mereka mungkin akan lebih memilih streetfighter. Mereka memang sudah pernah merasakan berbagai gaya/jenis motor dan merasa gaya streetfighter yang tourer lebih cocok.

Pada poin ini, Ninja 250 FI diuntungkan.

2. Harga

Nah sayangnya perbedaan harga di antara Ninja 250FI dan Z250 tidak berbeda jauh.

Ninja dilepas pd 51.9jt (non ABS) dan Z dijual pd 48.5 jt. Selisih 3 juta pada total harga seperti itu menjadi tidak signifikan baik bagi yang membeli cash ataupun credit. Kenapa beda harga tidak jauh? karena pengurangan material body utk fairing ternyata juga tidak sebanyak yang dibayangkan.

Pada poin ini, Ninja 250 FI diuntungkan.

3. Ketersediaan

Ninja 250 FI diimpor sejumlah 2000-3000 unit per bulan. Inden saat ini sudah mengular sampai 3 bulan.

Z250 akan mulai ada di dealer terhitung Maret 2013. Tiap bulan akan diimport sejumlah 1500 unit.

Meskipun jumlah import per bulan Ninja 250Fi lebih banyak, namun daftar pemiliknya pun lebih panjang.Para pembeli KR2 di Indonesia ini bukanlah tipe yang sabar. Begitu uang sudah ditangan (baik cash ataupun utk DP), sebisa mungkin sudah ada motor baru di rumah. Tidak jarang orang berganti jenis motor, warna dll hanya karena “yah itu yang sudah ada”. Nah kalau diantara produsen ini menjadi perlombaan siapa yang paling bisa memenuhi kebutuhan pasar.

Pada poin ini, Z250 diuntungkan.

Dengan mempertimbangkan poin2 diatas, saya memperkirakan perbandingan tingkat penjualan Ninja 250 FI dan Z250 adalah 70:30.

Para pembeli Z250 memang adalah rider yang pencinta sejati, hardliner, utk tipe streetfighter atau mereka yang tidak sabar menunggu inden Ninja 250FI (“ah entar beli kan bisa beli fairing”)

About these ads

41 thoughts on “Kawasaki Ninja 250FI atau Z250

  1. Keknya lebih ke N250 deh. Dengan estimasi harga cuma beda 3jt udah dapet berfairing, tau sendiri harga fairing berapa?

    Nah misal mau bugil gampang, tinggal lepas fairing, ganti stang n tambah headlamp + buat shroud. Coba Z250 mau diubah ke fairing, bakal habisin dana berapa tuh? :D

  2. pakai fairing susah jaga saat parkir, blom lagi terjatuh saat parkir…. z250 udah ideal…. pas utk kota2 yg macet dgn parkir yg rapat….. indent lah…

  3. Z250 dong kang, sesuai dengan karakter ane, kalau Z250 petarung di jalan klau ane petarung jalanan, #ehngaco!. hahaha, pkoknya yg mantep buat touring n harian deh kang, lebih gagah juga mas. hehehe, opini pribadi sih

  4. Baca komen2nya bikin ana galau nih! Ane udh terlanjur inden n250 nih… padahal minimal 1 minggu 2x ane bolak balik tangerang bogor mulu

  5. Saya mah z250 ajah, selera saya gak suka fairing krn ndut, lagian udah dateng juga tuh z250nya… Tinggal nunggu stnk keluar…. Tapi bukan org indonesia namanya kalo gak bisa ngakalin, modal 35rb, jadi deh plat nomor (jgn ditiru ya) hehehe….

  6. klo ane sih lebih suka Z250…kliatan lebih sangar dan maco abizzzzzzzz dari pada sodara berfairingnya ninja 250 yang kliatan kalem….hehehehehe…pokonya motor naked is the best

  7. Kalo ane lbih milih z250, karena cocok buat amatir yg baru belajar naik moge. terus n 250 udah pasaran jadi bosen. z250 bisa ganti knalpot 2bro sama akra, pasti gak bakal bda sama n250.

  8. Saya pilih Z250..karena posisi riding yg bisa disesuaikan…buat sy stang Z250 masih terlalu nunduk (beda tipis dgn yg fairing)skarang sy pasang raiser ,,,agar posisi agak tegak…lumayan nyaman buat touring..

  9. Dear Bro Leo, punya recommend bengkel yang oke gak untuk ganti Aho di Z250 jadi pakai switch manual ninja 250 karbu? rada kurang sreg niyh pakai Aho siang2..pernah baca di forum ada bengkel di daerah kemayoran namanya bengkel p’wien tapi kurang tau lokasi pasnya dimana :-D

  10. Z250 hitam, ane baru aja dateng 3 hari yang lalu, setelah menanti selama 65 hari….Trus masih harus tunggu STNK lagi selama 2bln. Lumayan buat pemakaian setiap hari, lebih simpel dan nggak sepanas Ninja, tuch. Tapi tetep aja klo di-stop-and-go di jalan dengan 50an polisi tidur, saat jemput anak sekolah di terik tengah hari, powernya terasa menurun.

  11. Pont 1 sudah menjawab, saya pemakai Z250, sebelumnya mempertimbangkan Ninja 250FI, dan sudah test ride dua2nya akhirnya aya memutuskan ambil Z250, karena memang akan dipake buat harian :

    250Fi = Racer Replica, cocok di sirkuit, buat harian capek
    Z250 = streetfighter, cocok dijalanan buat menembus kemacetan, riding position ga bikin cepet cape

    “Nampaknya sampai sekarangpun, masyarakat umum dan bikers di Indonesia lebih cenderung memilih motor sport dengan fairing. Entah karena fairing kelihatan lebih rapi atau karena memang benar2 butuh kestabilan pada kecepatan tinggi (padahal belum tentu senang ke Circuit). Hanya pada experienced riders, mereka mungkin akan lebih memilih streetfighter. Mereka memang sudah pernah merasakan berbagai gaya/jenis motor dan merasa gaya streetfighter yang tourer lebih cocok.”

    • experienced bikers ibu kota mh bakalan milih matic kali Om :D pizzzz…
      Klo ane sih harian mh pake white beat aja :D …si white Z mh kluarnya weekend doang hahahha…belom afdol pake rasanya klo faktur+stnk+bpkb blm ada di tangan, nunggu 1 bulan lagi :(

  12. Pilih Z250 aja ah, bisa buat long road riding gak cepet cuapek , n riding harian kagak ribet… Selain itu pake naked bike rasanya macho bgt..
    Kalo N250 bagi ane terkesan playboy.. hehee… lagian udah bosen liatnya… hehe maaf bro… :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s