Kelemahan #1 Ninja 250 FI

Selamat istirahat siang Bro and Sist ..

ada rencana makan siang apa? atau puasa kemisan ?

mumpung istirahat saya mau posting blog pendek.

Sudah 2 bulan lebih bareng Bianka, ada satu penyakit/kelemahan yang bisa saya laporkan ke para hadirin blog. Mungkin ini juga penyakit N250R karbu.

Kelemahan #1: Oli shock depan mudah rembes/bocor

saya memperhatikannya, kenapa setiap kali habis cuci motor, besokannya, di bagian seal luar selalu muncul titik2 oli. Saya coba bersihkan, muncul lagi.

Sampai kemudian coba ngecheck di forum Ninja 250FI barulah tahu ternyata ini problem yang cukup umum pada Ninja baru.

Bbrp waktu lalu saya membawa Bianka ke bengkel SSM Fatma untuk diperiksa kakinya.

Dan mekanik disanapun menyampaikan bahwa ini cukup sering terjadi dan sudah disampaikan kepada KMI mengenai ini. Problemnya pada kualitas seal dalam oli bawaan dari Thailand.

Untung semuanya masih garansi, saya hanya diminta isi form claim.

Pengerjaannya cepat, dan kayanya sudah biasa banget mekaniknya

ImageImageImage

Setengah jam selesai dan Bianka pun berlari dengan elegannya.

Semoga saya ga perlu sampai menulis Kelemahan#2 dan seterusnya Ninja Bro ..

Apakah ada Bro juga yang punya problem dgn oli shock depan yg bocor?

About these ads

80 gagasan untuk “Kelemahan #1 Ninja 250 FI

  1. >Spakhor belakangnya udah kayak pancuran air kalau lewat jalan becek. Saya aja waktu itu riding pake tas, tasnya kena cipratan juga<
    itu mah bawaan orok… motor anti hujan.. peace… :D

    • Kalau semua sih engga ya. Misalnya dalam satu group BBM 30 org, mungkin ada sekitar 4-5 yg mengalami bad copy seal ini.
      Tapi bahwa KIM harus menganggap ini serius dan complaint ke Thailand ya wajib Bro

  2. Yang saya keluhkan buat KMI.”Harusnya ada pengklasifikasian servis… Contoh ada Servis kecil dan Servis besar,,, Jangan cuma ganti oli aja terus biaya servis mekaniknya 70.000 … Pengalaman saya itu… Tolong diperhatikan untuk KMI !
    Lokasi saya di Tasikmalaya…

  3. EX250 karbu edisi awal banyak yg gini, katanya sih bukan kualitas sealnya tp pasangnya yg kurang presisi jd efek gesekan lebih besar… kalo sempet membaik di produksi karbu selanjutnya, knp di produk baru terulang lagi ya? masak iya, tiap rilis produk baru mesti melewati fase yg sama terus? Berarti tiap orang yg mo bisa menulis harus nemuin bolpen dulu dong ^^. Jujur aja saya pernah pakai CBR150R cbu (4th)+CBR250R (14bulan)…terpaksa jual krn BU, ga pernah ada masalah mendasar spt ini…skrg insya Allah ada niat beli motor lg pas ada EX250Fi, tp jd ragu..apa balik ke CBR250R lg? Toh semua yg ada di CBR250R udah sangat cukup buat daily riding..

  4. halo mas..
    saya juga pengguna N250Fi..kalo boleh share..forum untuk N250Fi dmn ya??setau saya, biasanya saya share di cyber.darkbb.
    siapa tau bisa share” mengenai si kuda besi.hehe ;)

  5. Mungkin cuma ninja 250 FI saya yg bermasalah mas, krn kata dealernya 1000 berbnding 1….

    Injeksi nya ninja saya mas,tiba2 tdk bekerja,atau tiba2 mati mendadak ketika saya pakai.lalu saya bawa itu motor dr rumah ke dealer kawasaki armada ruang motor di hayam wuruk,dan sekarang ninja saya masih ada disana, “bila kurang yakin,monggo silahkan di cek ke dealer kwsaki armada ruang motor atau bisa tlp dealer di 0216253000 silahkan di tanyakan mas,injection nya tiba2 mati total.mngkn ini hanya terjadi pada ninja saya,di antara ninja2 yg lain.aneh tapi inilah fakta,dan sampai sekarang motor saya masih ada di armada ruang motor,kondisi motor belum ada 2 bulan,siang nya dapat tlp dr dealer stnk nya jadi,ketika itulah motor nya juga mati….!!! Jadi usia motor saya dr sejak keluar dr dealer smpai stnk jadi 2 bulan kurang 1 minggu,injection nya berhenti bekerja.dan smua kondisi sekring2 tdk ada yg putus.sudah ditangani oleh mekanik armada,tapi mereka kesulitan katanya tadi siang,krn bl ada masalah sm Injection,logo fi di pojok paling atas sebelah kiri,seharus nya menyala,jk ada kerusakan pd system injection nya.tp ini tdk nyala maka nya mereka (mekanik) armada putuskan,untuk membawa motor saya ke pabrik nya kawasaki di dpn trminal pulo gadung,itu yg saya dengar dr mereka….,sebagai konsumen saya sedikit kecewa,krn motor belum ada 2 bulan tiba2 seperti fuelpump yg ditangki smua nya tdk bekerja.dan mesin tiba2 mati ketika di pakai.sedangkan semua sekring tak satupun ada yg putus….., saya berbicara apa adanya mas. Mungkin hy ninja saya yg seperti ini.

  6. Tapi satu yg patut di apresiasi,mskipun saya sedikit kecewa sbagai konsumen….!

    Pihak armada/kawasaki akan menanggung penuh atas kerusakan pd motor saya itu,dan saya pun sdh disuruh tanda tangan surat klaim ke di dealer kawasaki oleh dealer nya,gimana tidak pusing mas…,motor belum ada 2 bulan,tiba2 mesin mati total,dan tdk bisa di hidup kan sampai sekarang/sampai accu nya tekor mas.

    • untuk hal kayak begini sebaiknya klaim langsung ke KMI, sesuai buku petunjuk pemilik Bro. Kalau dealer mah mikirnya lebih ke brp banyak unit gw bsa dapat utk dijual. Saya pernah klaim krn speedo berembun dan dapat motor pengganti Ninja 250 karbu selama Ninject saya dikerjakan.

  7. yang pasti saya lagi kesel sama rantai sama knalpot…kena air sedikit langsung karatan….udah claim berkali-kali masih cuek si KMI….kalo shock depan memang ada defect buat ninja FI awal-awal kata kepala bengkel Citra Karya Pranata Bandung…kalo ada yang bocor memang langsung diganti seguluntung…

  8. Selamat siang n salam kenal mas,
    Cuma pingin share bahwa ninja injeksi saya juga mengalami hal yang sama, shock depan kanan bocor parah. Kondisi motor sendiri standar, gak diceperin, so gak mungkin segitiga bawah mukul tabung shock. Hal yang sangat mendasar untuk safety sebuah motor mahal (bagi saya) ini adalah, ketika rembesan oli shock merembes lewat tabung shock ke kaliper dan piringan cakram. Tepatnya seminggu yang lalu saya solo-touring dari solo ke jogja, di tengah perjalanan kecepatan sekitar 100 km/j di depan ada mobil pickup n truk engkel jejeran yang tiba2 ngerem mendadak. Untuk kondisi normal, dengan motor tromol pun, seharusnya jarak pengereman masih sangat cukup, tapi rem depan ngeblong, rem belakang sampe ngunci n ‘ngesot’, sampe akhirnya berhenti setelah menabrak bak pickup, untung cuma knalpot yang penyok kena bak. Alhamdulillah Tuhan masih sayang sama sy karena bila sampe jatuh, truk engkel sudah siap menanti. Tapi itu adalah hal yang unaccepted buat saya, hari itu juga saya langsung klaim ke pihak dealer untuk segera diganti. Mohon ini menjadi perhatian temen2 dan terutama KMI.

  9. hmmm saya pengguna ninja 250 fi abs alhamdulilah di spd mtr saya g ada masalah mengenai rem abs nya sangat berguna skali klo saya hampir selamat dari 4 kali musibah yang hampir membuat saya celaka untung pesen yg abs jadi waktu pngereman walau mendadak tapi masih bisa ngehindar hehehehehe ,hmmm soal variasi saya cuma ganti knalpot two brother

  10. Bro boleh tau seal bagian mana / klo ada kodeny skalian di share + harga seal tentuny, shock depan sy jg dah bocor nih khususny di sbelah kanan..

  11. Ping-balik: Kelemahan #3 Ninja 250 FI | Leopold Sudaryono

  12. Ping-balik: Tap..Tap..Tap.. Komparasi Ninja 250 Lama vs Ninja 250 FI « bennythegreat.wordpress.com

  13. g jd deh bli ninin250 jk kkuranganx bxk…….
    andai klebihanx 10 n kkuranganx 5 ttp g jd bli cz t sma j bkn klwr duit trs,,,,, ilfil
    sm halx mnusia sehat 30thn tp skitx 15thn,,, pa g sensara,,,,
    naudubilla,,,
    maf jk da slh kata!!!!!!!!!!!

  14. Mas Bro….. Ninja fi gue baru 1 minggu datang….. Gue ganti knalpot yoshi USA, tapi suaranya nembak yaaa…… Mungkin mas bro semua Ada yg tau Dimana mslhnya……. Apa didalam knalpot yoshi lg Ada polisi Latihan nembak yaaaa qkqkqkqk

    • yang pertama2, Bro harus pastikan dulu Yoshi ini adalah versi utk injection dan bukan karbu.
      Kalau memang untuk injection, langkah berikutnya adalah lakukan service di tempat dimana ada injection diagnostic tools. biasanya yang dilakukan oleh mekanik adalah mencabut kabel ke arah aki sehingga ECU akan melakukan restart.
      Kemudian melakukan adjustment utk disetting ulang.
      Punya saya memang prospeed utk injection dan sudah disetting tidak pernah ngalami nembak.

  15. kalo gitu menurutmu sob bagus mana Ninja 250 r yang karbu ato Injection dengan CBR 250 R Repsol yang baru ? soalnya bingung mau beli yang mana alias Galau…..yang pasti gak banyak keluarin duit buat service2x yang gak jelas alias tiba2x rusak….

  16. sebenernya kelemahan yg paling berasa adalah switch standar samping. mungkin hal sepele tapi efeknya luar biasa,, saya udah 2x kelupaan naikin standar… harusnya dilakukan proses recall utk kasus ini… betul??

    • saya awal2nya juga kagok mas. Krn biasa pake Karbu masuk gigi otomatis engine cut off, Sempat tiga kali ke baret jalan, sekarang sih sudah jadi kebiasaan kaki kiri swiping dulu sambil jalan,
      Saya engga ngerti juga kenapa feature ini dihilangka tapi semua produk Ninja 250 dan 300 FI globally ga ada feature ini.

  17. Ping-balik: Menengok Beberapa Keluhan New Ninja 250 Injeksi | Bonsai Biker

  18. Ping-balik: beberapa keluhan di kawasaki ninja 250 FI, fairing leleh spakbor belakang muncrat dan shock depan rembes | PERTAMAX GAN_tapi belinya cukup premium ^_^

  19. Mas Leopold…ini proses claimnya gimana ya? Saya lagi klaim di kawasaki kali malang…dengan santai CS nya bilang motor harus 3 minggu ditinggal…sementara setau saya ini gak makan waktu lama…setelah rada ngotot2an baru mereka mau periksa dan coba klaim ke KMI. Saya jadi agak bingung sama proses nya

  20. Baru reyen 5 hari, suspensi belakangnya jebol. Klaim langsung diproses. Mesti sabar nunggu, kira-kira sebulan dapet ganti baru. Eee.. belum juga datang garansi suspensinya, 2 minggu kemudian..gantian speedometernya mati. Capeeekk deehhh :(

  21. bro numapng nanya nih,,mtr ninija 250 gw mati tiba2. d stater bunyi treet,,trett,, gt aj, ga bisa hidup.emang sih malam nya gw nyalain lampu tnpa d nyalain mesin nya,pas paginya ga bisa d nyalain.kira2 knpa y bro smpe skrg blm hidup jg

  22. Saya juga ngalami, tp di z250, coba tny ke kawasaki ga ada stok seal oli , dpt info dr tmn ukurannya coba beli, dan diganti dibengkel tmn, ternyata mekaniknya kasar, tabung sok saya dicongkel2 ampe lecet, as ada baret halus dan setelah seal terpasang ternyata beda!! Usut punya usut ternyata yg dikirim ke saya seal ninja250r, seharusnya saya pesan yg punya n250fi krn sama dgn z250, akhirnya dgn sangat kecewa, isi oli sok, pasang lg seal lama. Skg z250 ane msh nunggu perban aka seal oli, parah bgt dg kondisi standar samping aja rembes olinya ampe netes ke lantai. Gelooo bgt dpt mekaniknya ga proff. Hikss.. kok KMI bikin produk cukup mahal, dan sparepart susah sih yah, khususnya utk didaerah kabupaten.

  23. om leo,, ninject ane bru 2 minggu nih, trus dibagian pipa shock depan yg di chrome ada bekas oli tpi sangat sedikit.. apa itu udh termasuk bocor ya om ??
    mohon pencerahannya ya om.. ane sampe gabisa tidur mikirin ninject ane..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s